• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Minum Rebusan Kayu Manis, Apa Khasiatnya?

Rutin Minum Rebusan Kayu Manis, Apa Khasiatnya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, memperbanyak istirahat, memenuhi kebutuhan air putih, hingga mengonsumsi bahan-bahan alami. Jahe dikenal sebagai bahan alami yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Namun, tahukah kamu bahwa kayu manis atau cinnamon juga tidak kalah berkhasiat dari jahe? Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Baca juga: Ini 8 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Inilah Khasiat dari Air Rebusan Kayu Manis

Bukan hanya sebagai penyedap masakan saja, kayu manis juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, loh. Kayu manis sendiri merupakan ekstrak dari kulit pohon kayu manis. Meskipun manfaatnya bagi kesehatan masih memerlukan penelitian lebih dalam lagi, tetapi banyak masyarakat yang percaya bahwa mengonsumsi air rebusan kayu manis bermanfaat.

Yuk, ketahui lebih banyak khasiat dari rutin minum rebusan kayu manis, di sini!

1.Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian mengatakan bahwa rutin mengonsumsi air rebusan kayu manis dapat menurunkan risiko diabetes. Namun, kamu perlu memperhatikan jenis kayu manis yang digunakan. Kayu manis jenis Cassia merupakan kayu manis yang dinilai paling efektif untuk menghindari penyakit diabetes. 

2.Mengatasi Nyeri Menstruasi

Bagi para wanita, nyeri menstruasi yang dialami terkadang membuat tidak nyaman. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi air rebusan kayu manis. Melansir National Library of Medicine, terdapat sebuah penelitian mengenai ini yang dituliskan dalam jurnal The Effect of Cinnamon on Primary Dysmenorrhea: A Randomized, Double Blind Clinical Trial.

Penelitian tersebut berjalan dengan memberikan 3 gram kayu manis dan efek plasebo selama 3 hari pada beberapa wanita. Wanita yang mengonsumsi kayu manis mengalami nyeri haid yang jauh lebih ringan, dibandingkan wanita yang mengonsumsi efek plasebo.

3.Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam kayu manis membuat tubuh menjadi lebih sehat ketika kamu rutin minum rebusan kayu manis. Antioksidan dapat membantu tubuh menghindari paparan radikal bebas yang dapat memicu rusaknya jaringan atau sel dalam tubuh. 

Baca juga: Manfaat Kayu Manis untuk Pengidap Diabetes

4.Menurunkan Risiko Peradangan

Kayu manis memiliki kandungan anti inflamasi di dalamnya. Dengan rutin minum rebusan kayu manis, dapat menurunkan risiko peradangan dalam tubuh kamu. 

5.Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik dalam Tubuh

Selain menurunkan risiko peradangan, rutin minum rebusan kayu manis juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Adanya kolesterol baik dalam tubuh membuat jantung juga menjadi lebih sehat.

6.Menurunkan Berat Badan

Selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, memiliki berat badan yang ideal juga membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Selain pola makan yang tepat, tidak ada salahnya mencoba untuk rutin minum rebusan kayu manis. 

Kandungan dalam kayu manis dinilai mampu mengurangi efek buruk dari makanan tinggi lemak. Selain itu, kandungan anti-inflamasi dalam kayu manis dinilai mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan tubuh untuk mencerna makanan lebih baik.

Itulah beberapa manfaat dari rutin minum rebusan kayu manis. Manfaat rebusan kayu manis akan terasa optimal, ketika kamu melakukannya bersama dengan pola makan tepat dan juga olahraga secara rutin. 

Selain itu, hindari mengonsumsi kayu manis berlebihan karena dapat memicu efek samping pada kesehatan kamu. Namun, jika hanya digunakan sebagai bumbu atau perasa, biasanya efek samping tidak akan terjadi.

Baca juga: Ingin Diet, Ganti Bumbu di Dapur dengan Rempah Lezat

Segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan ketika kamu merasakan adanya keluhan kesehatan yang tidak nyaman. Pemeriksaan yang dilakukan lebih dini tentunya membuat pengobatan lebih mudah dilakukan. 

Yuk, download Halodoc dan buat janji dengan dokter sekarang juga untuk pemeriksaan kesehatan. Tanpa perlu mengantre di rumah sakit, pemeriksaan dapat berjalan lebih lancar dan praktis!

Referensi:
National Library of Medicine. Diakses pada 2021. The Effect of Cinnamon on Primary Dysmenorrhea: A Randomized, Double Blind Clinical Trial.
Healthline. Diakses pada 2021. 12 Impressive Health Benefits Of Cinnamon Tea.
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Evidence Based Health Benefits of Cinnamon.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What’s to Know About Cinnamon Powder?