Pentingnya Ketahui Golongan Darah Pasangan Sebelum Menikah

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Pentingnya Ketahui Golongan Darah Pasangan sebelum Menikah

Halodoc, Jakarta – Banyak yang harus dipersiapkan dengan teliti menjelang hari pernikahan. Tidak hanya persiapan pesta untuk yang akan digelar, persiapan mental antara kamu dan pasangan, dan sebaiknya lakukan persiapan juga dari sisi medis untuk melakukan tes kesehatan pranikah.

Baca juga: Ketahui Ini Pentingnya Cek Kesehatan Pranikah

Ada berbagai tes pranikah yang bisa dilakukan, salah satunya adalah cek darah untuk mengetahui golongan darah dari calon pasangan. Mengetahui golongan darah pasangan cukup penting sehingga perlu dilakukan bagi pasangan yang segera menikah. Ketahui alasan selengkapnya di sini.

Alasan Pentingnya Tahu Golongan Darah Pasangan 

Ya, melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah sama pentingnya dengan persiapan yang perlu dilakukan menjelang pernikahan. Sebaiknya ketahui jenis golongan darah dan jenis rhesus golongan darah dari pasangan, khususnya bagi kamu yang merencanakan untuk langsung memiliki keturunan setelah menikah.

ABO adalah jenis golongan darah pada seseorang seperti golongan A, B, AB dan O. Sedangkan rhesus adalah senyawa yang terdapat pada sel darah merah seseorang. Rhesus memiliki jenis negatif atau positif.

Mengetahui rhesus pasangan cukup penting bagi wanita yang nantinya mengalami proses kehamilan dan persalinan. Seorang wanita dengan rhesus negatif yang menikahi pria dengan rhesus positif akan memiliki kemungkinan melahirkan bayi dengan rhesus positif. 

Pada proses kehamilan, kondisi ini menyebabkan isoimunisasi rhesus yang memungkinkan darah bayi masuk dalam tubuh ibu. Tentu kondisi ini meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh ibu karena darah rhesus positif bayi yang dianggap asing oleh sistem kekebalan tubuh ibu. Kondisi ini dapat menyebabkan bayi rentan terhadap penyakit kuning maupun anemia. Sehingga, mengetahui kondisi pasangan dengan baik membantu untuk rencana kehidupan kamu dan pasangan ke depannya.

Selain itu, melakukan cek darah sebelum kamu dan pasangan menikah menurunkan risiko penularan penyakit berbahaya. Dengan cek darah, tentu kesehatan kamu dan pasangan akan terlihat dengan baik. Penyakit yang muncul tentu bisa diatasi dengan segera. Kamu bisa lakukan pemeriksaan kesehatan dan golongan darah pada rumah sakit terdekat untuk mengetahui kondisi kesehatan kamu dan pasangan.

Baca juga: Cek Pranikah, Apa Saja yang Diperiksa?

Golongan darah yang sesuai dengan pasangan juga mempermudah proses transfusi darah ketika dalam keadaan darurat. Pasangan yang memiliki golongan darah yang berbeda dan tidak cocok tidak dapat memberikan transfusi darah meskipun dalam keadaan darurat karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada penerima donor darah.

Lakukan Pemeriksaan Ini Sebelum Menikah

Tidak hanya mengetahui jenis golongan darah maupun rhesus pada pasangan. Ada beberapa pemeriksaan kesehatan yang perlu dilakukan sebelum menikah, seperti:

1. Tes Kesuburan

Pemeriksaan fertilitas menjadi pilihan bagi pasangan. Jika kamu dan pasangan menginginkan memiliki keturunan setelah menikah, pemeriksaan ini dapat menganalisis kesehatan reproduksi kamu dan pasangan.

2. Riwayat Kesehatan Keluarga

Tidak ada salahnya untuk memeriksa kesehatan yang berasal dari riwayat keluarga. Dengan begitu, kamu lebih mudah untuk melakukan pencegahan terhadap pasangan yang rentan terhadap penyakit dari faktor keluarga maupun genetik.

3. Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual merupakan salah satu penyakit yang rentan menular sehingga tidak ada salahnya untuk melakukan tes ini sebelum kamu dan pasangan menikah. Nyatanya, lebih mudah melakukan pencegahan penularan terhadap pasangan yang terdeteksi mengalami penyakit ini.

Baca juga: Sebelum Lakukan Cek Pra Nikah, Siapkan 3 Hal Berikut

Jangan lupa untuk persiapkan kesehatan dan mental sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah bersama pasangan. Pemeriksaan yang dilakukan dapat membantu untuk menjaga kesehatan kamu dan pasangan di kemudian hari.

Referensi:
Times of India. Diakses pada 2019. Why It Is Important to Know Your Partners Blood Type Before Getting Married
Healthline. Diakses pada 2019. Does Blood Type Affect Marriage Compatibility