Sahur dengan 5 Makanan Ini untuk Cegah Bau Mulut

Puasa, Mulut dan Gigi, bau muut selama puasa

Halodoc, Jakarta - Selama puasa, wajar saja jika kamu mengalami bau mulut. Hal ini disebabkan tubuh menghasilkan senyawa yang disebut keton. Senyawa ini memiliki bau khas yang dapat tercium melalui napas kamu.

Selama berpuasa, kamu tidak minum air. Ini juga yang membuat keadaan mulut kering dan dapat menyebabkan bau mulut karena kadar air liur dalam mulut berkurang. Padahal, air liur berfungsi untuk menetralisir asam yang dihasilkan dari plak. Air liur juga berperan untuk menghilangkan sel-sel mati yang terakumulasi pada lidah, gusi, dan pipi. Apabila sel-sel mati ini dibiarkan saja, maka bisa menyebabkan bau mulut.

Makanan dan minuman yang kamu konsumsi saat sahur ataupun berbuka juga bisa memengaruhi bau mulut. Makanan yang sudah dicerna akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah, termasuk ke paru-paru. Jika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki aroma menyengat, bukan tidak mungkin napas kamu memiliki bau yang tidak sedap. Namun, tenang saja, kamu dapat mengupayakan pencegahan dengan mengonsumsi makanan berikut ini:

Baca juga: Bukan Karena Puasa, Ini Alasan Bau Mulut Makin Menjadi

1. Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt saat sahur bisa jadi pilihan tepat untuk mengurangi bau mulut. Yoghurt mengandung probiotik alias bakteri baik yang mampu melawan bakteri dan mencegah pertumbuhan bakteri yang ada pada rongga mulut, sehingga mampu mencegah terjadinya bau mulut.

2. Teh Hijau

Secangkir teh saat sahur mampu menjadi senjata ampuh pencegah bau mulut yang tidak sedap. Teh hijau mengandung antioksidan berupa zat polyphenol yang bermanfaat untuk meruntuhkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Bukan hanya itu, teh hijau juga mengandung zat aktif bernama catechins yang bisa menghilangkan plak di gigi yang juga menjadi salah satu penyebab bau mulut. Sebaiknya minum teh tanpa gula, karena gula berisiko menempel pada gigi, sehingga menimbulkan plak.

3. Apel

Salah satu buah-buahan yang tepat untuk melawan bau mulut saat puasa adalah buah apel. Mengunyah buah apel dapat membantu memproduksi air liur yang menciptakan pembersih mulut alami, sehingga membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Apel juga dapat memberikan kelembapan pada mulut yang diperlukan untuk menghilangkan bakteri. Di samping itu, apel juga mengandung polifenol yang menjaga kesehatan rongga mulut.

Baca juga: Penyebab Bau Mulut yang Perlu Diketahui dan Cara Mengatasinya

4. Peterseli

Ternyata peterseli bermanfaat untuk menyegarkan napas kembali. Kamu cukup mengunyah tangkai peterseli dan napas pun akan segar kembali. Bukan hanya mulut, peterseli juga memiliki kandungan herbal yang bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan memberi sensasi segar di perut.

5. Jeruk, Lemon, dan Tomat

Buah-buahan ini kaya akan vitamin C yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut dan menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Vitamin C di dalamnya juga sangat baik untuk dikonsumsi, supaya terhindar dari penyakit gusi  yang juga merupakan faktor penyebab bau mulut.

Baca juga: Tidak Merokok tetapi Bau Mulut, Kenapa?

Itulah daftar makanan yang bisa kamu konsumsi saat sahur. Dengan begitu, kamu pun akan terhindar dari bau mulut. Namun, jika kamu mengalami permasalahan kesehatan mulut lainnya selama puasa, kamu dapat mendiskusikannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.