• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Permainan Seru untuk Mengajarkan Anak Berhitung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Permainan Seru untuk Mengajarkan Anak Berhitung

Permainan Seru untuk Mengajarkan Anak Berhitung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 18 Maret 2021
Permainan Seru untuk Mengajarkan Anak Berhitung

Halodoc, Jakarta - Sebelum masuk ke sekolah formal, keluarga adalah tempat pertama anak menerima pendidikan. Ibu dan anggota keluarga lain pun memiliki tanggung jawab untuk membimbing anak mengenal banyak hal untuk mempersiapkannya masuk sekolah, seperti misalnya berhitung.

Namun, mengajarkan anak berhitung dan semua tentang angka tidak harus selalu dilakukan dengan cara yang kaku. Pasalnya banyak sekali jenis permainan seru untuk mengajarkan anak berhitung dan mengenal angka. Mengajarkan konsep pra matematika ini dapat menstimulasi anak untuk berpikir logis dan sistematis sejak dini, ibu bisa merangsangnya melalui pengamatan terhadap benda atau gambar di sekitarnya dan juga melalui permainan.

Baca juga: Intip 5 Tips Sukses Ajarkan Anak Berhitung

Jenis Permainan untuk Ajarkan Anak Berhitung

Berikut adalah beberapa cara dan permainan seru yang bisa ibu lakukan untuk mengajarkan anak berhitung dan mengenal angka:

Menyanyikan Lagu tentang Angka

Cara paling mudah untuk mulai mengajarkan anak mengenal angka adalah dengan mengajaknya menyanyikan lagu tentang angka. Misalnya saja lagu Satu-satu Aku Sayang Ibu, Balonku Ada Lima, hingga Dua Mata Saya. Tak hanya mengajarkan angka, cara ini juga bisa mengajarkan balita tentang konsep jumlah.

Bermain Congklak

Mungkin ini lebih cocok untuk diajarkan pada anak yang sudah lumayan paham dengan angka, atau untuk anak usia sekolah awal. Permainan congklak ini akan melatih anak untuk berhitung dengan benar. Selain itu, permainan ini juga bisa mengajarkan untuk mengatur strategi permainan agar bisa menang.

Mencocokkan Angka dan Gambar

Ibu bisa menulis angka 1 sampai 10 di satu set kartu, kemudian ibu bisa menggambar jumlah benda yang sesuai dengan angka yang ditulis, misalnya, 2 lingkaran, atau 3 kotak di set kartu lainnya. Kemudian ambil selembar kartu berisi angka, dan minta anak mencocokkannya dengan gambar yang sesuai jumlahnya. Ibu juga bisa meminta anak menyebutkan angkanya. 

Baca juga: 5 Cara Agar Anak Suka Berhitung dan Matematika

Bermain Engklek

Saat hari cerah, ibu juga bisa mengajak anak belajar angka dan berhitung lewat permainan tradisional engklek. Tak hanya mengasah kemampuan motorik kasarnya, engklek juga akan melatih anak belajar urutan angka. Ibu bisa menggambar kotak-kotak engklek beserta angka-angkanya dengan kapur dan kemudian mengajak anak melompat ke kotak nomor 1, lalu nomor 2, dan seterusnya. Saat melompat, minta anak menyebutkan angka di dalam kotak yang ia pijak.

Menemani Berbelanja di Supermarket

Jika sedang waktunya belanja kebutuhan harian di supermarket, ibu juga bisa mengajak anak pergi. Di supermarket, ibu bisa meminta tolong anak mengambil barang, misalnya meminta anak mengambil 5 buah pisang, atau tiga ikat daun bawang. Ajak anak membantu menghitungnya, dan saat ibu mengambil dan memasukkan buah-buahan tersebut ke keranjang belanja. Cara ini bisa menjadi momen menyenangkan untuk anak belajar berhitung.

Bermain Ular Tangga

Seperti permainan congklak, permainan ini juga lebih cocok untuk dimainkan anak yang lebih besar atau baru masuk taman kanak-kanak atau sekolah dasar. Ini adalah permainan yang akan merangsang anak belajar berhitung. Misalnya menghitung dua mata dadu dan menghitung langkah yang harus dilakukan pada kotak-kotak papan permainan. Supaya lebih seru, Ibu juga bisa mengajak teman-temannya bermain bersama. Namun, ibu juga perlu mengawasi atau mengajarkan aturan permainan terlebih dahulu jika mereka belum terlalu mengerti konsep permainan ini.

Baca juga: Mana yang Lebih Dulu, Belajar Membaca atau Berhitung?

Itulah beberapa permainan seru yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak berhitung. Namun ingat, supaya kemampuan belajarnya menjadi lebih baik, pastikan ibu memenuhi kebutuhan gizinya setiap hari. Ibu juga bisa beli suplemen dan vitamin untuk anak di Halodoc supaya lebih praktis. Dengan layanan pesan antar, kebutuhan obat dan suplemen untuk anak bisa segera dikirim ke rumah kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Funtastic Fun Learning. Diakses pada 2021. 25 Fun Counting Games for Preschool and Kindergarten.
Kidspot. Diakses pada 2021. 20 Fun Games and Activities to Teach Your Little Ones How to Count – Without Them Even Realising.