• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perkembangan Bayi 19 Bulan

Perkembangan Bayi 19 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya bisa berjalan ke sana kemari, Si Kecil yang sudah memasuki usia 19 bulan mungkin juga mulai penasaran dengan apa yang sering ayah dan ibu lakukan dengan gadget. Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai memperkenalkan gadget pada Si Kecil di usianya yang sudah menginjak 1 tahun 7 bulan ini. Ayah dan ibu bisa memberikannya berbagai tontonan anak menarik, seperti Mickey Mouse, Paw Patrol, dan lain-lain. Asalkan ayah dan ibu membatasi durasinya dan tetap mendorong anak untuk bermain bersama teman-temannya di “dunia nyata”. Yuk, simak perkembangan bayi 19 bulan lainnya di bawah ini.

Saat mengenalkan anak pada gadget, ada beberapa hal yang perlu orangtua perhatikan agar barang elektronik tersebut tidak malah memberi dampak buruk bagi tumbuh kembang anak. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah durasi anak bermain gadget. Dokter merekomendasikan anak-anak yang berusia di bawah 18 bulan untuk mendapatkan waktu bermain gadget kurang dari satu jam dalam sehari. Dan dalam waktu kurang dari satu jam tersebut, ayah dan ibu sebaiknya memberikannya tontonan atau mainan berbasis pendidikan disertai dengan penjelasan mengenai hal tersebut.

Alasan membatasi durasi anak bermain gadget adalah demi perkembangan balita. Dibanding membiarkan anak keasyikan menonton gadget atau televisi, anak yang masih dalam usia perkembangan sangat perlu mendapatkan pengalaman baru di luar rumah. Selain itu, pada usia ini, sulit bagi anak untuk membedakan apa yang terjadi pada layar gadget atau televisi dengan kenyataannya di dunia asli. Itulah mengapa orangtua juga perlu mendampingi dan memberi penjelasan saat anak bermain gadget.

Baca juga: Aturan Aman Penggunaan Gadget pada Anak

Perkembangan Kemampuan Bayi 19 Bulan

Ayah dan ibu mungkin akan kagum melihat cepatnya Si Kecil belajar dan menguasai keterampilan. Kepribadian mereka pun juga akan semakin terlihat di usia 19 bulan ini, entah apakah Si Kecil adalah anak yang pemberani ataupun anak yang lebih berhati-hati. Berikut ini kemampuan yang dapat dicapai anak pada usia 19 bulan:

  • Berjalan. Balita ibu mungkin sudah bisa berlari, memanjat, membungkuk untuk mengambil mainan dan kembali berdiri di usia ini.

  • Berbicara. Si Kecil mungkin sudah dapat mengatakan sekitar 10–20 kata saat berbicara atau mengobrol dengan ayah dan ibu. Namun, bila mereka belum bisa, ayah dan ibu tidak perlu khawatir. Meski demikian, tidak ada salahnya juga untuk membicarakannya dengan dokter anak. Salah satu penyebab umum keterlambatan bicara adalah kesulitan mendengar.

  • Pertumbuhan Gigi. Bersiaplah dengan ketidaknyamanan yang akan dialami Si Kecil akibat tumbuh gigi, karena gigi taring atas dan gigi geraham bawah akan segera tumbuh dalam waktu-waktu ini.

Baca juga: 6 Tanda Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi

Perilaku Bayi 19 Bulan

Orangtua diharapkan untuk banyak bersabar dalam menghadapi Si Kecil di usia 19 bulan ini, karena ia akan menunjukkan perilaku-perilaku yang lebih menantang seperti berikut: 

  • Tantrum. Merasa bersalah karena ayah dan ibu sering marah-marah pada Si Kecil yang bahkan belum berusia 2 tahun? Hal itu sangat wajar kok. Bayi berusia 19 bulan memang akan berperilaku lebih menyebalkan, karena ia masih belajar berkomunikasi dan mengatur emosinya. Butuh beberapa waktu bagi bayi untuk mengembangkan kemampuan ini menjadi lebih baik. 

  • Tidak Mau Ditinggal. Di usia 19 bulan ini, Si Kecil mungkin akan lebih menyadari bila ibunya tidak ada dan mungkin akan membuat keributan, terutama bila ia lapar, lelah atau sakit. Jadi, meskipun ibu mungkin tergoda untuk meninggalkan Si Kecil berlama-lama di tempat penitipan anak, tetapi yang terbaik tetap adalah jangan berpisah terlalu lama dengan anak. Agar anak mau ditinggal, yakinkan anak bahwa ibu pasti akan kembali untuknya dan beritahu waktu tepatnya ibu akan menjemput Si Kecil kembali.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Anak yang Ogah Ditinggal Saat Sekolah

  • Sopan Santun. Bila ayah dan ibu memberi contoh yang baik, anak usia 19 bulan sudah bisa mempraktikkan kesopanan yang dasar.

  • Keterampilan Sosial. Berbagi dan bermain secara kooperatif dengan anak lain mungkin masih menjadi tantangan bagi Si Kecil, tetapi ayah dan ibu dapat membantu dengan memuji perilaku positifnya.

Nah, itulah perkembangan bayi di usia 19 bulan yang perlu orangtua ketahui. Bila Si Kecil sakit, enggak usah panik. Langsung saja hubungi dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/ Voice Call dan Chat, ibu bisa minta saran kesehatan pada dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
The Bump. Diakses pada 2019. Toddler Month By Month – 19 Month Old.