• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Mimisan saat Tidur dan Cara Mengatasinya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Mimisan saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mimisan saat Tidur dan Cara Mengatasinya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Januari 2022

“Mimisan bisa terjadi bahkan saat kamu sedang tertidur. Kondisi ini sebenarnya tidak perlu kamu khawatirkan dan umumnya mudah ditangani. Kamu perlu mengetahui penyebabnya supaya kondisi ini dapat dicegah.”

Penyebab Mimisan saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Mimisan adalah salah satu kondisi yang sering membuat seseorang panik. Biasanya mimisan terjadi secara spontan atau setelah seseorang mengalami cedera. Tapi, kondisi ini ternyata juga bisa kamu alami saat tidur lho. Tentunya hal ini bisa membuat kamu semakin khawatir dan mengganggu aktivitas tidur kamu.

Melansir dari Cleveland Clinic, mimisan di malam hari adalah kondisi biasa dan tak perlu terlalu dikhawatirkan. Lantas, sebenarnya apa yang menyebabkan mimisan saat tidur? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Mimisan saat Tidur

Epistaksis atau yang sering dikenal sebagai mimisan, bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa hal yang bisa menyebabkan mimisan saat tidur adalah:

1. Kebiasaan mengupil

Kalau kamu punya kebiasaan mengupil, bisa jadi ini salah satu penyebab mimisan saat tertidur. Ternyata, kebiasaan mengupil ini bisa terbawa sampai tidur tanpa kamu sadari. Mengorek-ngorek hidung dapat mengiritasi septum, yakni area tengah hidung. Nah, septum yang teriritasi kemudian bisa menyebabkan pendarahan.

Terdapat lima pembuluh darah di dalam septum yang sangat sensitif. Nah, mimisan bisa terjadi ketika pembuluh darah ini tersentuh atau terluka. Untuk menghindari mengorek hidung saat tidur, gunakan pelembap hidung supaya hidung tetap lembap. Pelembap hidung juga bisa melembutkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan.

2. Udara kering

Jika kamu sering menggunakan AC atau tinggal di iklim kering, lingkungan di tempat tinggalmu mungkin memiliki kelembapan yang rendah. Nah, kurangnya kelembapan ini dapat mengiritasi selaput hidung dan rentan menyebabkan mimisan. Ketika selaput hidung mengering, pembuluh darah di bagian ini akan terbuka.

Pembuluh darah tersebut bisa retak dan menyebabkan perdarahan. Kondisi ini lebih rentan di malam hari apalagi jika kamu sering tidur dengan menyalakan AC. Untuk mencegah mimisan saat tidur, kamu bisa menggunakan humidifier dan mengoleskan pelembap hidung.

3. Pilek atau Alergi

Pilek dan alergi juga bisa menjadi penyebab mimisan pada sebagian orang. Mimisan juga rentan terjadi saat pilek atau alergi. Pasalnya, hidung meler bisa mengiritasi dan membuat hidung dehidrasi. Saat sedang pilek, kamu pasti cenderung suka meniup hidung untuk mengeluarkan lendir. Nah, terlalu sering atau terlalu kuat meniup hidung juga bisa membuat selaput teriritasi sehingga menyebabkan mimisan. Jika kamu ingin meniup hidung, lakukan secara lembut. Kamu juga bisa menggunakan semprotan garam secara teratur untuk melembutkan sekresi hidung.

Tidak seperti semprotan garam, semprotan dekongestan mengandung obat atau bahan aktif. Bila hidung tersumbat karena pilek atau alergi, kamu bisa menggunakan semprotan dekongestan asalkan tidak lebih dari tiga hari berturut-turut. Semprotan dekongestan dapat menyebabkan efek rebound yang membuat kamu merasa lebih sesak.

Cara Mengatasi Mimisan saat Tidur

Cara terbaik untuk menghentikan mimisan adalah dengan mencubit bagian lunak hidung. Pertama-tama, kamu perlu duduk bersandar dengan nyaman. Setelah itu, mulai cubit lubang hidung setidaknya selama lima menit tanpa henti. Banyak orang berhenti menekan hidung setelah satu atau dua menit. Hal ini terlalu cepat dan tentunya kurang efektif karena darah belum membeku.

Apabila kamu butuh semprotan hidung maupun pelembap hidung, segera cek di toko kesehatan Halodoc. Tak perlu repot ke luar rumah, lebih praktis langsung pesan di Halodoc saja. Jangan tunggu sampai sakit, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. What Causes Nosebleeds While Sleeping?
Medical News Today. Diakses pada 2022. What causes a nosebleed at night?
Healthline. Diakses pada 2022. What Causes Nose Bleeds at Night?