• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Minum Rebusan Kayu Secang, Ini Manfaatnya

Rutin Minum Rebusan Kayu Secang, Ini Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Rutin Minum Rebusan Kayu Secang, Ini Manfaatnya

“Tanaman secang menjadi salah satu obat tradisional yang dikonsumsi dengan memanfaatkan kayu atau batang tanaman. Cara mengolahnya dilakukan dengan mengambil kayu secang, dan dikeringkan. Kemudian direbus, dan dikonsumsi air rebusannya. Jika rutin mengonsumsinya, ini beberapa manfaat kayu secang yang bisa kamu rasakan.”

Halodoc, Jakarta – Kayu secang menjadi salah satu tanaman herbal yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Bukan hanya bersifat menghangatkan tubuh saja, mengonsumsi rebusan air secang yang mengandung berbagai senyawa baik, dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan berikut ini:

Baca juga: 7 Tanaman Herbal yang Diklaim Mampu Cegah Corona

1. Mengatasi Peradangan pada Tubuh

Manfaat kayu secang yang pertama adalah mengatasi peradangan dalam tubuh. Ekstrak kayu secang yang dikonsumsi dinilai mampu meredakan nyeri akibat peradangan pada otot dan sendi dalam tubuh.

2. Membunuh Bakteri Penyebab Penyakit

Manfaat kayu secang selanjutnya adalah membunuh bakteri penyebab penyakit. Manfaat kayu secang yang satu ini dapat diperoleh dari sifat antibakteri di dalamnya. Beberapa jenis bakteri yang dapat diatasi menggunakan minuman herbal ini, seperti bakteri Salmonella, Streptococcus, dan E. coli.

3. Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Jerawat pada wajah dipicu oleh infeksi bakteri Propionibacterium acnes. Manfaat kayu secang tersebut ditunjang dengan sifat antiinflamasi atau antiradang di dalamnya. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa menggunakan rendaman air secang untuk membasuh area wajah yang berjerawat.

Baca juga: Ini 6 Obat Nyeri Sendi dari Bahan Alami di Rumah

4. Menekan Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan antioksidan dan antikanker dalam kayu secang dinilai mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Manfaat kayu secang yang satu ini dapat ditunjang dengan menjalani pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, kelola stres dengan baik, rutin berolahraga, serta berhenti merokok. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat kayu secang terhadap penyakit kanker. 

5. Meringankan Gejala Diare

Meringankan gejala diare menjadi manfaat rebusan kayu secang. Manfaat tersebut diperkuat dengan kandungan antibakteri yang mampu membasmi bakteri penyebab diare. Mengonsumsi minuman herbal ini juga dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh pengidap diare agar terhindar dari dehidrasi.

6. Mencegah Kerusakan Sel dalam Tubuh

Kandungan berbagai macam antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan brazilin dinilai mampu mencegah kerusakan sel dalam tubuh akibat paparan radikal bebas. Selain itu, berbagai macam antioksidan tersebut dapat menurunkan risiko terjadinya kanker dan diabetes tipe 2.

7. Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Mengonsumsi air rebusan kayu secang mampu mengontrol sekaligus menurunkan gula darah dalam tubuh. Jika gula darah dalam tubuh sudah terkontrol dengan baik, risiko diabetes tipe 2 dapat diturunkan. Manfaat kayu secang yang satu ini sangat baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin.

Baca juga: 6 Tanaman Herbal yang Diklaim Mampu Menurunkan Hipertensi

Manfaat kayu secang tidak berhenti sampai di situ saja, tanaman herbal ini juga dinilai mampu mencegah kerusakan sel saraf, memelihara kesehatan organ hati, serta mengatasi radang gusi. Jika ingin mengonsumsi kayu secang, disarankan untuk tidak dibarengi dengan obat-obatan lain. Hal tersebut dilakukan guna mencegah adanya interaksi obat terhadap kandungan dalam kayu secang.

Kamu perlu mendiskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc jika ingin mengonsumsi kayu secang sebagai alternatif pengobatan gangguan kesehatan yang dialami. Hal tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti reaksi alergi. Sedangkan jika ingin mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan, kamu bisa cek kebutuhannya di sini. Yuk, segera download aplikasinya.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Research Gate. Diakses pada 2021. The analysis of reducing blood glucose levels of diabetics with diabetes mellitus by giving a secang wood stew (Caesalpinia sappan L.) to menopausal women in Makassar City.
Scientific Report. Diakses pada 2021. Color and molecular structure alterations of brazilein extracted from Caesalpinia sappan L. under different pH and heating conditions.
Henan University. Diakses pada 2021. Effective Compounds From Caesalpinia sappan L. on the Tyrosinase In Vitro and In Vivo.
Detik Food. Diakses pada 2021. Cara Membuat Kayu Secang, Minuman Herbal Buat Tangkal Corona.