Penyakit Ini Ternyata Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Penyakit Ini Ternyata Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan

Halodoc, Jakarta – Nyeri pergelangan tangan seringkali dianggap sepele. Kebanyakan orang menganggap bahwa nyeri muncul karena kecapean dan akan hilang dengan sendirinya. Namun, kondisi ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa menjadi tanda penyakit serius. Apa saja penyakit yang ditandai dengan nyeri pergelangan tangan? Ketahui faktanya di sini.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini Bedanya Patah atau Keseleo Pergelangan Tangan

Penyakit yang Ditandai Nyeri Pergelangan Tangan

Nyeri pergelangan tangan membuat pengidapnya mengalami pembengkakan pada jari-jari tangan, kesulitan menggenggam atau memegang benda, dan tangan terasa kaku. Pergelangan tangan yang mengalami nyeri cenderung bengkak, kemerahan, dan terasa hangat.

Jika kamu mengalami gejala tersebut, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter. Nyeri pergelangan tangan disebabkan karena penyakit berikut ini:

  • Trauma fisik, misalnya terjatuh dengan posisi pergelangan tangan yang salah, berpotensi menyebabkan keseleo hingga patah tulang.

  • Penyakit asam urat, terjadi akibat tingginya kadar asam urat di dalam sendi, termasuk pergelangan tangan.

  • Osteoarthritis. Meski jarang terjadi, kondisi ini membuat sendi kaku hingga bengkak akibat pelindung tulang rawan yang memburuk. 

  • Rheumatoid arthritis, kondisi peradangan pada pergelangan tangan akibat kelainan daya tahan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri (gangguan autoimun).

  • Psoriatic arthritis, jenis peradangan yang disebabkan karena kelainan pada kulit.

  • Sindrom carpal tunnel, terjadi akibat tekanan berulang pada saraf median. Biasanya, kondisi ini mengakibatkan

  • Kista ganglion, merupakan tumor jinak pada jaringan lunak yang menyerang pergelangan tangan bagian atas.

  • Penyakit kienbock, kelainan akibat penurunan fungsi tulang kecil pada pergelangan tangan. Kondisi ini disebabkan karena minimnya sirkulasi darah pada tulang.

Baca Juga: Tangan Nyeri Saat Menulis, Bisa Jadi Gejala Terkena Tennis Elbow?

Cara Mengobati Nyeri Pergelangan Tangan

Nyeri pergelangan tangan yang ringan bisa diatasi di rumah. Jika nyeri baru saja terjadi, lakukan hal berikut untuk mencegah komplikasi yang tidak diinginkan:

  • Lepaskan semua perhiasan dari tangan yang nyeri atau cedera.

  • Segera istirahatkan pergelangan tangan yang nyeri.

  • Kompres pergelangan tangan dengan es dan letakkan tangan di atas bantal atau alas yang lembut. Kemudian, ikat pergelangan tangan dengan kain elastis bila diperlukan.

  • Jika ada luka luar, obati segera agar lukanya tidak memburuk.

  • Lindungi tangan dari lingkungan dingin menggunakan sarung tangan.

  • Minum obat pereda nyeri, seperti ibuprofen, paracetamol, dan aspirin.

Jika nyeri semakin memburuk, segera temui dokter. Pada kasus yang parah, dibutuhkan tes fisik dan pemeriksaan penunjang untuk menetapkan diagnosis. Meliputi  X-ray, CT scan, MRI, dan tes USG untuk memeriksa lebih dalam termasuk tendon, sendi, dan kista.

Apabila tes radiologi tidak memberikan hasil optimal, diperlukan tes arthroscopy dan saraf. Bila perlu, dilakukan pemeriksaan elektromiogram (EMG) dan tes laboratorium untuk mengidentifikasi penyakit pemicu nyeri pergelangan tangan. 

Baca Juga: Ini 7 Komplikasi yang Bisa Terjadi Akibat Patah Pergelangan Tangan

Itulah penyakit yang ditandai dengan nyeri pergelangan tangan. Kalau kamu punya keluhan serupa, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter ahli. Tanpa harus antre, sekarang kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan di sini. Kamu juga bisa tanya jawab sama dokter dengan download aplikasi Halodoc via fitur Tanya Dokter.