• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Makan Sehat untuk Pengidap GERD

Pola Makan Sehat untuk Pengidap GERD

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Menerapkan pola makan sehat adalah hal yang penting dilakukan pengidap GERD. Hal ini bisa membantu menurunkan risiko GERD kambuh yang bisa memicu berbagai gejala. Kalau sudah begitu, rasa tidak nyaman bisa muncul dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, bagaimana pola makan sehat untuk pengidap GERD? 

Sebelumnya perlu diketahui, GERD alias gastroesophageal reflux disease adalah kondisi yang terjadi karena naiknya kadar asam lambung. Penyakit ini bisa terjadi karena melemahnya katup (sfingter) yang berada di kerongkongan bagian bawah. Gejala khas dari GERD adalah muncul sensasi atau rasa asam pada mulut yang disertai dengan perih di dada hingga tenggorokan.

Baca juga: Kenali 4 Jenis Gangguan Lambung Ini

Menerapkan Pola Makan Sehat 

Naiknya asam lambung pada pengidap GERD disebabkan oleh melemahnya katup yang terletak di kerongkongan bagian bawah. Dalam kondisi normal, katup ini terbuka saat makanan dan minuman masuk menuju lambung untuk dicerna. Setelah makanan atau minuman masuk ke lambung, katup akan kembali tertutup kencang sehingga isi lambung tidak kembali naik ke kerongkongan. 

Pada pengidap GERD, proses ini tidak terjadi dengan sempurna. Katup yang melemah tidak bisa menutup dengan rapat. Hal itu akhirnya menyebabkan isi lambung, termasuk makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan. Semakin lama, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi dan berujung pada peradangan. 

Baca juga: Kenali Perbedaan Antara Dispepsia dan GERD

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mencegah penyakit ini kambuh, salah satunya dengan menerapkan pola makan sehat. Bagaimana caranya? 

  • Hindari makanan yang bisa memicu asam lambung naik, seperti makanan pedas, berlemak, makanan asam, minuman berkarbonasi serta mengandung alkohol. 
  • Makan dengan porsi sedikit, tapi sering. Pengidap GERD bisa coba menerapkan pola makan lima kali sehari dengan porsi yang lebih sedikit dibanding porsi normal. 
  • Kunyah makanan secara perlahan. Hal ini bisa membantu proses pencernaan dan meringankan kerja lambung. 
  • Perhatikan postur tubuh pada saat makan dan setelah makan. Biasakan untuk duduk dengan posisi yang baik setelah makan dan hindari langsung berbaring. 
  • Jangan makan sebelum tidur, atau mendekati waktu tidur malam hari. Organ tubuh membutuhkan waktu dalam mencerna makanan. Biasakan untuk makan malam setidaknya tiga hingga empat jam sebelum tidur. 
  • Konsumsi makanan sehat, terutama yang mengandung probiotik dan serat. Selain baik untuk pencernaan, jenis makanan ini juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Selain menerapkan pola makan sehat untuk pengidap GERD, perubahan gaya hidup juga perlu dilakukan. Saat mengidap penyakit ini, ada beberapa hal yang harus diterapkan, di antaranya: 

  • Menghindari obesitas alias kelebihan berat badan. Jika memiliki berat badan berlebih, cobalah untuk menurunkan berat badan. 
  • Berhenti merokok. 
  • Jangan berbaring setelah makan, beri jeda waktu setidaknya 2 hingga 3 jam. 
  • Coba memilih posisi tidur yang nyaman, salah satunya dengan memiringkan kepala. 
  • Jangan mengenakan pakaian yang terlalu ketat, terutama di area perut dan dada. Sebab hal ini bisa memicu rasa tidak nyaman dan sesak. 

Baca juga: Benarkah Pengidap GERD Mudah Terkena Kanker Esofagus?

Kamu juga bisa membicarakan seputar pola makan sehat untuk pengidap GERD dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat dan dapatkan tips menerapkan gaya hidup sehat dari ahlinya. Kamu juga bisa menyampaikan keluhan seputar GERD atau penyakit lain untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan. Download Halodoc di sini!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).
Everyday Health. Diakses pada 2021. How to Choose the Right GERD Diet.
Aboutgerd.org. Diakses pada 2021. Diet Changes for GERD.
Medicinet. Diakses pada 2021. What Are the Best Foods To Eat If You Have GERD?