28 June 2018

4 Cara Menghilangkan Selulit yang Mengganggu Penampilan

cara menghilangkan selulit, selulit yang mengganggu penampilan, penyebab selulit, mengurangi selulit, makanan yang menimbulkan selulit, olahraga menghilangkan selulit

Halodoc, Jakarta – Selulit merupakan jaringan lemak yang membentuk garis-garis putih kebiruan dan timbul di kulit. Biasanya selulit muncul di paha, bokong, atau betis yang sangat mengganggu penampilan, terutama buat kamu yang senang mengenakan mini dress. Walaupun tidak bisa dihilangkan secara 100 persen, tapi ada beberapa cara menghilangkan selulit atau pun mengurangi penampakannya yang bisa kamu aplikasikan.

  1. Olahraga

Aktivitas olahraga ialah salah satu cara menghilangkan selulit yang paling natural dengan cara yang sehat lagi. Namun, tidak semua jenis olahraga bisa menghilangkan selulit dengan maksimal. Beberapa olahraga yang bisa mengurangi dan mencegah selulit adalah berenang, dikarenakan persentuhan air dengan kulit dapat memberikan efek relaksasi dan memberikan pijatan secara tak langsung. Baca juga: Inilah 6 Manfaat Melatih Otot Kaki

Bahkan, menendang-nendang di dalam air saja bisa menghilangkan selulit di paha, lho! Selain berenang, olahraga yang bisa diaplikasikan untuk menghilangkan selulit adalah kardio, seperti lari dan bersepeda. Pasalnya, aktivitas kardio akan membantu membakar jaringan lemak yang menumpuk menjadi selulit di paha dan betismu. Selain itu, latihan stretching yang biasa dilakukan saat yoga juga menjadi pilihan olahraga lain untuk menghilangkan selulit.

  1. Mengurangi Konsumsi Lemak

Tidak lain dan tidak bukan cara menghilangkan selulit adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak, terutama fast food dan kulit ayam. Memang, makanan fast food serta kulit-kulitan sangat menggoda. Namun wajib diingat, kalau makanan ini dapat menciptakan selulit.

Memang tidak selamanya selulit bisa dihindari, karena seiring pertambahan usia ketika tubuh kekurangan keelastisannya, selulit bisa saja muncul. Namun, dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak dan memperbanyak makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan, sejatinya dapat mengurangi kemunculan selulit.

  1. Pemijatan dengan Minyak Zaitun

Sebenarnya, kamu tidak perlu krim mahal untuk menghilangkan selulit. Mengaplikasikan minyak zaitun setiap malam ke seluruh tubuh terutama bagian kulit dengan selulit. Lakukan pemijatan dengan lembut dari bawah ke atas, sembari diberi penekanan untuk memecah jaringan lemaknya. Waktu yang paling efektif untuk melakukan pemijatan adalah pada malam hari. Soalnya malam hari adalah masa ketika kulit melakukan regenerasi sekaligus waktu beristirahat, sehingga penyerapan manfaat dan khasiat dari minyak zaitun bisa lebih maksimal. Baca juga: Olahraga Ternyata Bisa Mempercantik Kulit, Kok Bisa?

  1. Melakukan Scrubbing

Cara lain yang cukup efektif untuk menghilangkan selulit adalah melakukan scrubbing ke kulit, terutama yang memiliki selulit. Kamu bisa melakukan scrubbing dari bahan natural seperti ampas kopi yang dicampur madu atau pun paduan lidah buaya dengan garam. Scrubbing dapat dilakukan saat mandi, sehingga tidak mengganggu aktivitas yang lain.

Lakukan gerakan memutar untuk memberikan sensasi relaksasi sekaligus pengangkatan kulit mati lebih maksimal. Diamkan selama 3-5 menit untuk hasil yang lebih sempurna sekaligus memberikan waktu supaya khasiat dari bahan-bahan tersebut menyerap sempurna. Supaya kamu lebih menikmati lagi, bisa sambil memasang lilin dengan aromaterapi atau pun juga mendengarkan musik favorit. Kombinasi aktivitas ini dapat menciptakan sensasi relaksasi untuk kulit. Karena kulit yang stres juga mengurangi daya tahan dan elastisitasnya. Baca juga: Ajari Anak Kebisaan Kecil Ini agar Lebih Sehat

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai perawatan kulit yang tepat, termasuk cara menghilangkan selulit serta nutrisi apa yang dianjurkan supaya kulit sehat dan berseri, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.