Adakah Hubungan Golongan Darah dengan Kepribadian?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Adakah Hubungan Golongan Darah dengan Kepribadian?

Halodoc, Jakarta - Kamu mungkin tidak heran lagi jika mendengar adanya kaitan antara golongan darah dengan kepribadian. Misalnya, seseorang teman memiliki golongan darah AB, ia memiliki sifat tertentu. Lainnya memiliki golongan darah A dengan kepribadian khas lainnya. Ternyata, awal mula adanya perbincangan mengenai kepribadian berdasarkan golongan darah ini berasal dari Negeri Sakura, Jepang. 

Di Jepang, ada pengaruh yang cukup signifikan antara golongan darah dengan kehidupan, percintaan, dan pekerjaan. Masyarakat Jepang percaya bahwa setiap golongan darah hadir dengan karakteristik yang berbeda. Adanya kepercayaan ini hadir ketika tahun 1930 silam, profesor Tokeji Furukawa merilis sebuah wacana yang mengemukakan bahwa ada kaitan kepribadian berdasarkan golongan darah. 

Bagaimana Menilai Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah?

Sebuah studi yang dilakukan oleh Shoko Tsuchimine dan tiga rekannya yang berjudul ABO Blood Type and Personality Traits in Healthy Japanese Subjects dan dipublikasikan dalam Jurnal Plos One berhasil mengungkapkan bahwa ada kaitan antara golongan darah dengan beragam penyakit, termasuk kanker, jantung, dan penyakit lain yang berhubungan dengan respon terhadap stres imun. 

Baca juga: Perlu Tahu, Inilah Hubungannya Infeksi dengan Golongan Darah

Tidak hanya itu, ada pula pengamatan terkait kecemasan dan depresi yang berhubungan dengan kelainan kesehatan tersebut. Oleh karenanya, mungkin ada kaitan kepribadian berdasarkan golongan darah meski tidak ada konsensus ilmiahnya. Namun, tidak ada salahnya kok kamu mengetahuinya, sekadar menambah wawasan tentang bagaimana budaya di negeri seberang. Menyenangkan, kok, bahkan kalau kamu menyadari bahwa ada kesamaan antara ulasan dan kepribadian yang kamu miliki. 

Kalau kamu belum tahu apa golongan darah kamu, mudah saja. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc untuk mencari tahu. Ada fitur Cek Lab pada aplikasi tersebut. Jadi, kamu bisa mengetahui golongan darah serta masalah kesehatan lain yang mungkin terdeteksi melalui pemeriksaan darah ini. 

Baca juga: Harus Tahu, Ini Bedanya Golongan Darah dan Rhesus Darah

Dari penelitian yang dilakukan oleh Shoko dan rekan dilakukan dengan menggunakan Temperament and Character Inventory atau TCI. Alat TCI ini sendiri memiliki tujuh dimensi, terdiri dari empat dimensi temperamen dan tiga dimensi karakter. Empat dimensi temperamen tersebut meliputi Harm Avoidance (antisipasi terhadap bahaya), Persistence (kegigihan), Reward Dependence (ketergantungan dan penghargaan), dan Novelty Seeking (mencari sesuatu hal yang baru). 

Sementara itu, tiga dimensi karakter ini meliputi Cooperativeness (rasa gotong royong), Self-transcendence (transendensi diri), dan Self-directedness (pengarahan pada diri sendiri). masing-masing dimensi ini memiliki kaitan dengan kepribadian, misalnya Self-directedness yang mencerminkan keandalan dan kedewasaan, Cooperativeness yang berkaitan dengan keterampilan sosial (kerja sama dan dukungan), dan Self-transcendence yang berkaitan dengan agama dan idealisme. 

Lalu, empat dimensi temperamen ini menunjukkan emosi setiap individu. Novelty Seeking yang berhubungan dengan aktivitas dan respon terhadap rangsangan baru yang diterima. Harm Avoidance yang berkaitan dengan perilaku individu ketika menghadapi rangsangan yang bersifat negatif. Persistence berkaitan dengan ketekunan, kelelahan, frustasi, dan kerajinan. Reward Dependence yang berkaitan dengan sikap bergantung, hubungan dan faktor afektif. 

Baca juga: Golongan Darah Bisa Tentukan Jodoh?

Para peneliti mengungkapkan bahwa memang ada hubungan yang cukup signifikan terhadap kepribadian berdasarkan golongan darah, meski pengamatan ini dianggap sebagai ilmu yang sifatnya semu. Meski begitu, penafsirannya harus dilakukan dengan hati-hati karena keterkaitannya yang masih terbilang lemah. 



Referensi:
Shoko Tsuchimine, et al. 2015. Diakses pada 2019. ABO Blood Type and Personality Traits in Healthy Japanese Subjects. Published on Plos One. 
BBC. Diakses pada 2019. Japan and Blood Types: Does It Determine Personality?
Mnn. Diakses pada 2019. What Your Blood Type Says about You.