Termasuk Kanker Kulit, Ini Perbedaan Karsinoma dan Melanoma

Termasuk Kanker Kulit, Ini Perbedaan Karsinoma dan Melanoma

Halodoc, Jakarta – Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit yang cukup menakutkan. Tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan terhadap beberapa penyebab penyakit kanker. Menggunakan tabir surya dan mengonsumsi makanan yang sehat untuk kulit menjadi cara untuk mencegah terjadinya kanker kulit.

Baca juga: 4 Stadium Kanker Kulit yang Perlu Diwaspadai

Kanker kulit adalah penyakit yang disebabkan oleh kelainan sel pada kulit karena mutasi pada DNA yang membuat perubahan pada DNA tersebut. Kanker kulit dapat dialami oleh bagian kulit yang cukup sering terpapar sinar matahari. Meskipun begitu, bagian kulit yang jarang terpapar sinar matahari juga potensi untuk mengalami penyakit kanker kulit.

Kanker kulit memiliki beberapa jenis, yaitu melanoma dan karsinoma. Kedua jenis kanker kulit ini memiliki penyebab yang berbeda satu dengan yang lain.  Kanker kulit melanoma adalah jenis kanker yang berkembang pada melanosit. Sedangkan, jenis kanker karsinoma adalah kanker kulit yang menyerang bagian skuamosa yaitu sel yang membentuk lapisan tengah dan luar kulit. Ketahui apa saja yang menjadi perbedaan dari kedua jenis kanker kulit ini.

Gejala Karsinoma dan Melanoma

Kanker kulit umumnya menyerang bagian tubuh yang lebih sering terpapar sinar matahari, seperti kulit kepala, kulit wajah hingga kulit tangan. Namun beberapa kasus, kanker kulit menyerang bagian kulit yang jarang terpapar sinar matahari. Meskipun begitu, gejala kanker kulit berbeda tiap jenisnya. 

Pada kanker kulit karsinoma, gejala ditandai dengan munculnya benjolan atau bercak kemerahan pada kulit. Seiring dengan waktu, benjolan tersebut bertumbuh besar bahkan terkadang mengeluarkan darah. Muncul gejala ini biasanya pada tempat yang sering terpapar sinar matahari.

Pada kanker kulit melanoma, gejala ini bisa muncul pada bagian tubuh mana saja, baik yang sering terpapar langsung maupun tidak. Gejalanya muncul pada tahi lalat pada tubuh yang berubah menjadi ganas. Pengidap kanker kulit melanoma mengalami perubahan pada tahi lalat yang dimiliki menjadi keras dan ukurannya mengalami pembesaran.

Baca juga: 5 Ciri Awal Kanker Kulit yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Karsinoma dan Melanoma

Meskipun sama-sama kanker kulit, penyebab kedua jenis kanker kulit ini berbeda. Kanker kulit karsinoma disebabkan oleh adanya perubahan DNA sehingga  memicu sel skuamosa tumbuh dengan tidak terkendali. Perubahan DNA disebabkan oleh radiasi dari sinar ultraviolet. Beberapa faktor yang membuat seseorang rentan mengalami penyakit kanker kulit jenis ini, seperti sistem kekebalan tubuh yang lemah, riwayat kelainan pada kulit, kelainan genetik, dan usia.

Sedangkan jenis kanker melanoma disebabkan karena adanya sel-sel pigmen pada kulit yang tidak berkembang dengan normal. Selain itu, ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami jenis kanker melanoma, seperti memiliki warna kulit lebih pucat dibandingkan yang lain serta memiliki riwayat keluarga yang mengalami melanoma.

Yuk, Lakukan Pencegahan Terhadap Kanker Kulit!

Sebaiknya lindungi diri dari jenis penyakit kanker jenis apa pun, dengan melakukan beberapa pencegahan, seperti:

  1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama, misalnya tidak beraktivitas di luar rumah pada siang hari atau mengurangi jumlah waktu aktivitas.

  2. Tidak ada salahnya untuk selalu menggunakan tabir surya setiap kamu melakukan aktivitas di luar rumah. Gunakan setiap 2 jam sekali, tabir surya yang memiliki SPF 15.

  3. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kulit secara berkala dan konsumsi makanan sehat serta air yang cukup untuk kesehatan kulit kamu.

Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Ibu bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui Halodoc. Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: Ciri Orang yang Bisa Terkena Melanoma