• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 5 Cara Diet yang Benar untuk Pemula
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 5 Cara Diet yang Benar untuk Pemula

Perlu Tahu, Ini 5 Cara Diet yang Benar untuk Pemula

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Mei 2022

“Bagi kamu yang baru saja memulai diet, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar rencana diet kamu sukses. Salah satu yang paling penting adalah membentuk kebiasaan makan sehat terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan fokus menurunkan berat badan.”

Perlu Tahu, Ini 5 Cara Diet yang Benar untuk Pemula

Halodoc, Jakarta – Memulai diet untuk menurunkan berat badan seringkali tidak mudah. Ada saja tantangan setiap kali kamu memulai sesuatu yang baru, terutama jika hal tersebut perlu dilakukan secara konsisten beberapa kali setiap hari,  seperti makan dan minum.

Namun, selama kamu tidak mencoba untuk mengubahnya, tujuan untuk menurunkan berat badan akan sulit tercapai. Nah, kalau kamu sedang memulai atau belajar untuk diet, simak cara yang paling tepat dan aman berikut ini, yuk.

Cara Tepat Memulai Diet untuk Pemula

1. Buat Rencana Makan Sehat

Fokus utama diet adalah mengonsumsi makanan sehat, urusan menurunkan berat badan bisa kamu kejar setelahnya. Yang paling terpenting adalah membentuk kebiasaan makan sehat terlebih dahulu. Ketika kebiasaan ini sudah terbentuk, maka penurunan berat badan otomatis akan mengikuti. 

Pertama-tama, mulai hindari makanan favorit kamu yang mengandung tinggi lemak dan tinggi kalori. Ganti makanan yang tidak sehat tersebut dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, daging tanpa lemak, makanan laut,dan kacang-kacangan. Kamu bisa membuat jadwal menu harian yang berisi menu sarapan, makan siang, makanan malam dan makanan-makanan selingan dalam 7 hari terakhir. Jika dalam seminggu berjalan sesuai target, lakukan kembali di minggu berikutnya sampai kamu terbiasa makan sehat. 

2. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Hampir sebagian besar orang yang memulai diet langsung menetapkan tujuan yang tinggi. Padahal, cara ini kurang efektif dan cenderung menyiksa. Buat tujuan yang realistis terlebih dahulu, misalnya seperti membiasakan diri makan sehat lalu diikuti dengan target menurunkan 5-10 persen dari berat badan kamu.

Target yang tidak terlalu berat ini punya peluang keberhasilan yang lebih besar, sehingga ketika kamu mencapai hasilnya akan lebih memotivasi kamu. Studi menunjukkan bahwa menurunkan berat badan bahkan dalam jumlah kecil dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Perlu diingat bahwa tingkat penurunan berat badan yang disarankan hanya 500 gram sampai satu kilogram per minggu. 

3. Siapkan Reward

Untuk menjaga motivasi tetap tinggi, hadiahi diri sendiri setelah mencapai tujuan kecil. Di sisi lain, jangan terlalu keras pada diri sendiri ketika kamu gagal mencapai target yang diinginkan. Antisipasi bahwa kesalahan bisa terjadi, dan ketika sudah  terjadi, fokus kembali dan kembali ke jalurnya. Gunakan kesalahan sebelumnya untuk memperbaiki diri dan menentukan langkah selanjutnya

4. Cari Teman

Dukungan adalah bagian penting dari program penurunan berat badan yang sukses. Ajak keluarga atau teman untuk bergabung dalam kegiatan olahraga. Orang-orang ini bisa menjadi sumber inspirasi, dukungan, dan dorongan saat kamu dalam masa sulit.

5. Tambahkan Latihan

Makan sehat dan memotong kalori hanyalah setengah dari resep penurunan berat badan. Berolahraga secara teratur adalah setengah bagian lainnya. Diet yang dikombinasikan dengan olahraga adalah resep ampuh untuk membakar kalori. Bukan hanya itu, olahraga juga dapat meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh. 

Selain melakukan tips di atas, kamu mungkin juga perlu mengonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Jika stok menipis, segera dapatkan di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunggu sampai sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. 7 Ways to Get Your Diet off to a Good Start.
National Health Services. Diakses pada 2022. 8 tips for healthy eating.