• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Gigi yang Benar untuk Pengguna Behel Keramik

Perawatan Gigi yang Benar untuk Pengguna Behel Keramik

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Perawatan Gigi yang Benar untuk Pengguna Behel Keramik

“Bagi pengguna behel keramik harus siap dengan masalah-masalah kecil pada gigi. Meskipun alat ortodontik ini bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut, tapi tetap bisa merusak gigi jika tidak melakukan perawatan yang benar. Pastikan untuk selalu membersihkan gigi setelah makan. Karena keberadaan behel keramik, memunginkan makanan dan bakteri nyelip di sela-selanya.”

Halodoc, Jakarta – Sama seperti alat ortodontik lainnya, behel keramik memiliki beberapa kekurangan bagi setiap penggunanya. Meskipun behel keramik perawatan gigi yang paling cocok untuk kamu, tapi bersiaplah dengan masalah-masalah kecil. Itulah pentingnya melakukan perawatan gigi yang benar bagi pengguna behel keramik.

Bagi pengguna behel, penting untuk mengikuti saran perawatan dari dokter gigi. Terlebih behel keramik memiliki beberapa kekurangan. Meski bahan yang digunakan behel keramik cukup kuat, tapi tetap bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Behel keramik mudah abrasif pada gigi, tidak seperti behel stainless steel. Lantas, seperti apa perawatan gigi yang benar untuk pengguna behel keramik?

Baca juga:  3 Tanda Harus Pasang Behel alias Kawat Gigi

Perawatan untuk Behel Keramik

Meskipun behel keramik dirancang agar tahan lama, tapi ia tetap bisa rusak karena aktivitas, makanan, dan pilihan gaya hidup tertentu. Untuk memastikan perawatan gigi yang kamu jalani berhasil, maka perawatan behel keramik juga harus dilakukan dengan benar, di antaranya:

  1. Periksa Kawat Gigi Sebelum Meninggalkan Klinik Gigi

Tepat setelah behel keramik terpasang, pastikan kamu memeriksa tepinya. Gunakan lidah untuk merasakan behel keramik dengan jelas dan perhatikan apakah ada titik-titik tajam atau sesuatu yang tidak nyaman. Kamu harus melakukan ini sebelum meninggalkan klinik, sehingga dokter gigi akan segera melakukan penyesuaian. 

Tanyakan juga pada dokter gigi tentang semua yang perlu kamu ketahui mengenai perawatan. Kamu harus tahu apa yang harus dilakukan sambil menunggu jadwal temu berikutnya. Hal yang harus ditanyakan contohnya seperti:

  • Berapa lama perawatan behel keramik?
  • Perawatan apa yang harus dilakukan dengan behel keramik?
  • Apakah akan menyakitkan?
  • Prosedur apa lagi yang harus dijalani?

Baca juga: Pakai Behel Gigi, Ini Perawatan yang Dapat Dilakukan

  1. Pastikan untuk Memiliki Persediaan untuk Perawatan Behel Keramik

Penting bagi pengguna behel keramik untuk mengetahui cara menjaga kawat gigi tetap bersih dan kokoh. Ada banyak peralatan perawatan behel gigi di pasaran yang bisa sangat membantu kebersihan mulut. Beberapa contohnya yaitu:

  • Lilin Gigi. Sebagian besar pengguna behel keramik memerlukan lilin ortodontik. Ini adalah bahan alami yang melindungi behel agar tidak merusak gigi. 
  • Peralatan kebersihan. Sikat gigi tipis, flosser air, dan pengerik lidah sangat berguna untuk membersihkan behel kawat. Yang paling penting, kebersihan mulut tetap terjaga. 
  • Obat pereda nyeri bebas resep. Jika merasa tidak nyaman akibat behel keramik, minumlah obat pereda nyeri. Tanyakan pada dokter gigi tentang obat rekomendasi. Kamu juga bisa beli obat melalui aplikasi Halodoc. 
  1. Gosok Gigi Setelah Makan

Jangan pernah melewatkan waktu untuk menyikat gigi. Sisa makanan dan bakteri akan sangat mudah nyelip di gigi jika kamu menggunakan behel. Jadi, bersihkan gigi kapan pun harus, terutama setelah makan untuk mencegah penumpukan bakteri. 

Baca juga: Pemakai Behel Perlu Perhatikan Ini

  1. Tetap Berkomunikasi dengan Dokter Gigi

Jaminan terbaik dalam merawat behel keramik dan gigi dalam kondisi optimal adalah tetap berkomunikasi dengan dokter gigi. Selain membuat jadwal kontrol gigi, hubungi dokter gigi segera ketika ada masalah muncul. Hal ini termasuk rasa sakit, peralatan rusak, dan pendarahan yang jarang atau tidak ada sama sekali. Intinya, simpan kontak dokter gigi kamu dalam kasus-kasus mendesak. 

Kamu juga bisa menghubungi dokter gigi melalui aplikasi Halodoc. Jika perlu, buat jadwal kunjungan dokter gigi di klinik gigi terdekat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang, agar permasalah kesehatan bisa mudah mendapatkan solusinya. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Republic Dental & Orthondontic. Diakses pada 2021. Taking care of Ceramic Coated Braces

West Five Dental. Diakses pada 2021. 5 Hacks In Surviving The Ceramic Braces Treatment