Hati-Hati, Pola Hidup Tidak Sehat Picu Penyakit Jantung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
hati-hati-pola-hidup-tidak-sehat-picu-penyakit-jantung-halodoc

Halodoc, Jakarta – Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit yang cukup ditakuti karena bisa membahayakan nyawa. Sekarang ini, penyakit jantung tidak hanya terjadi pada orang yang sudah tua saja, tetapi orang muda pun juga banyak yang terkena penyakit kronis tersebut. Menurut ahli, lebih dari 20 persen kasus penyakit jantung dialami oleh orang yang berusia di bawah 40 tahun dan tak jarang menyebabkan kematian. Penyebabnya tidak lain tidak bukan adalah gaya hidup yang tidak sehat. Karena itu, ketahui pola hidup tidak sehat apa saja yang bisa menjadi pemicu penyakit jantung di sini, agar kamu bisa mencegahnya.

1. Kebanyakan Duduk

Buat kamu para pekerja kantoran yang malas bergerak dan hanya duduk sepanjang hari di depan laptop atau komputer, hati-hati karena kebiasaan ini bisa menjadi pemicu penyakit jantung. Duduk lama identik dengan kurangnya bergerak dan aktivitas fisik. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine mengungkapkan bahwa wanita usia pertengahan yang duduk lebih dari 11 jam per hari berisiko lebih besar terkena penyakit jantung.

Tubuh yang kurang bergerak umumnya memang berdampak buruk untuk kesehatan secara menyeluruh, terutama jantung. Sebab, hal tersebut memicu terjadinya pembekuan darah.

2. Begadang

Biasanya, orang yang begadang cenderung mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Misalnya, kopi yang dicampur gula agar tetap bisa terjaga sampai pagi. Nah, pola hidup tidak sehat tersebut bisa menyebabkan diabetes mellitus yang merupakan salah satu penyebab aritmia atau gangguan irama jantung.

3. Kurang Berolahraga

Kurangnya aktivitas fisik memang menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami sakit jantung. Karena itu, orang dewasa dianjurkan untuk melakukan olahraga berintensitas ringan, seperti aerobik, setidaknya selama 30 menit per hari dan lima hari dalam seminggu. Selain aerobik, olahraga lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, antara lain jalan kaki, jogging, berenang, atau bersepeda.

Baca juga: 5 Akibat Berbahaya Kalau Malas Olahraga

4. Merokok

Rokok diketahui memiliki kandungan-kandungan yang bisa mempersempit pembuluh darah, termasuk yang ada di jantung. Salah satunya seperti nikotin. Nikotin berpotensi menyebabkan pengentalan darah yang berujung pada pembekuan darah. Akibatnya, aliran darah yang menuju ke jantung jadi terhambat.

Baca juga: Stop Merokok, Penyakit Jantung Koroner Mengintai!

5. Mengonsumsi Alkohol

Alkohol sama sekali tidak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tetap saja banyak orang yang gemar mengonsumsi minuman ini. Padahal, alkohol sangat berperan dalam memicu penyakit jantung.

6. Makan Secara Berlebihan

Makan secara berlebihan dalam porsi yang banyak bisa menyebabkan obesitas. Nah, obesitas bisa menimbulkan hal-hal yang mengakibatkan penyakit jantung, mulai dari penumpukan lemak di pembuluh darah koroner jantung atau aterosklerosis. Proses penyumbatan pembuluh darah pun lebih rentan terjadi pada mereka yang mengalami obesitas.

7. Pola Makan Tidak Sehat

Selain mengonsumsi makanan secara berlebihan, pola makan tidak sehat juga bisa menjadi pemicu penyakit jantung. Mengonsumsi makanan tinggi lemak, gula, garam, dan kolesterol berkontribusi pada terjadinya penyakit jantung.

Baca juga: Makanan Kaya Serat Ampuh Cegah Penyakit Jantung Koroner

8. Kurang Kebersihan Diri

Tahukah kamu, malas mencuci tangan atau menyikat gigi bisa memicu terjadinya penyakit jantung, lho. Kok bisa? Hal ini karena bakteri dan virus bisa masuk ke dalam tubuh dan memicu infeksi jantung.

Nah, itulah pola hidup tidak sehat yang perlu kamu hindari bila tidak ingin terkena penyakit jantung. Bila kamu ingin melakukan pemeriksaan terkait jantung, buat janji temu saja dengan dokter di rumah sakit terbaik yang dekat dengan domisili kamu melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Heart. Diakses pada 2019. Lifestyle Changes for Heart Attack Prevention.
CardioSmart. Diakses pada 2019. Dramatic Impact of Unhealthy Lifestyle on Heart Health.