• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Bumil Rentan Alami Sakit Pinggang
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Bumil Rentan Alami Sakit Pinggang

Penyebab Bumil Rentan Alami Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 Maret 2022
Penyebab Bumil Rentan Alami Sakit Pinggang

Sakit pinggang saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebabnya, mulai dari pertambahan berat badan sampai stress. Namun, kabar baiknya, ada banyak juga cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit pinggang saat hamil.”

Halodoc, Jakarta – Selama masa kehamilan, perubahan yang terjadi pada tubuh mungkin akan membuat ibu hamil mengalami sejumlah ketidaknyamanan. Nah, salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh banyak bumil adalah sakit pinggang. Biasanya, keluhan tersebut mulai muncul di trimester kedua kehamilan. 

Sakit pinggang saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Meski begitu, kondisi tersebut perlu segera diatasi. Sakit pinggang berpotensi untuk mengganggu kenyamanan ibu hamil dalam jangka panjang. Nah, dengan mengetahui penyebab sakit pinggang saat hamil, bumil diharapkan dapat menemukan cara-cara untuk mengatasi keluhan tersebut.

Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab sakit pinggang saat hamil:

  • Pertambahan Berat Badan

Selama masa kehamilan, wanita biasanya akan mengalami pertambahan berat berat badan sekitar 11–15 kilogram. Nah, tulang belakang harus menopang beban tersebut. Itulah yang menjadi penyebab bumil rentan mengalami sakit pinggang. Selain itu, berat bayi dan rahim yang sedang berkembang juga ikut memberi tekanan pada pembuluh darah dan saraf di panggul dan punggung.

  • Perubahan Postur Tubuh

Kehamilan juga membuat pusat gravitasi tubuh ibu menjadi bergeser. Akibatnya, bumil mungkin tanpa sadar mulai menyesuaikan postur dan cara ibu berjalan secara bertahap. Hal ini dapat menyebabkan sakit pinggang atau ketegangan di daerah tersebut.

  • Perubahan Hormon

Selama kehamilan, tubuh ibu akan memproduksi hormon yang disebut relaxin yang memungkinkan ligamen di area panggul untuk rileks dan persendian menjadi lebih longgar sebagai persiapan untuk proses persalinan. Hormon yang sama menyebabkan ligamen yang menopang tulang belakang menjadi kendur, sehingga menyebabkan ketidakstabilan dan nyeri.

  • Pemisahan Otot

Saat rahim mengembang, dua lembar otot paralel (otot abdominis rektal) yang membentang dari tulang rusuk ke tulang kemaluan dapat terpisah di sepanjang garis tengah tubuh. Pemisahan otot ini dapat memperburuk sakit pinggang.

  • Stres

Stres juga dapat menjadi penyebab bumil mengalami sakit pinggang. Hal ini karena stres menyebabkan ketegangan otot di bagian belakang tubuh, yang dirasakan sebagai sakit pinggang atau kram pinggang. Bumil biasanya juga lebih sering mengalami sakit pinggang selama masa stres kehamilan.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Kabar baiknya, kecuali ibu mengidap sakit pinggang kronis sebelum hamil, sakit pinggang saat hamil biasanya akan mereda secara bertahap sebelum ibu melahirkan. Sementara itu, ada banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi, mencegah, atau meredakan sakit pinggang:

  • Berolahraga 

Berolahraga secara teratur memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas bumil. Kebiasaan sehat ini juga membantu meredakan stres pada tulang belakang ibu. Berbagai pilihan jenis olahraga yang bisa ibu lakukan selama kehamilan adalah berjalan santai, berenang, atau bersepeda statis. Dokter atau ahli terapi fisik bisa merekomendasikan latihan untuk memperkuat punggung dan perut ibu.

  • Mengaplikasikan Kompres Panas dan Dingin Secara Bergantian

Menerapkan kompres panas dan dingin secara bergantian juga dapat membantu meredakan sakit pinggang bumil. Namun, hal ini harus dilakukan dengan persetujuan dokter kandungan. Letakkan kompres dingin di area pinggang yang sakit hingga 20 menit beberapa kali sehari. Lalu, setelah dua atau tiga hari, gantilah dengan kompres panas di area yang sakit. Berhati-hatilah agar tidak memberikan kompres panas ke perut selama kehamilan.

  • Perbaiki Postur Tubuh

Memiliki postur tubuh yang bungkuk saat berjalan atau duduk dapat meregangkan tulang belakang yang membuat bumil rentan alami sakit pinggang. Jadi, menjaga postur tubuh yang baik saat bekerja, duduk, atau tidur adalah cara yang baik untuk mencegah sakit pinggang. Misalnya, saat duduk di depan meja, letakkan penyangga di belakang punggung, taruh kaki di bangku pendek dan duduk tegak dengan bahu ke belakang.

  • Hindari Mengangkat Beban yang Berat

Bila bumil ingin mengambil barang yang ada di bawah bumil, lakukan lah dengan benar dan secara perlahan. Berjongkok lah dahulu dengan menekuk lutut, lalu ambil barang, dan kembali berdiri dengan meluruskan kaki secara perlahan. Ingat, jangan mengambil barang dengan menekukkan pinggang.

  • Kenakan Sepatu yang Tepat

Bumil tidak dianjurkan untuk mengenakan sepatu berhak tinggi maupun sepatu yang benar-benar datar. Para ahli merekomendasikan bumil untuk mengenakan sepatu berhak 5 sentimeter untuk menjaga tubuh dalam keseimbangan yang tepat.

  • Tenangkan Pikiran

Bila sakit pinggang bumil disebabkan oleh stres, lakukanlah hal-hal yang bisa memberikan efek relaksasi dan menenangkan pikiran. Bumil juga bisa mencoba ikut kelas yoga prenatal yang akan menenangkan pikiran dan punggung bumil.

Nah, itulah penyebab ibu hamil rentan alami sakit pinggang. Bumil juga bisa cek kebutuhan obat dan vitamin untuk mengatasi sakit pinggang saat hamil lewat aplikasi Halodoc, lho. Namun, ingat, pastikan bumil membicarakannya dulu dengan dokter sebelum minum obat apapun ya. Jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play yang dapat menjadi teman penolong untuk membantu menjaga ibu selama masa kehamilan.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Back Pain in Pregnancy
Cedars Sinai. Diakses pada 2022. Back Pain During Pregnancy.