26 February 2018

Trik Agar Kebutuhan Cairan Tubuh Tetap Terpenuhi Setiap Hari

Trik Agar Kebutuhan Cairan Tubuh Tetap Terpenuhi Setiap Hari

Halodoc, Jakarta – Cairan yang dibutuhkan tubuh berbeda-beda tergantung usia, berat badan lingkungan tempat tinggal dan jenis aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Kalau dihitung-hitung setiap harinya dengan aktivitas normal, orang dewasa mengeluarkan cairan 1300–3500 cc.

Sedangkan untuk orang yang aktif secara fisik, kemudian rutin berolahraga, cairan yang dibutuhkan tubuh lebih banyak ketimbang yang melakukan aktivitas biasa. Idealnya, 30 menit berolahraga membutuhkan cairan sebanyak 350 milimeter.

Perlu diketahui kalau cairan yang dibutuhkan tubuh tidak hanya berasal dari air putih saja yang membuat kamu harus minum bergalon-galon air. Makanan dan minuman selain air putih juga mengandung cairan yang dibutuhkan tubuh.

Banyak orang menyepelekan kebutuhan asupan cairan dalam tubuh sehingga sering melewatkan minum air putih. Kealpaan ini biasa terjadi pada pekerja kantoran yang duduk manis 9 to 5 sehingga tak terasa, separuh hari sudah terlewati tanpa menenggak air.

Tubuh membutuhkan cairan untuk menjaga keseimbangan kerja organ-organ dalam tubuh termasuk mempertahankan kekentalan darah. Beberapa tanda kalau kamu mengalami dehidrasi ringan adalah:

 

  • Bibir kering dan pecah-pecah tidak hanya terjadi karena kamu belum memberikan pelembab bibir tetapi juga bibir kehilangan pelembab alaminya yaitu air yang memang dibutuhkan secara rutin.
  • Kepala pusing yang biasa terjadi kalau kamu terlalu lama menghabiskan waktu di terik matahari sehingga mengeluarkan keringat berlebih tapi tidak ada cairan pengganti yang masuk ke dalam tubuh. (Baca juga Sering Panas-panasan? Ini Tips ampuhnya)
  • Pipis tersendat pernah tidak kamu mengalami rangsangan ingin buang air kecil tapi tidak ada yang keluar, dan seperti ada tekanan di kantung kemih yang ingin membuatmu berkemih tapi tidak ada yang keluar. Nah, ini merupakan tanda jelas kalau tubuh membutuhkan cairan. Jika kondisi ini terjadi, sebagai langkah pertama, minumlah 1 liter air sekaligus pelan-pelan supaya hasrat ingin berkemih dapat tersalurkan karena sudah ada cairan yang bisa dikeluarkan.
  • Tubuh lemas dan kehilangan konsentrasi adalah satu tanda jelas lagi kalau kebutuhan cairan harian belum terpenuhi. Biasanya kalau sudah lemas seperti ini, minum air putih belum cukup melegakan, segera minum air kelapa supaya kerja tubuh kembali maksimal.
  • Susah BAB juga menjadi tanda kalau kamu kekurangan cairan. Air yang kamu minum bisa membantu kerja usus dalam mengolah makanan dan mengencerkan kotoran sehingga lebih gampang pembuangannya.

 

Memahami betapa pentingnya cairan yang dibutuhkan tubuh tetap berada dalam asupan yang ideal, membuat kamu tidak boleh anggap sebelah mata mengenai ini. Supaya kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi setiap hari, berikut ada beberapa trik yang bisa diterapkan:

  • Bangun Tidur Minum Air Putih

 Mengawali tidur dengan minum air putuh adalah salah satu trik jitu supaya kamu tidak kehilangan kebutuhan akan cairan tubuh. Biasanya ketika sarapan, kamu cenderung untuk minum teh atau kopi dan lupa untuk minum air putih. Makanya, supaya tidak terlewatkan, awali bangun tidur kamu dengan minum air putih.

  • Makan Sayur Berkuah

 Biasanya ada saja orang yang lebih menyukai santapan makan siangnya kering, misalnya nasi dengan ikan saja terus dikasih kecap. Mulai sekarang, biasakan untuk mengguyur nasi kamu dengan kuah sayur, ini salah satu upaya juga memenuhi kuota cairan yang dibutuhkan tubuh.

  • Mengemil Buah

Makanan yang mengandung tinggi serat biasanya juga memiliki kandungan cairan yang dibutuhkan tubuh. Misalnya, seperti buah apel, jeruk, pepaya dan anggur. Selain itu, kandungan cairan pada buah-buahan dapat tersimpan lebih lama di tubuh sehingga tubuh memiliki waktu lebih lama untuk menyerap vitamin, mineral dari buah-buahan tersebut.

Punya pertanyaan seputar kesehatan dan penerapan diet yang tepat supaya cairan tubuh tetap terpenuhi? Kamu bisa menggunakan layanan Halodoc yang membuatmu langsung terhubung dengan dokter-dokter yang sesuai dengan spesialisasinya. Download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store, melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih ngobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.