Redakan Nyeri Pergelangan Tangan dengan 3 Olahraga Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
redakan-nyeri-pergelangan-tangan-dengan-3-olahraga-ini-halodoc

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang pekerjaannya menuntut untuk duduk seharian di depan laptop dan mengetik, mungkin sering merasa nyeri di pergelangan tangannya. Kondisi tersebut biasanya terjadi akibat carpal tunnel syndrome (CTS). Masalah kesehatan yang satu ini memang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun daripada dibiarkan saja, lebih baik kamu mencoba olahraga ringan berikut yang ampuh untuk meredakan nyeri pergelangan tangan akibat CTS.

Sekilas Tentang Carpal Tunnel Syndrome

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah kondisi yang membuat tangan terasa nyeri, lemah, kesemutan, dan mati rasa. Sindrom ini terjadi ketika saraf di dalam pergelangan tangan tertekan. Tekanan pada saraf ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Namun, aktivitas yang banyak melibatkan tangan merupakan salah satu faktor risiko pemicu CTS. 

Kegiatan yang melibatkan gerakan menggenggam atau gerakan pergelangan tangan yang berulang bisa memberikan tekanan besar pada pergelangan tangan, hingga akhirnya CTS pun terjadi. Kegiatan yang bisa memicu CTS, antara lain bermain alat musik, merajut, atau mengetik. 

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Menimbulkan Nyeri Pergelangan Tangan

Nah, dengan melakukan olahraga ringan, kamu bisa mendapatkan manfaat berikut:

  • Meredakan Gejala CTS

Menggerakkan pergelangan tangan yang sedang sakit akibat CTS memang tidak mudah. Namun, dengan mengkombinasikan olahraga dengan perawatan lain, seperti membalut pergelangan tangan atau suntik kortikosteroid, rasa nyeri di pergelangan tangan akibat CTS bisa berkurang. Namun, perlu diingat, cara ini hanya bisa meredakan gejala CTS yang tingkat keparahannya masih ringan sampai sedang.

  • Mencegah Jaringan Parut

Bila CTS yang kamu alami sudah sangat parah, maka kamu perlu menjalani operasi carpal tunnel syndrome. Nah, operasi ini biasanya bisa memicu pertumbuhan jaringan parut pada bekas sayatan. Namun jangan khawatir, risiko tumbuhnya jaringan parut bisa ditekan dengan rutin melakukan olahraga tangan.

Baca juga: Perhatikan 8 Gejala Nyeri Pergelangan Tangan yang Wajib Diwaspadai

Gerakan untuk Mengatasi Nyeri Pergelangan Tangan

Nyeri pergelangan tangan bisa mengganggu kamu beraktivitas. Karena itu, cobalah untuk melakukan gerakan olahraga ini untuk meringankan nyerinya. Gerakan ini sangat mudah dan bisa dilakukan di mana saja, lho.

1. Meregangkan Jari-Jari Tangan

Pertama-tama, satukan kedua tangan seperti ingin bertepuk tangan di depan dada. Setelah itu, buka telapak tangan hingga hanya ujung jari-jarinya saja yang bertemu, lalu buat gerakan stretching dengan jari-jari tangan kamu, dimulai dari mengerucut lalu merenggang lebar.

Gerakan sederhana ini bisa membantu melenturkan fase palmaris, saraf median, dan sendi-sendi pergelangan tangan yang meradang akibat CTS. Lakukan secara rutin agar pergelangan tangan yang sakit bisa membaik.

2. Kibas-Kibas Tangan

Selanjutnya adalah gerakan mengibas-ngibas tangan seperti sedang mengeringkan tangan. Walaupun terlihat sederhana, nyatanya jenis peregangan tangan ini punya banyak manfaat. Tidak hanya meringankan nyeri, gerakan ini juga bisa mencegah kekakuan otot fleksor dan saraf median saat beraktivitas. Niscaya, nyeri pergelangan tangan akan jarang kambuh di kemudian hari.

3. Tekuk Pergelangan Tangan

Pertama-tama, luruskan lengan kamu yang terasa sakit ke depan dan lemaskan jari-jari kamu. Setelah itu, gunakan tangan yang satunya untuk menekuk pelan punggung tangan ke bawah. Meski mungkin akan terasa sakit atau tidak nyaman, cobalah untuk menahan posisi ini selama beberapa detik. Kemudian, lakukan hal yang sama pada tangan yang satunya lagi.

Baca juga: Cegah Nyeri Pergelangan Tangan dengan 4 Cara Ini

Nah, itulah olahraga ringan untuk meredakan nyeri pergelangan tangan. Bila nyeri pergelangan tangan kamu cukup mengganggu, coba bicarakan saja kepada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter untuk minta saran kesehatan dan rekomendasi obat melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:

Healthline (2019). Exercises for Treating Carpal Tunnel
Healthline (2019). 9 Home Remedies for Carpal Tunnel Relief