22 March 2018

6 Tanda Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi

6 Tanda Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi

Halodoc, Jakarta – Saat mulai tumbuh gigi,  bayi akan merasa enggak nyaman. Itu mengapa banyak bayi yang akan rewel saat mulai tumbuh gigi. Terlebih karena bayi belum bisa bicara dan memberitahu ibu tentang keluhan yang dirasakannya. Nah, agar ibu enggak panik, cari tahu tanda anak tumbuh gigi di sini, yuk! (Baca juga: Tumbuh Gigi Bikin Rewel? Atasi Dengan Cara Ini)

1. Mengeces

Pertumbuhan gigi merangsang mulut bayi memproduksi air liur lebih banyak dari biasanya. Jadi, ibu enggak perlu heran jika melihat Si Kecil sering mengeces saat tumbuh gigi. Karena air liur yang lembap membasahi wajah, Si Kecil juga berisiko mengalami ruam-ruam di sekitar mulut, dagu, dan leher. Untuk mencegahnya, ibu bisa mengusap air liur Si Kecil dengan kain lembut atau tisu steril.

2. Batuk dan Muntah

Selain munculnya ruam, banyaknya air liur di dalam mulut juga bisa meningkatkan risiko Si Kecil tersedak ketika berusaha menelan. Akibatnya, Si Kecil akan mengalami batuk dan muntah. Tapi selama batuk dan muntah yang dialami Si Kecil tidak disertai pilek, flu, alergi, dan diare, ibu enggak perlu khawatir.

3. Sering Menggigit

Tekanan yang ditimbulkan oleh gigi yang akan keluar melalui gusi akan membuat Si Kecil enggak nyaman. Itu mengapa untuk melampiaskan ketidaknyamanannya, Si Kecil akan menggigit benda-benda di sekitarnya, termasuk memasukkan tangannya ke mulut. Beberapa anak juga akan menarik-narik telinga atau menggaruk pipi saat giginya mulai tumbuh. Nah, agar Si Kecil enggak terluka, ibu perlu memastikan bahwa kuku dan tangan Si Kecil selalu bersih, ya. Atau ibu bisa memberikan Si Kecil teether (mainan yang terbuat dari karet atau silikon yang lembut dan kenyal) yang sudah dimasukan ke dalam lemari pendingin.

4. Rewel

Karena rasa sakit yang muncul saat gigi mulai tumbuh, Si Kecil juga akan lebih rewel dibanding biasanya. Ini hal yang wajar, karena jaringan gusi yang masih sangat rawan bisa mengalami peradangan dan menimbulkan rasa nyeri, terutama pada pertumbuhan gigi pertama Si Kecil. Untuk mengatasinya, ibu bisa memberikan Si Kecil teehter atau makanan lembut yang dingin seperti yoghurt untuk membantu Si Kecil menghilangkan rasa nyeri.

5. Sering Bangun di Malam Hari

Rasa tidak nyaman karena gigi yang tumbuh bisa muncul kapan saja, termasuk di malam hari. Itu mengapa beberapa anak akan sering bangun di malam hari saat giginya mulai tumbuh. Untuk menenangkannya, ibu bisa mengendong Si Kecil sambil menepuk-nepuk lembut bahunya agar Si Kecil tidur kembali.

6. Demam

Pertumbuhan gigi pada Si Kecil juga bisa memicu demam. Terlebih jika peradangan yang terjadi pada gusi cukup serius. Kabar baiknya, demam yang terjadi karena pertumbuhan gigi umumnya tidak begitu tinggi atau kurang dari 38 derajat celsius. Jika lebih dari itu, berarti penyebabnya bukan gigi yang mau tumbuh.

Selain enam cara di atas, ibu juga bisa mengecek secara langsung pertumbuhan gigi Si Kecil dengan menyelipkan jari yang bersih di antara gusi lewat ujung bibirnya. Nah, selama Si Kecil berada di fase pertumbuhan dan perkembangan, ibu juga perlu memerhatikan kondisi kesehatan Si Kecil. Jika Si Kecil sakit, sekarang ibu enggak perlu lagi repot ke luar rumah untuk membelikan Si Kecil obat atau vitamin. Ibu bisa memanfaatkan fitur Pharmacy Delivery atau Apotik Antar di aplikasi Halodoc. Ibu hanya tinggal pesan obat/vitamin yang dibutuhkan Si Kecil melalui aplikasi Halodoc dan pesanan ibu akan diantar dalam satu jam. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.