Biar Badan Fit Seharian, Ikuti Panduan Sahur Ini

Biar Badan Fit Seharian, Ikuti Panduan Sahur Ini

Halodoc, Jakarta – Disadari atau tidak, sahur yang berkualitas dapat membantu badan tetap fit seharian. Menu sahur andalan dapat membantu metabolisme tubuhmu bekerja dengan baik, di mana salah satunya adalah bekerja membakar kalori.

Dan yang paling penting adalah sahur yang sehat dapat memberikan kamu energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sesuatu. Selain itu, membantu kamu fokus di tempat kerja atau di sekolah.

Ketika kamu bangun pagi, gula darah yang dibutuhkan tubuh untuk membuat otot dan otak bekerja sebaik mungkin biasanya rendah. Sahur dapat membantu memulihkannya. Jika tubuh tidak mendapatkan bahan bakar itu dari makanan ketika sahur, bisa jadi kamu akan merasa lemas sepanjang hari.

Baca juga: Sahur Sehat Bikin Kuat, Coba 5 Makanan Ini

Sahur yang berkualitas juga memberi kamu kesempatan untuk mendapatkan beberapa vitamin dan nutrisi dari makanan sehat, seperti susu, biji-bijian, dan buah-buahan. Jika kamu tidak memakannya, maka tidak akan menerima semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Lantas panduan sahur seperti apa yang tepat supaya badan tetap fit sepanjang hari?

  1. Mengonsumsi Makanan Berprotein

Protein membantu tubuh untuk memperbaiki jaringan tubuh dan menambah massa otot tanpa lemak ke tubuh. Selain tiu, dapat digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi ketika asupan karbohidrat terlalu rendah. Kamu bisa mendapatkan sumber protein dari dada ayam, telur, kalkun, kacang-kacangan, buncis, dan tuna.

  1. Menjaga Tubuh agar Tetap Terhidrasi

Kehilangan cairan dua persen dari berat badan dapat memengaruhi fungsi sirkulasi tubuh dan menurunkan tingkat kinerjamu. Cairan berfungsi sebagai pembawa nutrisi dan produk limbah, bertindak sebagai agen termoregulasi utama untuk mengontrol suhu tubuh, mengambil bagian dalam pemecahan biokimia dari apa yang kamu makan (protein, lemak, karbohidrat).

Sangat penting untuk menjaga asupan cairan tubuh dan ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi air secukupnya, dan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang memicu berkemih.

Baca juga: Selain Minum Air Putih, 7 Cara Cegah Dehidrasi Selama Puasa

  1. Mendapatkan Tidur Malam yang Cukup

Ketika kamu tidur sel-sel tubuh menghasilkan dan menyimpan banyak protein yang membantu memperbarui semua sistem. Saat tidur, banyak bahan kimia otak yang memengaruhi suasana hati dan kinerja dipulihkan.

Serotonin adalah salah satu bahan kimia otak yang paling penting untuk mengatur siklus tidur/bangun. Itu juga secara luas dianggap sebagai salah satu faktor utama yang memengaruhi suasana hati, perilaku sosial, nafsu makan, dan pencernaan.

Norepinefrin adalah bahan kimia otak penting lainnya yang dikeluarkan selama tidur. Yang satu ini terkait langsung dengan detak jantung, tekanan darah, respons stres, dan metabolisme. Studi yang dilakukan oleh University of Chicago, menunjukkan bahwa orang yang istirahat cukup kehilangan 56 persen lebih banyak lemak daripada mereka yang kurang tidur.

Baca juga: Sahur Sehat, Coba Konsumsi 5 Sayuran Ini

  1. Olahraga Sebelum Sahur

Salah satu upaya lain supaya badan tetap fit seharian adalah dengan cara berolahraga. Latihan ringan, seperti joging, yoga, dan bersepeda dapat membantu menjaga kebugaran tubuh. Pastikan kamu tidak bangun telat supaya tidak menjalankan aktivitas harian secara terburu-buru. Segala sesuatu yang dilakukan dengan buru-buru dapat mengurangi vitalitasmu seharian.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak tips supaya badan tetap fit melalui sahur berkualitas, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to a Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.