• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Makan Sehat Bagi Pengidap Jantung Koroner

Pola Makan Sehat Bagi Pengidap Jantung Koroner

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Pola Makan Sehat Bagi Pengidap Jantung Koroner

“Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit serius yang berpotensi mengancam jiwa. Jika sudah mengidapnya, seseorang perlu minum obat seumur hidup. Selain itu juga diperlukan pola makan sehat untuk mengelola kesehatan jantung agar tidak muncul komplikasi dan serangan jantung mendadak.”

Halodoc, Jakarta - Jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Sedangkan jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi. Hal ini disebabkan penyakit jantung koroner secara bertahap bisa memburuk. Penting bagi pengidap jantung koroner untuk menerapkan pola makan sehat. 

Penumpukan plak di arteri bisa mengurangi aliran darah ke jantung. Pengurangan aliran darah inilah yang menyebabkan gejala seperti nyeri dada dan sesak napas. Jika tidak diobati dan dikelola dengan baik, penyakit jantung koroner dapat menyebabkan serangan jantung atau henti jantung mendadak. Kedua kondisi ini bisa mengancam jiwa. 

Baca juga: Ketahui 3 Gejala dari Jantung Koroner Sejak Dini

Pola Makan Sehat untuk Pengidap Jantung Koroner

Obat memang dapat melindungi pengidap jantung koroner dari komplikasi serius. Namun, selain meresepkan obat untuk mengurangi tekanan darah, dokter biasanya juga merekomendasikan pengidap untuk menjalani pola makan sehat. Berikut ini beberapa tips pola makan sehat untuk pengidap jantung koroner. 

1.Konsumsi Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian yang dikonsumsi seperti beras merah, jagung, atau gandum merupakan sumber karbohidrat yang bisa menurunkan risiko seseorang mengidap berbagai penyakit. Biji-bijian kaya akan vitamin B, serat, protein, antioksidan, magnesium, zinc, dan zat besi untuk mencegah beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, obesitas, dan diabetes.

2.Konsumsi Kacang-Kacangan

Selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air yang membuat seseorang cepat kenyang. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker.

3.Konsumsi Buah Apel

Apel diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung karena buah ini efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah. Hal ini terjadi karena apel mengandung fitonutrien. Selain itu, apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu epicatechin.

4.Konsumsi Buah Anggur

Buah anggur mengandung serat dan flavonoid yang baik untuk mencegah kerusakan jantung.

5.Konsumsi Buah Beri

Buah beri seperti bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry kaya akan serat dan juga antioksidan yang mampu mengurangi peluang terjadinya serangan jantung. Selain itu, rasa manis pada buah tidak memicu terjadinya diabetes. Kamu bisa mengonsumsi buah ini sebagai camilan.

6.Lemak Sehat

Pengidap jantung koroner mungkin mengira bahwa semua lemak adalah pantangan. Namun, sebenarnya tidak semua lemak itu buruk. Mengonsumsi lemak sehat dalam jumlah sedang baik untuk kesehatan jantung. Lemak sehat dapat menurunkan kolesterol dan melindungi dari serangan jantung dan stroke. 

7.Protein Tanpa Lemak

Makan protein juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, sebaiknya selektif dalam memilih protein yang rendah lemak. Pilihannya bisa berupa ikan yang kaya asam lemak omega-3 seperti ikan salmon.

Baca juga: Ini 9 Orang yang Berpotensi Terkena Penyakit Jantung

Bingung memulai menu pola makanan sehat untuk penyakit jantung koroner? Kamu bisa mengikuti panduan yang ada di sini:

Sarapan

  • Semangkuk bubur gandum yang dimasak dan ditaburi dengan 1 sendok makan kenari cincang dan sesendok teh kayu manis.
  • Pisang.
  • Secangkir susu skim.

Makan siang

  • Secangkir yoghurt rendah lemak yang ditambahi kacang kenari.
  • 1/2 cangkir persik roti bakar Melba.
  • Satu brokoli yang direbus.
  • Dua sendok makan keju krim rendah lemak tanpa rasa.

Makan malam

  • 4 ons salmon.
  • Setengah cangkir kacang hijau dengan sesendok makan almond panggang.
  • Dua cangkir sayuran salad campuran.
  • Dua sendok makan saus salad rendah lemak.
  • Jeruk.

Selain pola makan sehat, cara menjaga kesehatan jantung juga bisa dengan mengelola stres dengan baik. Berlatihlah teknik untuk mengelola stres, seperti relaksasi otot dan pernapasan dalam. Hati-hati, stres dan depresi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung secara signifikan. 

Baca juga: Ini yang Dimaksud dengan Penyakit Jantung Koroner

Itulah yang perlu diketahui mengenai pola makan sehat untuk pengidap jantung koroner. Mungkin ada juga makanan yang harus dihindari pengidap jantung koroner. Kamu bisa berdiskusi lebih banyak dengan dokter melalui aplikasi Halodoc kapan saja dan dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Foods Should I Eat and Avoid with Coronary Heart Disease?
Medical News Today. Diakses pada 2021. What is the cardiac diet?