5 Buah yang Cocok Dikonsumsi Saat Sahur

5 Buah yang Cocok Dikonsumsi Saat Sahur

Halodoc, Jakarta - Saat puasa, makan sahur adalah makanan yang paling penting. Sebagaimana sarapan, makan sahur memberikan energi seharian. Oleh karena itu, saat makan sahur, kamu dianjurkan untuk memilih makanan bergizi dengan porsi yang cukup.

Namun sayangnya saat sahur, beberapa orang merasa perutnya masih penuh dan terkadang mual sehingga sulit menerima makanan berat. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memilih buah-buahan sebagai menu untuk sahur. Selain lebih sehat, sahur menggunakan buah-buahan bisa membuat kenyang lebih lama. Itu semua karena kandungan gula, serat, dan zat gizi baik lainnya yang terkandung dalam buah-buahan.

Perlu diingat juga tidak semua buah bisa kamu jadikan makanan sehat saat sahur. Jika salah memilih buah, bukannya sehat, yang ada perut malah jadi tak nyaman bahkan bisa memicu maag kambuh. Oleh karena itu, penting untuk menghindari konsumsi buah-buahan yang mengandung asam saat sahur. Nah, berikut ini buah-buahan yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur:

Pisang

Pisang adalah buah yang bisa kamu jadikan suplemen tambahan ketika sahur. Dalam sebuah pisang berukuran sedang, tersimpan hingga 110 kalori, 30 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Jika kamu mempunyai riwayat sakit maag, buah pisang ini cocok dijadikan alternatif pengganti makanan sahur.

Kandungan vitamin A, B1, B2, dan vitamin C dalam buah ini bisa membantu mengurangi asam lambung. Pisang juga berkhasiat menormalkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung selama puasa. Ia pun mudah dicerna tubuh, sehingga bermanfaat untuk pencernaan dan membuat terbebas dari sembelit. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau dipanggang dengan tambahan bahan lain sesuai selera.

Baca Juga: Sahur Sehat, Coba Konsumsi 5 Sayur Ini

Kurma

Tak hanya cocok dijadikan sebagai makanan buka puasa, buah ini juga direkomendasikan oleh banyak ahli sebagai buah terbaik untuk dimakan pada saat sahur. Hal ini karena kurma memiliki kandungan vitamin dan nutrisinya cukup lengkap seperti glukosa, vitamin A, B2, B12, mineral, kalsium, sulfat, sodium, fosfor, potasium, dan magnesium.

Rasa buah yang manis pekat dengan tekstur yang legit membuatnya disukai banyak orang. Kamu bisa memakan kurma langsung atau membuatnya menjadi smoothies yang lezat.

Apel

Saat puasa, sangat wajar jika kamu merasa lapar. Namun, buat kamu yang kerap merasakan lapar yang tak tertahankan, mungkin memasukkan apel ke dalam menu sahur bisa menjadi solusinya. Buah apel dikenal efektif menekan rasa lapar, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Tidak hanya nikmat jika dimakan langsung, buah ini juga nikmat jika dijadikan jus atau salad buah segar. Agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, makan apel bersama kulitnya, namun pastikan sudah dicuci dengan bersih.  Kulit apel secara alami kaya zat kitin yang merupakan asupan serat bagi tubuh.

Pepaya

Pepaya dikenal sebagai buah yang ampuh melancarkan pencernaan sehingga cocok dijadikan makanan pendamping sahur. Hal ini juga karena pepaya merupakan buah yang kaya serat, dan juga memiliki kandungan zat-zat yang membantu mencerna makanan secara lebih optimal.

Berbeda dengan buah-buahan lainnya, yang baik dikonsumsi sebelum makan besar, si pepaya ini malah lebih cocok dimakan setelah santap sahur selesai. Kamu bisa memakannya langsung atau menjadikannya jus segar dengan tambahan buah lain.

Alpukat

Salah satu buah yang juga sehat dan cocok dijadikan menu atau makanan pelengkap sahur adalah alpukat. Selain tinggi serat, alpukat juga bisa membantu penyerapan nutrisi makanan saat sahur. Kandungan lemak baiknya bahkan mampu menstabilkan kadar kolesterol darah. Kabar baiknya lagi, jika kamu ingin menjalani puasa sekalian diet, kamu bisa rajin konsumsi buah ini karena buah ini efektif membantu mengurangi berat badan.

Alpukat paling nikmat diolah menjadi jus yang bertekstur creamy. Agar lebih sehat, kamu bisa mengganti gula atau kental manis yang biasa kamu gunakan dengan madu murni.

Baca Juga: Diet Buah saat Puasa, Bolehkah?


Nah, itu adalah beberapa buah yang cocok dijadikan menu sahur. Kamu sendiri akan memilih yang mana? Jika kamu mau tahu lebih lanjut mengenai makanan yang tepat dikonsumsi saat sahur, kamu bisa menghubungi Halodoc. Caranya, download Halodoc di App Store dan Google Play. Kamu bisa mendapatkan informasi yang kamu butuhkan mengenai kesehatan tubuh kamu.