Perawatan Rumahan untuk Redakan Skiatika

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Skiatika, linu panggul

Halodoc, Jakarta - Linu panggul, atau yang lebih dikenal dengan istilah skiatika merupakan keadaan yang merujuk pada rasa sakit pada panggul akibat adanya iritasi pada saraf. Rasa sakit yang dialami akan beragam, mulai dari yang ringan hingga yang parah. Skiatika sendiri terjadi karena terjepitnya saraf pada tulang belakang bagian bawah. Jika hal ini terjadi, berikut perawatan rumahan untuk redakan skiatika.

Baca juga: 6 Penyakit yang Bisa Sebabkan Nyeri Punggung 

Redakan Skiatika dengan Perawatan Rumahan Berikut

Skiatika ditandai dengan serangkaian gejala, seperti mati rasa pada area yang terkena, sensasi nyeri dan terbakar pada area punggung bawah, nyeri pinggang, nyeri pinggul, serta kesulitan ketika berjalan. Jika serangkaian gejala tersebut terjadi, berikut perawatan rumahan yang dapat dilakukan:

  • Kompres Panas atau Dingin

Kompres panas atau dingin merupakan salah satu cara paling mudah dan efektif dalam mengatasi skiatik. Pasalnya, kompres panas dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit. Sedangkan kompres dingin dapat menghilangkan rasa sakit. Caranya adalah dengan menyiapkan kain lap yang telah dicelupkan ke dalam air hangat atau es batu, kemudian kompres area yang sakit dengan lap tersebut.

  • Susu Bawang Putih

Bawang putih bersifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada skiatika. Caranya adalah dengan memasukkan susu, air, dan bawang putih yang telah dihancurkan ke dalam panci. Didihkan selama 5 menit, kemudian saring. Agar rasanya semakin nikmat, kamu dapat menambahkan sedikit madu.

  • Jahe

Minyak jahe dapat menyembuhkan nyeri saraf secara eksternal. Sedangkan teh jahe dapat membantu menyembuhkan nyeri saraf secara internal. Jahe sendiri bersifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri panggul. Caranya dengan merebus jahe selama 10-15 menit, kemudian saring. Kamu dapat menambahkan sedikit madu. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi minuman ini sebanyak tiga kali sehari.

  • Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit bersifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat mengatasi skiatika. Caranya dengan mencampur satu sendok teh bubuk kunyit dengan secangkir susu panas. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi minuman jahe tersebut sebanyak dua kali sehari.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sangat terkenal memiliki sifat anti-inflamasi, serta memberikan efek menenangkan. Polisakarida dan senyawa anti-inflamasi di dalam lidah buaya dinilai ampuh dalam mengatasi skiatika. Caranya dengan mengupas lidah buaya dan ambil dagingnya saja. Kemudian haluskan dengan blender. Selain dikonsumsi langsung dengan di jus, gel lidah buaya juga dapat diaplikasikan langsung pada area yang terkena.

Baca juga: 3 Gejala Dini dari Skiatika yang Perlu Diwaspadai

Jika mengalami masalah dalam melakukan serangkaian perawatan tersebut, segera diskusikan dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang dibutuhkan. Perlu diketahui, bahwa skiatika yang dibiarkan begitu saja dapat menimbulkan komplikasi berupa kelemahan pada tungkai, mati rasa pada tungkai, serta tidak berfungsinya kandung kemih dan usus besar.

Adakah Langkah Pencegahan untuk Mencegah Skiatika?

Langkah pencegahan pada skiatika dapat kamu lakukan dengan melakukan peregangan sebelum memulai aktivitas, istirahatkan punggung ketika lelah, condongkan punggung ketika mengangkat beban, berdiri atau duduk dengan posisi tegak, serta perhatikan sikap tidur dan tempat tidur. 

Baca juga: Waspada, Ini Komplikasi yang Terjadi pada Skiatika

Mempertahankan berat badan ideal sesuai dengan tinggi badan juga akan membantu mempertahankan kesehatan tulang punggung. Sebab, orang dengan berat badan berlebih akan menyebabkan adanya penumpukan lemak di perut yang akan mempersulit kinerja tulang belakang dalam menopang tubuh. Akibatnya, tulang penopang akan lebih rentan mengalami cedera.
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. Sciatica: What you need to know.
Stylecraze. Diakses pada 2019. 16 Effective Home Remedies To Relieve Sciatic Nerve Pain.