Mengidap Cacar Api? Segera Konsultasikan dengan Dokter Ini

5 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   15 Februari 2024

“Herpes zoster atau cacar api disebabkan oleh virus yang sama dengan cacar air. Jika kamu atau orang terdekat mengalami gejalanya, sebaiknya segera hubungi dokter di Halodoc untuk penanganan tepat.”

Mengidap Cacar Api? Segera Konsultasikan dengan Dokter IniMengidap Cacar Api? Segera Konsultasikan dengan Dokter Ini

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Cacar api adalah penyakit yang terjadi karena virus Varicela-zoster, yang juga merupakan penyebab cacar air. Faktanya, cacar api sering kali merupakan infeksi yang lebih parah daripada cacar air dan biasanya terjadi pada orang dewasa atau individu yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Ada banyak gejala yang bisa muncul, seperti ruam merah yang gatal dan membentuk lepuhan yang berisi cairan, demam, kelelahan, dan gejala flu ringan lainnya. Komplikasi serius, seperti pneumonia atau infeksi kulit bakteri, juga bisa terjadi pada orang yang terkena cacar api.

Rekomendasi Dokter yang Bisa Membantu Pengobatan Cacar Api

Jika kamu atau orang terdekat mengalami gejala herpes zoster atau cacar api, jangan ragu menghubungi dokter di Halodoc.

Mereka bisa memberikan solusi perawatan yang tepat untuk mengatasinya.

Sebelum membahasnya lebih jauh, kamu juga harus tahu Berbagai Penyebab Herpes Zoster.

Kamu bisa menghubungi dokter spesialis yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien di Halodoc.

Berikut daftar dokternya:

1. dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E

Dokter Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 2013 dan Universitas Hasanuddin pada 2022.

Ia saat ini menjalani praktik di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman sebagai dokter spesialis kulit selama 10 tahun, dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait berbagai masalah kulit, termasuk cacar api. 

Chat dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E

Dokter Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2011 dan Universitas Udayana pada 2017. 

Ia kini berpraktik di Denpasar, Bali dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 12 tahun, dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar menangani pengobatan cacar api.

Chat dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Rekomendasi selanjutnya adalah dr. Dina Febriani Sp.D.V.E. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta pada 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada 2023. 

Dokter Dina Febriani Sp.D.V.E saat ini berpraktik di Pekanbaru, Riau dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 14 tahun yang ia miliki, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar masalah kulit, tak terkecuali cacar api. 

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Penyakit ini juga bisa menyebabkan gejala gatal yang luar biasa. Oleh karena itu, kamu harus tahu 5 Daftar Obat Gatal Seluruh Badan yang Ada di Apotek.

4. dr. Frieda Sp.D.V.E

Dokter kulit lain yang bisa kamu hubungi adalah dr. Frieda Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya pada 2015 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022.

Ia kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Memiliki pengalaman selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit kulit dan kelamin, tak terkecuali herpes zoster. 

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

5. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Rekomendasi dokter lain yang bisa kamu hubungi yaitu, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang pada 2010 dan Universitas Airlangga pada 2016. 

Dokter Ryski saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cacar api. 

Chat dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis kulit dan kelamin yang bisa kamu hubungi. Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc

Selain itu, meskipun cacar api dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan, vaksin varisela-zoster telah tersedia untuk membantu mencegahnya. 

Nah, kini Halodoc menyediakan fasilitas Vaksinasi Varicella (Varivax) melalui layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek dan Surabaya).

Layanan dari Halodoc ini akan mendatangkan petugas ke tempat ibu atau di lokasi mana pun yang dipilih untuk pemberian vaksin.

Booking Vaksinasi Varicella (Varivax) Lebih Mudah di Rumah lewat Halodoc.

Kamu bisa order melalui aplikasi atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Shingles.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Shingles.
Healthline. Diakses pada 2024. Shingles: Everything You Should Know.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan