Pola Makan Sehat Bagi Pengidap Jantung Koroner

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Jantung Koroner, pola makan sehat

Halodoc, Jakarta - Jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Sedangkan jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi. Jika sudah didiagnosis mengidap kondisi ini, pola makan sehat apa yang cocok untuk pengidap jantung koroner?

Baca juga: Stop Merokok, Penyakit Jantung Koroner Mengintai!

Jantung Koroner, Kondisi Tersumbatnya Jantung oleh Timbunan Lemak

Ketika seseorang mengidap penyakit ini, maka pembuluh darah jantung atau arteri akan otomatis tersumbat oleh timbunan lemak. Jika lemak semakin menumpuk, pembuluh darah jantung akan semakin menyempit. Kondisi ini akan membuat aliran darah ke jantung berkurang.

Mengidap Jantung Koroner, Ini Gejala yang Akan Muncul

Asupan darah yang berkurang menuju jantung bisa saja tidak menimbulkan gejala apa pun. Jika seseorang mengalami gejala, gejala yang timbul dapat berupa:

  • Keringat dingin, mual, muntah, atau mudah lelah.

  • Irama denyut jantung yang tidak stabil. Kondisi ini bahkan bisa saja menyebabkan berhentinya jantung secara mendadak, dan menyebabkan seseorang kehilangan nyawa.

  • Nyeri dada yang bisa menjalar ke leher, rahang, bahu, dan tangan sisi kiri, punggung, dan perut sisi kiri. Nyeri ini bisa juga disebut dengan angina, dan biasanya bisa bertahap selama beberapa menit.

Gejala-gejala di atas baru akan muncul jika timbunan lemak ini sudah mengganggu aliran darah atau jika timbunan lemak ini menyebabkan adanya robekan.

Baca juga: Masih Muda Kok Kena Jantung Koroner?

Jantung Koroner, Ini yang Jadi Penyebabnya

Salah satu penyebab sakit ini adalah adanya kerusakan pada pembuluh darah jantung akibat penumpukan ateroma di dinding arteri. Ateroma sendiri terbentuk dari kolesterol dan zat sisa hasil dari metabolisme tubuh.

Ini Pola Makan Sehat Bagi Pengidap Jantung Koroner

Bagi pengidap jantung koroner, ada beberapa tips pola makan yang sehat.

  • Konsumsi Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian yang dikonsumsi seperti beras merah, jagung, atau gandum merupakan sumber karbohidrat yang bisa menurunkan risiko seseorang mengidap berbagai penyakit. Biji-bijian kaya akan vitamin B, serat, protein, antioksidan, magnesium, zinc, dan zat besi untuk mencegah beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, obesitas, dan diabetes.

  • Konsumsi Kacang-Kacangan

Selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air yang membuat seseorang cepat kenyang. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker.

  • Konsumsi Buah Apel

Apel diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung karena buah ini efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah. Hal ini terjadi karena apel mengandung fitonutrien. Selain itu, apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu epicatechin.

  • Konsumsi Buah Anggur

Buah anggur mengandung serat dan flavonoid yang baik untuk mencegah kerusakan jantung.

  • Konsumsi Buah Beri

Buah beri seperti bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry kaya akan serat dan juga antioksidan yang mampu mengurangi peluang terjadinya serangan jantung. Selain itu, rasa manis pada buah tidak memicu terjadinya diabetes. Kamu bisa mengonsumsi buah ini sebagai camilan.

Baca juga: Ini yang Dimaksud dengan Penyakit Jantung Koroner

Kamu ingin tahu tips-tips kesehatan lainnya? Kamu bisa mendapatkan lebih banyak tips-tips kecantikan maupun kesehatan dengan aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!