Basmi Komedo dengan Air Hangat, Begini Caranya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Basmi Komedo dengan Air Hangat, Begini Caranya

Halodoc, Jakarta - Enggak sedikit wanita yang merasa risih ketika komedo timbul di wajahnya. Komedo atau bintik kecil berwarna putih pada permukaan wajah memang sering menjadi momok yang bikin wanita senewen. Timbulnya komedo ini bisa membuat rasa percaya diri makin menurun. Komedo sendiri berasal dari kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak pada kulit, yang kemudian bercampur dengan sel-sel kulit dan debu.

Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan komedo? Sebenarnya, cara menghilangkan komedo enggak harus selalu melalui obat-obatan atau krim wajah. Ada juga cara yang terbilang sederhana, misalnya dengan menggunakan air hangat. Nah, seperti apa sih cara basmi komedo dengan air hangat?

Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi untuk Cegah Komedo

Air Hangat dan Uap Panas

Pertama-tama, kita harus menyediakan alat untuk mengompres wajah. Pilihlah kain lembut atau handuk kecil berbahan lembut. Selain itu, sediakan pula air hangat untuk mengompres. Air hangat ini bermanfaat untuk membuka pori-pori wajah, sehingga penyumbatan yang disebabkan oleh komedo lebih mudah untuk dihilangkan. Kompreslah wajah kira-kira selama lima sampai 10 menit.

Langkah kedua untuk basmi komedo dengan air hangat, pasanglah plester komedo pada wajah yang masih lembang setelah di kompres hangat tadi. Jangan tunggu sampai wajah mengering, sebab kelembapan ini akan membantu agar plester menempel pada kulit dan komedo. Diamkan plester ini selama 10-15 menit sebelum melepasnya.

Langkah selanjutnya, kita bisa menyiasati komedo yang masih membandel dengan menekan pelan-pelan dengan jari. Ingat, pastikan jari tangan dalam keadaan bersih. Jangan pula memencet komedo menggunakan kuku.

Andaikan komedo yang tersisa tak kunjung keluar, jangan menekannya keras-keras, sebab bisa merusak kulit disekitarnya. Karena itu, cobalah kompres lagi menggunakan air hangat, lalu tekan sekali lagi. Selain jari, kamu bisa menggunakan alat khusus untuk menekan komedo.

Baca juga: Mau Wajah Mulus Tanpa Komedo? Ini Rahasianya

Selain mengompres menggunakan air hangat, uap air panas juga bisa kita gunakan untuk membasmi komedo. Uap panas ini bisa membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan komedo yang tersumbat dalam wajah. Caranya cukup sederhana kok.

  • Beri herbal kering (1 sendal makan atau 3–4 kantong teh), atau 1–3 tetes minyak esensial dalam mangkuk tahan panas yang besar, kemudian tambahkan dengan satu liter air mendidih.

  • Sediakan handuk untuk menutupi wajah sampai mangkuk agar uap panas terfokus pada wajah.

  • Posisikan wajah tepat di atas wadah air panas, lalu sapukan uap ke arah wajah.

  • Uapi wajah dan pijat secara perlahan area wajah yang berkomedo.

  • Bila komedo sudah keluar, bersihkanlah wajah dengan handuk.

Awasi Penyebab dan Faktor Risikonya

Komedo muncul ketika sel-sel yang melapisi duktus sebasea (jalan keluar kelenjar minyak) memperbanyak diri (kornifikasi), dan disertai dengan adanya peningkatan produksi minyak. Komedo ini terbentuk oleh debris yang menyumbat duktus sebasea dan folikel rambut.

Baca juga: Mitos dan Fakta Jerawat yang Harus Diketahui

Lalu, faktor apa saja sih yang bisa memicu komedo?

  • Aktivitas testosterone dalam sel yang berlebihan.

  • Rendahnya kadar linoleat pada sebum, sehingga menyebabkan pengelupasan kulit dan menurunnya fungsi pertahanan kulit.

  • Proses peradangan melibatkan sitokin-sitokin pro-inflamasi.

  • Asam lemak bebas yang dihasilkan oleh bakteri.

  • Kulit yang terlalu lembab (premenstrual atau di lingkungan yang lembap).

  • Makanan tinggi lemak dan karbohidrat.

  • Kontak dengan bahan-bahan tertentu, seperti minyak pomade, propilen glikol, dan lain-lain.

  • Sobeknya folikel akibat trauma.

  • Rokok.

Mau tahu lebih jauh mengenai cara menghilangkan komedo? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!