Makanan Kaya Serat Ampuh Cegah Penyakit Jantung Koroner

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Makanan Kaya Serat Ampuh Cegah Penyakit Jantung Koroner

Halodoc, Jakarta - Namanya tentu sudah tidak asing lagi, penyakit jantung koroner adalah kondisi ketika pembuluh darah utama yang memberi pasokan darah, oksigen, dan nutrisi untuk jantung mengalami kerusakan. Benarkah penyakit ini bisa dicegah dengan memperbanyak konsumsi makanan kaya serat? 

Sebelumnya, mari bahas sedikit tentang penyakit jantung koroner ini. Ketika terserang penyakit jantung koroner, seseorang biasanya akan mengalami gejala seperti:

  • Nyeri dada atau ketidaknyamanan pada dada, yang bisa menjalar ke leher, rahang, bahu, dan tangan sisi kiri, punggung, perut sisi kiri (sering dianggap maag). Nyeri dada ini disebut dengan ‘angina’ yang dapat bertahan selama beberapa menit.

  • Keringat dingin, mual, muntah, atau mudah lelah.

  • Irama denyut jantung yang tidak stabil (aritmia). Bahkan bisa menyebabkan henti jantung (sudden cardiac arrest) yang bila tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan kematian.

Baca juga: Ini yang Dimaksud dengan Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun, pada kebanyakan kasus, tekanan darah tinggi, kolesterol dan trigliserida tinggi, diabetes, obesitas, kebiasaan merokok, serta peradangan pembuluh darah merupakan faktor paling umum yang menyebabkan kerusakan dinding arteri dan memicu penyakit jantung koroner. 

Ketika arteri rusak, plak akan mudah menempel pada arteri dan lama-kelamaan menebal dan menyebabkan penyempitan. Kondisi ini kemudian akan menghambat aliran darah kaya oksigen ke jantung. Jika plak ini pecah, trombosit akan menempel pada luka di arteri dan membentuk gumpalan darah yang memblokir arteri. Hal ini akan menyebabkan gejala nyeri dada menjadi semakin parah. Lalu, ketika bekuan darah cukup besar, arteri akan tertekan dan menyebabkan infark miokard atau kematian otot jantung.

Adapun beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner adalah: 

  • Usia lanjut. Semakin tua, arteri akan semakin menyempit dan rapuh.

  • Pria lebih memiliki risiko terkena penyakit jantung koroner daripada wanita.

  • Memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit jantung koroner.

  • Merokok. Nikotin dapat menyebabkan penyempitan arteri sementara karbon monoksida menyebabkan kerusakan pembuluh.

  • Memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau kadar lemak darah yang tinggi.

  • Memiliki trauma mental atau stres psikologis berat jangka waktu panjang.

Baca juga: Hati-hati, Jantung Koroner Bisa Menurun Pada Anak!

Cegah dengan Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Setiap makanan yang kita konsumsi akan membawa pengaruh terhadap tubuh. Termasuk kesehatan pembuluh darah, yang dapat memengaruhi kesehatan jantung. Oleh karena itu, jika ingin terbebas atau setidaknya mengurangi risiko penyakit jantung koroner, kita perlu memperhatikan asupan makanan sehat yang kita konsumsi. 

Jenis makanan yang disarankan adalah makanan yang rendah kolesterol dan tinggi serat, untuk mencegah penyempitan pembuluh darah. Beberapa makanan kaya serat yang perlu dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung koroner adalah:

1. Biji-Bijian

Biji-bijian merupakan jenis makanan yang mengandung serat cukup tinggi. Sebaiknya pilih bahan makanan biji-bijian yang kaya vitamin E sehingga dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Jika rutin mengkonsumsinya, dijamin dapat mencegah risiko serangan jantung dan stroke.

2. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi atau blueberry sangat cocok dikonsumsi oleh pengidap penyakit jantung koroner dan mereka yang ingin mencegahnya. Hal ini karena buah beri memiliki manfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi peradangan, menghilangkan racun dari darah, sekaligus sebagai pengencer darah alami. 

3. Minyak zaitun

Sama seperti buah beri, buah zaitun juga memiliki sifat pengencer darah yang sangat baik dikonsumsi oleh pengidap penyakit jantung koroner. Apalagi jika sudah diolah menjadi minyak, kandungan antioksidannya mampu membersihkan racun dari darah dan kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya dapat mengurangi peradangan. 

Baca juga: Pola Makan Sehat Bagi Pengidap Jantung Koroner

4. Kacang Almond

Kacang almond dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah, mengurangi peradangan, dan asam lemak omega 3 yang dikandungnya juga baik untuk jantung dan otak. Itulah sebabnya kacang ini sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Itulah sedikit penjelasan tentang makanan kaya serat yang ampuh cegah penyakit jantung koroner. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!