• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Scrub Kopi Bisa Menyamarkan Selulit, Benarkah?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Scrub Kopi Bisa Menyamarkan Selulit, Benarkah?

Scrub Kopi Bisa Menyamarkan Selulit, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 31 Agustus 2020
Scrub Kopi Bisa Menyamarkan Selulit, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Suka minum kopi? Selain bisa menghilangkan kantuk, bubuk kopi juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, lho. Salah satunya adalah disulap menjadi scrub, untuk menyamarkan selulit, yaitu timbunan lemak di bawah kulit yang berkerut-kerut seperti kulit jeruk. 

Meski tidak berbahaya bagi kesehatan, selulit dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Itulah sebabnya, banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkannya. Nah, scrub kopi bisa jadi solusi untuk menyamarkan selulit. 

Baca juga: 4 Kebiasaan Penyebab Selulit

Bagaimana Scrub Kopi Menyamarkan Selulit?

Kandungan kafein dalam kopi efektif untuk menyamarkan selulit. Tidak percaya? Studi yang diterbitkan di Journal of Cosmetology pada 2008 menyebutkan, krim anti selulit yang mengandung kafein bisa mengurangi selulit sebanyak 17 persen dari diameter sel lemak. Sementara itu, krim yang mengandung siloxanetriol alginate caffeine (SAC) mampu menyamarkan selulit hingga 26 persen.

Selain itu, bubuk kopi adalah eksfoliator mekanik alami, yang dapat digunakan untuk mengangkat kulit mati, agar lapisan kulit sehat di bawahnya terlihat. Itulah sebabnya bubuk kopi bisa dijadikan sebagai scrub alami yang baik untuk kulit. Menariknya lagi, pengelupasan kulit mati dengan scrub kopi bisa memperlancar aliran darah dan membuat kulit tampak lebih kencang dan cerah.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Selulit yang Mengganggu Penampilan

Manfaat Lain Scrub Kopi Selain Menyamarkan Selulit 

Selain menyamarkan selulit, scrub kopi juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa di antaranya:

1.Mengangkat Sel Kulit Mati

Seperti disebutkan tadi, scrub kopi bisa digunakan sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, kandungan kafein dalam scrub kopi memiliki sifat antioksidan, sehingga bisa melindungi kulit dari kerusakan, akibat sinar matahari, dan memperlancar aliran darah.

2.Merawat Kulit Kepala

Penumpukan sel-sel kulit mati juga bisa terjadi pada kulit kepala. Cara agar tidak menimbulkan masalah kesehatan, kamu bisa merawat kulit kepala dengan menggunakan scrub kopi. 

3.Menghilangkan Mata Panda

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata sering kali mengganggu penampilan. Untuk menghilangkannya, kamu juga bisa menggunakan scrub kopi. Lagi-lagi, manfaat ini didapat dari kandungan kafein dalam scrub kopi, yang mengandung antioksidan alami.

Selain itu, kafein juga punya sifat antiperadangan, sehingga mampu meningkatkan sirkulasi darah ke bagian mata, dan menyamarkan lingkar hitam di bawahnya.

Baca Juga: Selulit Ganggu Penampilan, Ini 4 Bahan Alami untuk Menghilangkannya

Cara Buat Scrub Kopi untuk Menyamarkan Selulit

Untuk membuat scrub kopi yang bisa menyamarkan selulit dan mengatasi masalah kulit lainnya, mudah saja kok. Berikut ini bahan-bahan dan cara membuatnya:

  • 1 cangkir bubuk kopi yang digiling kasar.
  • ½ cangkir gula palem atau garam laut.
  • 1 cangkir minyak. Bisa minyak zaitun, minyak grapeseed, minyak canola, atau minyak kelapa.

Campurkan semua bahan kering ke dalam mangkuk, lalu tambahkan minyak. Jika menggunakan minyak kelapa, sebaiknya cairkan minyak di dalam microwave terlebih dahulu selama 20-30 detik. Kemudian, aduk rata semua bahan hingga menjadi adonan kasar.

Dengan menggunakan tangan atau sikat mandi, gosokkan scrub kopi ke area kulit yang terdapat selulit, atau area kulit lain yang ingin diberi perawatan. Pijat perlahan dengan gerakan melingkar. Lalu, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin, setidaknya dua kali seminggu. 

Sedikit tips, gunakan bubuk kopi segar, bukan ampas ataupun kopi instan. Agar hasil lebih maksimal, pilihlah jenis kopi robusta, yang memiliki kandungan kafein dua kali lebih banyak, dibandingkan jenis kopi arabika. 

Jika setelah rutin menggunakan scrub kopi dan selulit tak kunjung hilang, sebaiknya download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter, kapan dan di mana saja. Bisa jadi, dibutuhkan perawatan atau penanganan medis untuk mengatasi masalah selulit. Jadi, bicarakanlah dengan dokter untuk mendapat solusi terbaik, ya!

Referensi:
Huffington Post. Diakses pada 2020. 3 Reasons To Make Coffee Part Of Your Skincare Routine.
Livestrong. Diakses pada 2020. What Are the Benefits of Coffee Scrub?
Healthline. Diakses pada 2020. 16 Creative Ways to Use Old Coffee Grounds.