Punya Komedo Membandel? Coba Lakukan Tips Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Punya Komedo Membandel? Coba Lakukan Tips Ini

Halodoc, Jakarta – Memiliki komedo pada wajah dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Komedo terjadi akibat penyumbatan folikel rambut dan bisa menjadi tanda awalnya kemunculan jerawat pada tubuh.

Baca juga: 8 Kebiasaan yang Bisa Bikin Komedo Makin Banyak

Tidak hanya pada wajah, komedo muncul pada bagian tubuh mana saja, seperti punggung, dada, leher, dan area tubuh lain yang memproduksi minyak berlebih. Masalah komedo dapat dialami oleh siapa saja, namun, orang-orang dengan produksi minyak yang berlebih lebih rentan memiliki komedo.

Hilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Komedo memiliki dua jenis dengan karakteristik yang berbeda. Campuran sebum, kotoran dan sel kulit mati pada wajah dapat menumpuk dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Nah, pori-pori yang tersumbat dan tetap terbuka menyebabkan seseorang memiliki komedo hitam (blackhead). Sedangkan pori-pori yang tersumbat dan tertutup menyebabkan seseorang memiliki komedo putih (whitehead).

Namun, kedua jenis komedo ini bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan alami, seperti:

1. Tomat

Tidak hanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuh, tomat bisa membantu untuk menghilangkan komedo pada wajah maupun tubuh. Kandungan antioksidan pada tomat mampu menangkal radikal bebas dari luar sehingga tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit. Kamu bisa gunakan tomat sebagai masker wajah atau tubuh. Caranya, kamu bisa belah tomat menjadi dua bagian kemudian balurkan bagian dalam pada kulit yang mengalami masalah komedo. Bersihkan setelah didiamkan beberapa menit.

2. Putih Telur dan Madu

Masker wajah yang dibuat menggunakan campuran putih telur dan madu dapat membantu untuk mengecilkan pori-pori dan menghindari pori-pori wajah dari kotoran yang sebabkan komedo. Kamu bisa gunakan masker putih telur dan madu dengan rutin sebanyak 2 kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya yang masih segar mampu membantu menjaga kesehatan kulit, khususnya kulit wajah. Lidah buaya bisa digunakan untuk membersihkan pori-pori wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Dengan begitu, kamu terhindar dari komedo yang membandel pada wajah maupun tubuh.

Lalu, Bagaimana Jika Komedo Tidak Menghilang? Ini Tipsnya

Meskipun tidak menyebabkan rasa sakit atau nyeri, komedo yang tidak segera diatasi dapat sebabkan jerawat pada bagian tubuh. Untuk jerawat yang meradang dan mengganggu, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai gangguan kulit yang dialami.

Tentu jerawat yang muncul pada tubuh maupun wajah dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Lalu, bagaimana jika komedo membandel dan sering muncul pada bagian tubuh? Sebaiknya lakukan beberapa tips ini.

Untuk menghindari komedo dapat kembali, sebaiknya hindari sering menyentuh wajah maupun area tubuh yang memiliki komedo. Menyentuh dengan tangan yang belum tentu bersih mampu sebabkan komedo menjadi infeksi. Hindari juga jangan sampai rambut sering terkena muka karena bukan saja kotor tapi gesekan-gesekan bisa menyebabkan timbulnya komedo hingga jerawat.

Baca juga: Basmi Komedo dengan Air Hangat, Begini Caranya

Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan tubuh dan tangan. Mencuci tangan secara teratur dapat menghindari perpindahan kotoran dari tangan pada tubuh atau wajah. Jangan lupa untuk cuci muka secara teratur dengan tujuan menghindari penumpukan kotoran dan juga sebum penyebab komedo pada wajah maupun tubuh.

Beberapa orang memiliki kebiasaan memencet komedo atau jerawat, sehingga sebaiknya hindari kebiasaan ini agar komedo tidak bertambah dan meradang. Gunakan produk perawatan kulit wajah yang cocok dengan jenis kulit dan hindari paparan polusi atau matahari langsung dalam waktu yang cukup lama.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Blackheads vs Whiteheads
Healthline. Diakses pada 2019. Blackheads