Mata Kering saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Mata Kering saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

Halodoc, Jakarta – Mata kering bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi ini umumnya terjadi saat mata tidak mendapat pelumas yang memadai dari air mata. Kebanyakan kondisi ini terjadi pada pagi hari saat bangun tidur. Lantas, apa sebenarnya penyebab mata kering pada pagi hari saat bangun tidur?

Kondisi ini menyebabkan mata tidak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata. Alhasil, muncul rasa nyeri dan tidak nyaman pada bagian tersebut. Dalam keadaan normal, kedipan mata akan menghasilkan air mata yang kemudian dialirkan ke kornea.

Hal itu bertujuan untuk memberi nutrisi pada sel kornea mata, dan melindungi bagian tersebut. Mata kering juga sering disebut dengan istilah keratoconjunctivitis sicca. Kabar buruknya, kondisi ini ternyata paling sering dialami wanita dibanding pria.

Selain rasa kering dan tidak nyaman, kondisi ini juga sering ditandai dengan gejala yang khas berupa mata merah dan terasa panas, penglihatan buram, mata sensitif terhadap sinar matahari, serta terdapat lendir di dalam atau sekitar mata. Kondisi ini juga sering ditandai dengan mata yang mudah lelah, gangguan penglihatan, hingga sulit membuka mata ketika bangun tidur karena kelopak mata bagian atas dan bawah saling menempel.

Baca juga: 6 Cara Alami Atasi Sindrom Mata Kering

Kondisi ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Mata kering bisa menyebabkan peradangan pada permukaan mata, sehingga menimbulkan jaringan parut pada kornea atau menyebabkan infeksi bakteri. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mata kering menyerang, yakni:

  • Gangguan Produksi Air Mata

Salah satu penyebab mata kering adalah produksi air mata berkurang dari jumlah normal. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal ini, mulai dari faktor genetik, usia, mengidap penyakit tertentu, kerusakan kelenjar air mata, pernah menjalani operasi laser mata, serta efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu.

  • Perubahan Hormon

Mata kering juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon, terutama hormon yang merangsang produksi air mata. Pada wanita, perubahan hormon yang bisa meningkatkan risiko mata kering terjadi saat kehamilan, menopause, ataupun karena penggunaan pil KB.

Baca juga: Mata Kering Bisa Sebabkan Mata Minus, Benarkah?

  • Komposisi Air Mata

Komposisi air mata ternyata sangat berpengaruh pada kondisi organ ini. Komposisi air mata yang tidak seimbang bisa menyebabkan mata kering. Pada dasarnya, air mata terdiri dari 3 komposisi, yaitu air, minyak, serta lendir. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan komposisi ini berubah, misalnya terjadi sumbatan pada kelenjar minyak, dan hal itu bisa berujung pada mata kering.

  • Aktivitas Harian

Faktor lingkungan dan aktivitas harian juga memiliki peran dalam menyebabkan mata kering. Meski bukan penyebab utama, hal ini ternyata bisa memperparah kondisi mata kering. Gejala mata kering bisa memburuk pada kondisi tertentu, misalnya terlalu lama menatap layar komputer, berada di lingkungan yang memiliki udara kering, ataupun membaca buku di ruangan yang kurang pencahayaan.

  • Penggunaan Kosmetik

Penggunaan kosmetik atau aksesoris pada mata nyatanya bisa menyebabkan gangguan pada indera penglihatan tersebut, sehingga mengakibatkan mata kering. Salah satu penyebab mata kering yang paling sering adalah penggunaan lensa kontak yang kurang tepat.

Baca juga: Mata Mudah Merah dan Keluarkan Kotoran, Waspada Tanda Mata Kering

Jika gejala mata kering tidak kunjung membaik dan malah bertambah buruk, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Kamu bisa memilih dokter dan rumah sakit yang sesuai di aplikasi Halodoc. Membuat janji temu dengan dokter pun tidak lagi sulit dan merepotkan. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!