18 November 2018

Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Keseleo

Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Keseleo

Halodoc, Jakarta - Setiap orang, termasuk kamu, pasti pernah mengalami keseleo. Gangguan otot dan sendi ini bisa terjadi kapan saja, paling sering ketika sedang berolahraga. Kondisi ini bisa terjadi saat kamu bertabrakan dengan benda atau seseorang, atau melompat dan mendarat dengan posisi yang kurang tepat.

Keseleo terjadi ketika otot atau ligamen dipaksa terentang hingga melebihi kemampuan maksimalnya secara tidak sengaja, yang berujung pada terpelintir atau robeknya ligamen. Bagian tubuh yang sering mengalami keseleo adalah pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan lutut.

Pada kondisi yang jarang terjadi, keseleo yang kamu alami bisa diikuti dengan munculnya memar yang lokasinya tidak jauh dari titik pusat terkilir. Hal ini terjadi karena merembesnya darah pada area sepanjang otot. Tingkat keparahannya beragam, bergantung dari cara rusaknya ligamen. Namun, kamu bisa mengobati gangguan kesehatan ini sendiri di rumah, melalui cara berikut ini.

  • Memijat

Tentu, sebagian besar orang meredakan rasa nyeri yang timbul ketika terkilir dengan memijatnya. Memijat atau memberi tekanan pada area yang sakit membantu merilekskan otot yang kaku dan mengurangi nyeri. Memijat juga membantu meningkatkan peredaran darah dan mengurangi pembengkakan pada bagian yang terkilir.

  • Menggunakan Biji Ketumbar

Tahukah kamu, kalau meredakan keseleo bisa dengan menggunakan biji ketumbar? Sifat antiperadangan atau antiinflamasi pada ketumbar bisa membantu mengurangi pembengkakan. Cara membuatnya pun mudah, kamu hanya perlu merebus 2 hingga 3 sendok teh ketumbar dan 1 cangkir air. Setelahnya, kamu bisa mengonsumsi air rebusan tadi. Rasanya mungkin kurang nikmati, tetapi khasiatnya baik jika kamu mengalami terkilir.

  • Menggunakan Garam Inggris

Salah satu manfaat garam inggris adalah meringankan peradangan sekaligus pembengkakan pada otot yang mengalami keseleo. Bukan tanpa alasan, garam inggris mengandung magnesium sulfat berlimpah yang bekerja dalam mengurangi pembengkakan. Cara membuatnya, campurkan setengah cup garam inggris dalam air hangat secukupnya, dan rendam kaki selama 20 menit.

  • Mengompres

Selain memijat, kamu bisa meringankan keseleo dengan mengompresnya dengan es batu. Rasa dingin es batu membuat nyeri yang kamu rasakan berkurang, juga membantu melancarkan sirkulasi darah. Kompres bagian tubuh yang bengkak dengan es batu selama 15 menit dan lakukan setiap jam.

  • Balut dengan Perban Elastis

Setelah memijat dan mengompres, balut area yang mengalami terkilir dengan perban elastis. Perban ini biasanya berwarna cokelat. Bebatkan perban sekencang mungkin untuk mengurangi pergerakan berlebihan pada area yang terkilir ketika kamu beraktivitas, juga mencegah memar meluas. Namun, lepas perban ketika kamu pergi tidur agar aliran darah lebih lancar.

Itu tadi beberapa cara mudah mengobati keseleo yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Supaya penanganan yang kamu lakukan tidak salah, kamu bisa bertanya pada dokter mengenai tips mengatasi terkilir melalui layanan Tanya Dokter di aplikasi Halodoc. Aplikasi ini bisa kamu download langsung di ponsel dari Apps Store dan Play Store. Melalui layanan Tanya Dokter, kamu bisa langsung bertanya pada dokter ahli tanpa harus menunggu lama. Selain itu, aplikasi Halodoc menyediakan fasilitas beli obat dan cek lab tanpa perlu keluar rumah, lho.

Baca juga: