• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Air, 6 Buah Ini Juga Bisa Menghidrasi Tubuh

Selain Air, 6 Buah Ini Juga Bisa Menghidrasi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Sebaiknya hindari kondisi dehidrasi. Kondisi ini dapat terjadi ketika tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan daripada yang didapatkan. Hal ini dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada tubuh. Mulai dari haus terus-menerus, pusing, kelelahan, hingga perubahan urine yang menjadi lebih gelap.

Baca juga: Ternyata, Apel Mampu Mencegah Dehidrasi

Bahkan, kondisi dehidrasi yang tidak diatasi dengan baik dapat memicu berbagai gangguan kesehatan serius. Seperti gangguan ginjal, kejang, hingga heat stroke. Untuk itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air setiap harinya. Tidak hanya air putih, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan air dengan mengonsumsi beberapa buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi.

Berikut ini adalah buah yang bisa menghidrasi tubuh:

1.Semangka

Buah semangka memiliki kandungan air sebanyak 92 persen. Karena itu, buah ini sangat dikenal sebagai buah yang baik untuk mencegah dehidrasi. Tidak hanya kandungan air, semangka juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Buah semangka memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, serat, vitamin A, dan juga magnesium. Kandungan airnya yang cukup tinggi juga membuat semangka menjadi buah yang rendah kalori. Jadi, semangka juga sangat cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

2.Jeruk

Selain terkenal memiliki kandungan vitamin C, buah jeruk juga menjadi salah satu buah dengan kandungan air yang cukup tinggi. Buah jeruk mengandung sekitar 88 persen air di dalamnya. Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan potasium dan antioksidan yang bisa membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Nah, untuk mendapatkan manfaat secara optimal, sebaiknya konsumsi buah jeruk secara langsung. Dengan begitu, kamu dapat menerima kandungan nutrisi yang terdapat dalam jeruk.

Baca juga: 8 Sayuran Sehat Bantu Atasi Dehidrasi Saat Puasa

3.Stroberi

Meskipun kecil, nyatanya buah stroberi memiliki kandungan air sebanyak 91 persen. Dengan begitu, mengonsumsi buah stroberi bisa membantu tubuh terhidrasi dengan baik. 

Selain kandungan air, stroberi juga mengandung serat, antioksidan, hingga folat. Melansir dari Healthline, rutin mengonsumsi stroberi dapat menurunkan risiko gangguan jantung, diabetes, alzheimer, hingga menurunkan risiko kanker.

4.Nanas

Bukan hanya dapat memberikan rasa manis secara alami, buah nanas juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Dengan begitu, buah ini mampu menghidrasi tubuh dengan baik. Buah nanas memiliki kandungan air sebanyak 87 persen. 

Nanas juga memiliki kandungan enzim yang dikenal sebagai bromelain. Kandungan ini dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan pencernaan, loh. Jadi, tidak ada salahnya menjadikan buah nanas sebagai buah untuk camilan pada siang hari.

5.Peach

Buah peach atau persik menjadi salah satu buah yang terkenal akan kandungan airnya. Dalam buah ini, terdapat 89 persen kandungan air. Dengan begitu, mengonsumsi buah peach bisa menghindari kamu dari kondisi dehidrasi. 

Selain itu, kandungan antioksidan pada buah peach dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas. Dalam satu buah peach juga mengandung 60 kalori yang artinya rendah kalori. Nah, jika kamu berencana untuk menurunkan berat badan, tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi buah peach.

6.Tomat

Tahukah kamu bahwa satu buah tomat mengandung air sebanyak 94 persen? Selain air, tomat juga memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Mulai dari vitamin C, A, serat, dan kandungan antioksidan yang dikenal dengan likopen. Likopen dinilai bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan juga kanker prostat.

Baca juga: Cara Mudah untuk Mencegah Dehidrasi

Itulah beberapa buah dengan kandungan air yang cukup tinggi. Kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai cara memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya dengan baik. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. The 10 Top Hydrating Fruits.
Healthline. Diakses pada 2021. 19 Water Rich Foods That Help You Stay Hydrated.