• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Mata Bengkak Beserta Cara Mengatasinya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Mata Bengkak Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Bengkak Beserta Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 Desember 2021
Penyebab Mata Bengkak Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab mata bengkak perlu diketahui, sehingga cara pengobatan yang tepat bisa segera diberikan. Secara umum, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal ini, mulai dari kurang tidur, alergi, hingga mengalami penyakit tertentu.“

Halodoc, Jakarta – Penyebab mata bengkak ada beragam. Karena itu, perawatan dan cara mengatasinya pun mungkin akan berbeda-beda. Secara umum, mata bengkak bisa muncul karena ada penumpukan cairan berlebihan pada kelopak mata. Kondisi ini juga bisa muncul akibat penumpukan cairan pada jaringan penghubung di sekitar mata. 

Kondisi ini ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk penyakit tertentu, seperti alergi dan konjungtivitis. Setelah mengetahui penyebabnya, perawatan yang tepat bisa segera diberikan untuk menghindari risiko terjadinya komplikasi akibat mata bengkak. Lantas, apa saja penyebab mata bengkak yang perlu diketahui? Simak jawabannya di artikel berikut ini! 

Beragam Penyebab Mata Bengkak yang Perlu Diketahui 

Mengatasi mata bengkak dilakukan tergantung pada penyebabnya. Ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab mata bengkak, di antaranya: 

  1. Alergi 

Alergi bisa menjadi penyebab mata bengkak. Kondisi ini biasanya muncul akibat ada paparan zat pemicu alergi alias alergen, seperti debu atau makanan tertentu. Paparan alergen menyebabkan munculnya reaksi berupa mata bengkak. Selain itu, alergi juga bisa memicu gejala, seperti bersin, hidung tersumbat, gatal pada mata dan bibir, wajah bengkak, hingga sesak napas.

  1. Konjungtivitis 

Penyebab mata bengkak paling umum adalah konjungtivitis. Selain pembengkakan pada mata, kondisi ini juga bisa ditandai dengan gejala lain, seperti mata merah dan berair, gatal, serta keluar kotoran atau belek dari mata. Konjungtivitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus, infeksi bakteri, atau iritasi akibat penggunaan produk tertentu. 

  1. Blefaritis 

Mata bengkak pada area kelopak mata yang disertai dengan gatal dan berair bisa menjadi gejala blefaritis. Penyebab pasti kondisi ini masih belum diketahui, tetapi sering dikaitkan dengan dermatitis seboroik, infeksi, kelenjar minyak di kelopak mata tersumbat, hingga kutu pada bulu mata. 

  1. Kurang Tidur 

Mata bengkak juga bisa disebabkan oleh kurang tidur di malam hari. Hal ini juga bisa menyebabkan munculnya kerutan, lingkar hitam di bawah mata, serta kulit sekitar mata menjadi kusam. 

Lantas, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kabar baiknya, mengatasi mata bengkak ternyata bisa dilakukan dengan cara sederhana di rumah. Ada beberapa tips yang bisa dicoba, seperti mengompres mata yang bengkak dengan handuk basah. Bisa juga dilakukan dengan menempelkan kantong kompres berisi es batu selama beberapa menit. Kompres mata beberapa kali sehari sampai bengkak terasa berkurang.

Cara lain yang bisa dicoba adalah mencuci mata dengan larutan air garam. Cara ini disebut ampuh karena garam disebut ampuh mengatasi bengkak yang disebabkan oleh infeksi. Saat melakukan hal ini, pastikan untuk menjaga kebersihan air dan alat-alat yang digunakan, sehingga risiko iritasi atau infeksi bisa dihindari. 

Cara mengatasi mata bengkak selanjutnya adalah dengan penggunaan obat tetes mata. Biasanya, cara ini dilakukan jika penyebab mata bengkak adalah alergi. Penggunaan obat tetes mata dengan kandungan yang tepat bisa membantu mengatasi keluhan ini. Beberapa jenis obat tetes mata bisa dibeli secara bebas di apotek atau dengan aplikasi Halodoc

Cek kebutuhan obat tetes mata atau produk kesehatan lain hanya dengan satu aplikasi. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera tanpa harus keluar rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
NHS UK. Diakses pada 2021. Conjunctivitis.
Healthline. Diakses pada 2021. Swollen Eyelid: Causes, Treatment, and More.
Very Well Health. Diakses pada 2021. Common Causes of Eyelid Swelling.