• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Asuh yang Tepat saat Memiliki Anak yang Sudah Remaja

Pola Asuh yang Tepat saat Memiliki Anak yang Sudah Remaja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Setiap anak memiliki pola asuh yang berbeda-beda tergantung dari rentang usianya. Karena itu, ibu tidak dapat menyamakan cara menghadapi anak bayi dengan balita, apalagi jika sudah memasuki usia remaja. Rintangan dan tantangan yang dihadapi juga dapat berbeda. Maka dari itu, ibu harus mengetahui pola asuh yang tepat jika memiliki anak yang sudah terbilang dewasa.

Usia remaja bisa menjadi masa yang menentukan untuk melihat minat dan bakatnya. Karena itu, pola asuh yang tepat pada remaja dapat membuat mereka lebih dekat dengan orangtuanya agar mereka tidak canggung saat menceritakan segala hal. Maka dari itu, ibu harus mengetahui cara yang tepat dalam menerapkan pola asuh remajanya. Simak pembahasannya di bawah ini!

Baca juga: Pola Asuh yang Sesuai untuk Anak Remaja

Pola Asuh Anak Remaja yang Dapat Dilakukan

Masa remaja memang dapat menjadi masa perubahan dari banyak segi pada anak yang dipengaruhi cara orangtua mendidik anaknya. Saat anak mulai memasuki masa remaja, perubahan fisik dapat terlihat walau tidak signifikan dibandingkan ketika tumbuh dewasa. Selain itu, perubahan pada perilaku saat di sekitar orangtuanya juga dapat menjadi ciri tersendiri.

Anak yang mulai memasuki masa remaja juga berusaha untuk bersikap lebih mandiri dengan tidak tergantung pada orangtuanya. Selain itu, dirinya juga kerap berusaha untuk menyesuaikan diri dengan teman-temannya. Adanya perasaan jika teman-temannya lebih penting dari orangtua juga dapat memengaruhi segala keputusan yang diambilnya. Maka dari itu, ibu dapat menerapkan beberapa pola asuh anak remaja yang dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Selalu Menunjukkan Rasa Sayang

Salah satu pola asuh anak remaja yang dapat dilakukan setiap orangtua adalah rutin menunjukkan rasa sayangnya dengan selalu memberikan perhatian. Cobalah untuk menghabiskan waktu bersama dengannya sebagai pertanda jika ibu peduli terhadapnya. Pastikan untuk selalu mendengar jika anak berbicara sehingga dirinya percaya jika orangtuanya dapat menjadi tempat cerita yang baik.

Baca juga: Anak Sedih Tanpa Sebab, Perlukah ke Psikolog?

2. Tentukan Harapan yang Sesuai dengan Kemampuannya

Ibu juga dapat menentukan harapan yang tinggi pada anak, meski juga harus menyesuaikan kemampuannya. Kebanyakan orangtua hanya fokus pada prestasi anak terkait segala nilainya di sekolah. Padahal, sikap baik anak juga tidak kalah penting, antara lain hormat, jujur, serta murah hati. Remaja mendapatkan kepercayaan diri melalui kesuksesan sehingga siap untuk tantangan berikutnya. Maka dari itu, dukungan orangtua sangat penting agar mereka dapat mencapai kesuksesan dan bangkit dari kegagalan.

Jika ibu masih memiliki pertanyaan terkait pola asuh anak yang baik untuk remaja, dokter dari aplikasi Halodoc siap untuk memberikan saran yang terbaik. Ibu dapat memanfaatkan fitur Chat atau Voice/Video Call, pada Halodoc agar lebih melakukan interaksi. Ayo, download Halodoc sekarang juga!

3. Buat Aturan dan Konsekuensi

Pola asuh remaja yang tidak kalah penting adalah menerapkan kedisiplinan pada anak dengan membuat aturan dan konsekuensinya. Agar anak dapat berperilaku baik, cobalah untuk menerapkan perilaku yang dapat diterima dirinya. Berikan konsekuensi sesuai dengan perilaku buruk yang dilakukannya. Ibu juga harus membuat aturan yang jelas dan tidak boleh ada tawar-menawar dari anak.

Selain itu, saat anak sudah mulai terbiasa untuk mengemban tanggung jawab yang lebih besar, berikan dirinya kebebasan. Namun, jika anak tersebut kesulitan untuk diberikan tanggung jawab besar atau kecil, berikan lebih banyak batasan agar ia tidak melewati batas. Jika ia melakukan kesalahan, ada baiknya memberitahu letak masalahnya dan cara untuk mengatasinya. Pastikan jika anak tidak mengulanginya lagi di kemudian hari.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan saat Remaja Memberontak?

Nah, itulah beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua sebagai pola asuh pada remajanya. Dengan menerapkan hal tersebut, semua hal yang ibu harapkan pada anak dapat tercapai. Agar anak menjadi lebih baik di masa depan dalam segala aspek kehidupan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Parenting skills: Tips for raising teens.
Kids Health. Diakses pada 2020. A Parent's Guide to Surviving the Teen Years.