Pria Rentan Terkena Granuloma Annulare, Ini Alasannya

Pria Rentan Terkena Granuloma Annulare, Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta - Granuloma annulare adalah kelainan kulit yang paling sering menyebabkan ruam dengan benjolan merah atau papula eritematosa yang tersusun dalam pola lingkaran atau cincin. Gangguan ini tidak menular dan tidak bersifat kanker. Ruam yang terjadi dapat terlokalisasi atau digeneralisasi. 

Granuloma annulare lokal adalah bentuk yang paling umum dan biasanya memengaruhi lengan bawah, tangan, atau kaki. Bentuk umum dari gangguan tersebut umum terjadi pada bagian tubuh, seperti telapak tangan dan kaki. Selain itu, bentuk granuloma annulare yang kurang umum terjadi, termasuk varian subkutan, perforasi, dan patch.

Penyebab gangguan tersebut yang mendasarinya tidak diketahui, tetapi ada beberapa faktor yang dapat memicu gangguan. Misalnya cedera pada kulit, infeksi virus, dan obat-obatan tertentu dan penyakit medis. 

Sebagian besar kasus dari gangguan tersebut berkembang pada orang sehat. Selain itu, disebutkan bahwa faktor genetik yang tidak diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami hal tersebut. Diagnosis dari gangguan tersebut dilakukan pada lesi kulit dan gejala fisik lainnya.

Baca juga: Kenali Lebih Dekat Granuloma Annulare

Penyebab Pria Rentan Terserang Granuloma Annulare

Penyebab dari gangguan granuloma annulare belum diketahui secara pasti, tetapi hal tersebut dapat berhubungan dengan respon imuns atau inflamasi yang terjadi. Selain itu, terdapat beberapa hal yang mungkin dapat memicu granuloma annulare.

Penyebab pria lebih rentan terserang gangguan tersebut karena salah satu faktor risiko dari granuloma annulare adalah memiliki tato dan cedera lain pada kulit. Jika seorang pria memiliki salah satu atau keduanya, risiko untuk mengalami gangguan tersebut dapat meningkat.

Stres kronis juga dapat menjadi pemicu lainnya. Pun, disebutkan bahwa terdapat kecenderungan genetik yang dapat menjadi penyebab gangguan tersebut. Namun, hal tersebut tidak ditemukan secara spesifik.

Baca juga: Kenali 3 Tahapan Granuloma Inguinale

Gangguan yang Berhubungan dengan Granuloma Annulare

Terdapat gejala kelainan lainnya yang dapat menyerupai granuloma annulare. Mungkin kamu harus mengetahuinya agar tidak tertukar apabila gangguan tersebut terjadi. Berikut adalah beberapa gangguan tersebut:

  1. Tinea Corporis

Gangguan tersebut dikenal juga dengan kurap tubuh, yaitu kelainan kulit yang ditandai dengan ruam kulit yang gatal. Lengan dan kaki adalah area tubuh yang paling terpengaruh. Dalam kebanyakan kasus, kelainan ini muncul sebagai lesi kemerahan berbentuk cincin. Tinea corporis disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit.

  1. Xanthoma Erupsi

Gangguan ini ditandai dengan perkembangan kelompok benjolan yang meningkat di seluruh tubuh. Benjolan tersebut dapat dikelilingi oleh cincin merah dan mungkin berwarna kuning atau cokelat kekuningan. Gangguan ini dapat dibedakan secara mikroskopis dari granuloma annulare oleh pewarnaan yang berbeda dari sel-sel histiositnya.

Bagaimanakah Cara Mengobatinya?

Sejauh ini belum ada pengobatan yang benar-benar efektif untuk granuloma annulare. Namun, dalam kebanyakan kasus, perawatan tidak diperlukan karena ruam akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan hingga dua tahun. Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk granuloma annulare, yaitu:

  • Krim atau salep steroid dapat membantu, tetapi harus digunakan dengan hati-hati. Pasalnya, penggunaan jangka panjang dapat mengencerkan kulit atau membekukan benjolan. Hal ini mungkin menjadi pilihan untuk mengobati bercak yang sangat kecil, tetapi bisa menyakitkan dan menyebabkan jaringan parut permanen

  • Pengobatan sinar ultraviolet dan obat-obatan kuat telah dilaporkan membantu dalam kasus individual granuloma annulare yang tersebar luas. Meski begitu, bagi kebanyakan orang gejala granuloma annulare tidak dibenarkan menggunakan perawatan ini karena semuanya memiliki efek samping yang signifikan.

Jika kamu mengalami gangguan ruam pada kulit yang mengganggu, kamu bisa mencoba menggunakan produk kamuflase kulit. Hal tersebut bisa digunakan untuk menutupi tanda dan bekas luka yang pernah terjadi pada kamu.

Baca juga: Awas, Penyakit Ini Gerogoti Jaringan Kelamin

Itulah pembahasan mengenai granuloma annulare. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. download aplikasinya sekarang di smartphone kamu!