• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Efektif Bedak untuk Menghilangkan Bau Kaki?

Seberapa Efektif Bedak untuk Menghilangkan Bau Kaki?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Bau kaki yang dialami dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang atau bahkan menyebabkan gangguan saat beraktivitas sehari-hari. Bau kaki, yang disebut juga bromodosis, terjadi ketika kaki memproduksi keringat secara berlebihan dan menyebabkan bakteri atau jamur berkembang pada bagian kaki. Bakteri ini yang menyebabkan aroma yang tidak sedap pada area kaki.

Baca juga: Bikin Ganggu, Cari Tahu 4 Penyebab Bau Kaki

Namun, umumnya menjaga kebersihan kaki menjadi cara yang cukup efektif untuk mencegah bau kaki. Selain menjaga kebersihan kaki, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau kaki, salah satunya menggunakan bedak. Apakah penggunaan bedak cukup efektif untuk mengatasi bau kaki? Ini ulasannya.

Bedak dan Bau Kaki

Cara untuk mengatasi bau kaki yang dialami dengan mengetahui penyebabnya. Umumnya, bau kaki dipicu oleh keringat yang berlebih pada area kaki sehingga kaki menjadi lembap. Kondisi ini yang menyebabkan bakteri atau jamur berkembang pada area kaki yang menimbulkan aroma kurang sedap dari kaki. 

Kurang menjaga kebersihan kaki atau alas kaki yang digunakan juga menjadi faktor pemicu mengapa seseorang mengalami bau kaki. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk terjadinya bau kaki tidak sedap, seperti rutin mengganti kaos kaki yang digunakan dan penggunaan sepatu yang nyaman saat beraktivitas.

Hindari menggunakan sepatu yang terlalu kecil atau terlalu besar saat berkegiatan. Sebaiknya segera cuci sepatu agar kebersihan selalu terjaga. Jangan lupa untuk sesekali menjemur sepatu untuk menjaga kelembapannya agar tidak menyebabkan bau kaki.

Baca juga: Ini Cara Cepat Hilangkan Bau Kaki?

Bau kaki yang dialami dapat menurunkan rasa percaya diri. Selain menjaga kebersihan kaki maupun alas kaki, kamu juga dapat gunakan bedak untuk mengurangi atau mencegah bau kaki. Melansir National Health Service UK, gunakan bedak yang khusus untuk merawat dan menjaga kebersihan kaki. Bedak khusus kaki berguna untuk menghindari kaki menjadi lembap atau berkeringat berlebihan. Dengan begitu, bakteri maupun jamur penyebab bau kaki tidak akan berkembang dan muncul.

Sebaiknya gunakan bedak khusus untuk kaki sebelum kamu berkegiatan. Setelah memastikan kaki bersih dan kering, sebaiknya taburkan bedak khusus kaki untuk menjaga area kaki tetap kering. Jangan lupa untuk segera bersihkan kaki setelah selesai melakukan aktivitas agar bau kaki dapat dihindari.

Cara Lain Atasi Bau Kaki

Aasih ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau kaki. Menjaga kebersihan kaki menjadi salah satu faktor yang cukup penting. Cuci kaki setiap hari dengan benar hingga ke sela-sela jari, kemudian keringkan agar kaki tidak lembap. Jangan lupa untuk rutin memotong kuku kaki agar bagian kuku kaki tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Selain menjaga kebersihan kaki, tidak ada salahnya mencoba untuk merendam kaki dengan campuran air garam dan cuka agar bau kaki yang kamu alami dapat berkurang atau hilang. Rendamlah kaki selama 10-20 menit setiap harinya. Jangan lupa bilas dan bersihkan kaki dengan air hangat yang bersih setelahnya. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

Itulah cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau kaki. Jika beberapa cara tersebut tetap tidak menghilangkan bau kaki dan menyebabkan gejala lain pada kulit maupun kuku, sebaiknya segera ke rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan terhadap bau kaki yang dialami. Sebelum pergi ke rumah sakit, kamu bisa membuat janji dengan dokter pilihan melalui aplikasi Halodoc. Pemeriksaan lebih dini dapat membuat penanganan yang dilakukan lebih mudah.

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2020. How To Stop Smelly Feet
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Smelly Feet (Bromodosis)