• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilihan Perawatan untuk Mengobati Sarkoma Jaringan Lunak

Pilihan Perawatan untuk Mengobati Sarkoma Jaringan Lunak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Pilihan Perawatan untuk Mengobati Sarkoma Jaringan Lunak

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa cara perawatan yang bisa dilakukan untuk mengobati sarkoma jaringan lunak. Kondisi ini tidak boleh diabaikan begitu saja dan harus segera mendapat penanganan medis. Sarkoma jaringan lunak merupakan jenis tumor ganas (kanker). Penyakit ini menyerang jaringan yang menunjang dan menghubungkan struktur di sekeliling tubuh. 

Jaringan yang termasuk dalam bagian ini adalah lemak, otot, saraf, pembuluh darah, tendon, serta lapisan pada tulang sendi. Sarkoma jaringan lunak adalah kanker yang bisa menyerang bagian tubuh mana saja. Namun, penyakit ini biasanya lebih rentan terjadi pada area perut, lengan, dan tungkai. Lantas, apa saja pengobatan sarkoma jaringan lunak yang bisa dilakukan? 

Baca juga: Ini yang Dialami Tubuh saat Mengidap Sarkoma Jaringan Lunak

Pengobatan Sarkoma Jaringan Lunak yang Perlu Diketahui

Sarkoma jaringan lunak bisa menyerang siapa saja, di usia berapa saja. Namun, risiko penyakit ini disebut lebih tinggi pada orang yang sudah berusia lanjut alias lansia. Secara umum, penyakit ini terjadi karena ada perubahan atau mutasi DNA di dalam sel. Hal itu menyebabkan sel berkembang di luar kendali dan kemudian membentuk tumor yang bisa menyerang jaringan sekitarnya. 

Setelah itu, tumor bisa semakin parah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Sayangnya, hingga kini masih belum diketahui pasti apa penyebab mutasi DNA bisa terjadi. Ada beberapa faktor yang disebut bisa meningkatkan risiko penyakit ini menyerang. Setelah didiagnosis dengan sarkoma jaringan lunak, biasanya dokter akan memutuskan pengobatan yang dibutuhkan. 

Baca juga: Ini Cara untuk Diagnosis Sarkoma Jaringan Lunak

Pengobatan sarkoma jaringan lunak disesuaikan dengan jenis, lokasi, dan ukuran tumor yang tumbuh. Secara umum, ada beberapa cara pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini, di antaranya: 

  • Operasi 

Salah satu pengobatan sarkoma jaringan lunak yang bisa dilakukan adalah operasi. Biasanya, prosedur ini dilakukan pada sarkoma yang terdeteksi di tahap awal. Operasi dilakukan dengan mengangkat sel kanker beserta jaringan sehat di sekitarnya. Hal itu dilakukan untuk memastikan tidak ada sel kanker yang tertinggal.

  • Kemoterapi 

 Sarkoma jaringan lunak juga bisa diobati dengan kemoterapi. Prosedur ini biasanya digunakan sebagai penanganan pertama saat kanker sudah mulai menyebar. Kemoterapi dilakukan dengan menggunakan golongan obat kimia tertentu untuk membunuh sel kanker. 

  • Radioterapi 

Radioterapi juga bisa digunakan sebagai pengobatan sarkoma jaringan lunak. Jenis terapi ini dilakukan dengan menggunakan energi bertenaga tinggi. Biasanya, radioterapi dilakukan sebelum prosedur operasi pengangkatan tumor, tujuannya untuk mengecilkan ukuran tumor agar mudah diangkat. Radioterapi juga bisa dilakukan setelah operasi, tujuannya untuk membunuh sel kanker yang tersisa. 

  • Terapi Target 

Ada jenis terapi yang sering digunakan untuk pengobatan sarkoma jaringan lunak, yaitu terapi target. Jenis pengobatan ini dilakukan untuk mengatasi jenis sarkoma jaringan lunak yang memiliki ciri tertentu. Terapi dilakukan dengan menggunakan obat atau antibodi buatan untuk melumpuhkan tumor. Obat yang digunakan akan menghambat pertumbuhan sel kanker tanpa merusak sel yang normal. 

Semakin cepat pengobatan sarkoma jaringan lunak dilakukan, maka akan semakin besar peluang sembuhnya. Maka dari itu, penyakit ini sebaiknya segera diatasi sehingga menurunkan risiko munculnya komplikasi berbahaya. 

Baca juga: Ketahui Penyebab dan Tingkat Keparahan Sarkoma Jaringan Lunak

Cari tahu lebih lanjut seputar sarkoma jaringan lunak dan apa saja pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari ahlinya. Download Halodoc sekarang di sini!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Soft tissue sarcoma. 
WebMD. Diakses pada 2021. Sarcoma. 
NHS UK. Diakses pada 2021. Soft tissue sarcomas.
American Cancer Association. Diakses pada 2021. What Is a Soft Tissue Sarcoma?