• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rahasia Probiotik untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rahasia Probiotik untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Rahasia Probiotik untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 Mei 2022

“Probiotik merupakan bakteri baik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti misalnya meningkatkan imunitas tubuh. Namun bukan itu saja, ada berbagai manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan ketika jumlah bakteri baik dalam tubuh seimbang.”

Rahasia Probiotik untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai penyakit yang bisa kamu alami ketika daya tahan tubuh kamu rendah seperti misalnya, penyakit flu, alergi, gangguan pencernaan, atau bahkan COVID-19. Ini semua terjadi  akibat imunitas tubuh yang kurang optimal. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat.

Dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat yang mengandung semua kebutuhan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan, maka ini bisa meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu makanan yang disarankan adalah probiotik. Kandungan ini bukan hanya membantu kamu dalam menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga meningkatkan imunitas tubuh. Yuk, simak ulasan mengenai manfaat probiotik bagi imunitas tubuh, di sini!

Alasan Probiotik Baik untuk Imunitas Tubuh

Probiotik adalah kandungan yang bisa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bakteri baik dalam usus. Probiotik sendiri merupakan bakteri baik yang biasanya terdapat dalam makanan atau minuman yang telah melalui proses fermentasi.

Tidak hanya melalui makanan ataupun minuman fermentasi, probiotik juga sudah ada di dalam usus manusia. Bakteri baik ini berfungsi dalam meningkatkan kesehatan pencernaan, mencerna makanan yang dikonsumsi, hingga memecah makanan agar lebih mudah diserap oleh tubuh.

Lalu, bagaimana probiotik memengaruhi imunitas tubuh? Probiotik dapat membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengontrol jumlah bakteri baik dan jahat yang ada di dalam pencernaan. Semakin banyak jumlah bakteri baik, hal ini membuat tubuh lebih mudah melawan zat-zat asing, seperti virus, bakteri, maupun parasit yang masuk ke dalam tubuh. 

Tidak hanya itu, bakteri baik juga melindungi dinding usus agar kemampuan menyerap pencernaan menjadi lebih baik. Hal ini membuat nutrisi akan terserap maksimal sehingga bisa mengoptimalkan imunitas tubuh kamu.

Bukan hanya meningkatkan imun tubuh, probiotik juga dinilai mampu menurunkan risiko alergi maupun eczema. Probiotik bisa membantu mengurangi risiko alergi dan eczema pada anak-anak maupun bayi. 

Ibu hamil yang rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan probiotik akan menurunkan risiko eksim di dua tahun pertama anak setelah dilahirkan sebanyak 83 persen. Probiotik juga baik untuk mengurangi respon peradangan pada anak-anak atau bayi yang terjadi akibat alergi susu.

Jenis Probiotik yang Baik untuk Kesehatan

Tidak ada salahnya mengenal beberapa jenis bakteri bakteri bagi tubuh, seperti:

  • Acidophilus. Bakteri baik ini terbukti bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Kamu bisa temukan bakteri baik jenis ini dalam tempe, yoghurt, miso, dan susu.
  • Bifidobacterium. Bakteri baik jenis ini bisa digunakan untuk meredakan gangguan pencernaan yang kamu alami. Kamu bisa menemukan bakteri jenis ini pada tempe, miso, kefir, kimchi, hingga wine
  • Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus (or L. bulgaricus) dan S. thermophilus. Kedua jenis bakteri baik ini dapat ditemukan pada yoghurt dan bisa membantu kamu meningkatkan imunitas tubuh.

Itulah rahasia probiotik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebaiknya pastikan kamu mengonsumsi berbagai makanan sehat yang memiliki kandungan probiotik di dalamnya. 

Jika kamu mengalami gangguan kesehatan, kamu bisa memenuhi kebutuhan medis yang kamu perlukan melalui aplikasi Halodoc. Kebutuhan yang diperlukan akan diantarkan langsung dari apotek ke tempat kamu. Praktis bukan? Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. Do Probiotics Help Your Immune System?
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Health Benefits of Probiotics.