16 October 2018

Rajin Konsumsi Bawang Merah agar Dapat Khasiat Ini

Rajin Konsumsi Bawang Merah agar Dapat Khasiat Ini

Halodoc, Jakarta - Di samping membuat jadi lebih gurih, harum, dan menambah rasa pada makanan, bawang merah ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, lho. Kata ahli, bumbu dapur ini mengandung antioksidan, bebas lemak, rendah kalori, dan memiliki berbagai vitamin serta mineral.

Bahan makanan yang sudah ada sekitar 2000 SM ini, sudah lama digunakan sebagai bahan pokok masakan di berbagai daerah. Tak cuma di Asia, tapi juga masakan Perancis, Amerika Serikat, Belanda, hingga Mediterania. Lalu, apa sih khasiat bawang merah yang baik bagi tubuh?

1. Menurunkan Risiko Kanker

Menurut para ahli seperti dilansir dalam Boldsky, bawang mengandung senyawa bernama quercetin yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-jamur. Kandungan yang satu ini juga dinilai efektif untuk menyembuhkan sakit flu dan demam.

Menariknya lagi, para ahli menduga bahwa rutin mengonsumsi bawang dipercaya dapat mencegah seseorang terkena kanker. Menurut berbagai penelitian, bawang merah kaya akan organosulfur, yaitu senyawa yang cukup efektif untuk mengatasi penyebab kanker prostat dan lambung. Kok bisa? Kata ahli, organosulfur ini bisa menciptakan lapisan pelindung saat tubuh berperang melawan kanker di kelenjar prostat dan perut.

2. Menyehatkan Jantung

khasiat bawang merah lainnya juga bisa terlihat pada kesehatan jantung. Kandungan bawang merah bernama allicin, diduga memiliki keistimewaan bagi organ yang fungsinya memompa darah ke seluruh tubuh ini. Kata ahli, rutin mengonsumsi bawang merah bisa menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap normal. Menariknya lagi, kandungan allicin pada bawang merah juga bisa mengatasi ketombe pada rambut, lho.

3. Mengeluarkan Racun

Bawang merah juga bisa dimanfaatkan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Misalnya, saat ditempelkan pada telapak kaki selama tidur, bawang merah secara otomatis dapat menyerap racun tubuh. Bila tubuh memiliki banyak racun, maka keesokan harinya bawang merah itu akan berubah menjadi layu dan berwarna hitam.

Pasalnya, hal ini karena racun dalam tubuh banyak menumpuk di bagian kaki, sehingga menempelkan bawang merah di kaki bisa menjadi solusi untuk menghilangkan racun tersebut.

4. Menghindari Infeksi

Selain menyehatkan jantung dan efektif untuk mengeluarkan racun, manfaat khasiat bawang merah juga bisa menghindari tubuh dari infeksi. Kata ahli, bawang merah yang diletakkan di telapak kaki juga amat bermanfaat untuk mencegah infeksi di dalam tubuh. Hal ini karena bawang merah mengandung zat anti-peradangan yang bisa mengobati berbagai jenis infeksi.

5. Tinggi Folat (Vitamin B9)

Bagi kamu yang tengah mengandung, jangan pernah melupakan kandungan gizi yang satu ini. Untuk wanita hamil, folat punya banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan janin. Misalnya, mencegah cacat janin di dalam kandungan hingga berperan dalam memelihara kesehatan ibu dan janin selama kehamilan.

Menurut studi, di dalam 100 gram bawang merah sendiri, setidaknya terkandung 30 mikrogram folat. Nah, karena itu enggak ada salahnya ibu hamil menambah asupan bawang dalam menu hariannya untuk menambah asupan folat demi kesehatan ibu dan janin.

6. Mengatur Fungsi Saraf

Dalam 100 gram bawang merah, setidaknya terkandung 330 miligrams kalium (potasium). Kalium sendiri merupakan salah satu jenis elektrolit yang berperan dalam mengatur fungsi saraf. Tak cuma itu, kalium dalam bawang merah juga berperan untuk mengatur irama detak jantung dan mencegah tekanan darah tinggi.

Ada hal menarik lainnya dari manfaat khasiat bawang merah. Menurut sebuah penelitian, wanita yang mengidap diabetes yang biasa mengonsumsi yoghurt dan bawang merah, memiliki kadar gula darah, kolesterol, dan trigliserida yang lebih rendah, ketimbang mereka yang enggak mengonsumsi bawah merah.

Meski banyak penelitian menujukkan bawang merah memiliki segudang manfaat, tapi untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal tentunya harus diiringi dengan pola makan dan pola hidup sehat.

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat khasiat bawang merah? Atau punya masalah kesehatan dan ingin berdiskusi dengan dokter? Gampang kok, kamu bisa bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah tersebut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: