Suka Makanan Asin, Ini Tanda Tubuh Kelebihan Garam

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
suka-makanan-asin-ini-tanda-tubuh-kelebihan-garam-halodoc

Halodoc, Jakarta – Siapa di sini yang gemar mengonsumsi makanan asin? Kebanyakan orang memang lebih suka mengonsumsi makanan asin dibanding makanan dengan rasa lainnya. Mulai dari camilan hingga makanan berat, rata-rata orang akan memilih yang asin. 

Belum lagi dengan mengonsumsi makanan olahan yang memiliki kadar garam atau sodium yang tinggi, seperti junk food yang menjadi kegemaran banyak orang. Padahal, mengonsumsi garam berlebihan bisa memberi dampak buruk bagi kondisi kesehatan kamu, lho. Sayangnya, kebanyakan orang kadang-kadang tidak menyadari bahwa tubuh sudah kelebihan mengonsumsi garam. Karena itu, simak tanda-tanda tubuh sudah kelebihan garam di sini.

Baca juga: Nagihnya Kulit Ayam Goreng, Keseringan Bisa Bahaya

Garam yang mengandung sodium memang diperlukan untuk kesehatan tubuh manusia. Mineral yang terkandung dalam garam bermanfaat untuk membantu mengatur cairan tubuh, mempertahankan transmisi saraf, dan kontraksi otot. Kesukaan banyak orang terhadap makanan asin juga sangat wajar. Hal ini karena menurut sebuah penelitian, otak merespon sodium yang masuk ke dalam tubuh serupa dengan zat nikotin, sehingga bisa menimbulkan efek kecanduan. Karena itu, kamu sebaiknya segera kurangi konsumsi garam bila mengalami tanda-tanda berikut:

1. Terus-Menerus Merasa Haus

Mengonsumsi makanan yang tinggi sodium, seperti keripik, pizza, atau saus spaghetti memang bisa membuat kamu lebih mudah haus. Hal ini karena sodium bisa mengganggu keseimbangan cairan tubuh, sehingga kamu perlu banyak minum. Jadi, bila kamu merasa gampang haus, bisa jadi itu tandanya tubuh kamu sudah kelebihan garam.

2. Mulut Menjadi Kering

Perlu diketahui, konsumsi garam yang berlebihan bisa membuat tubuh menjadi kebingungan dalam membedakan mana cairan garam dan mana cairan dari air mineral. Akibatnya, akan terjadi ketidakseimbangan hormonal, khususnya pada cairan di dalam tubuh yang mengakibatkan tubuh menjadi kering. Salah satu bagian tubuh yang akan menjadi kering ketika terlalu banyak mengonsumsi garam adalah bibir.

3. Susah Berkonsentrasi

Terlalu banyak asupan garam ternyata juga bisa memengaruhi fungsi otak. Menurut sebuah penelitian di Kanada pada tahun 2011 terhadap orang-orang dewasa yang jarang bergerak (sedentary adults), mereka yang sering mengonsumsi makanan dengan kadar sodium yang tinggi memiliki risiko lebih tinggi mengalami penurunan kognitif dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan bersodium rendah. 

Baca juga: Ini Efek Terlalu Banyak Garam Bagi Otak

4. Tekanan Darah Meningkat

Sudah banyak orang yang tahu bahwa salah satu penyebab tekanan darah tinggi adalah karena konsumsi garam yang berlebihan. Garam bisa memengaruhi tekanan darah, karena semakin tinggi kadar natrium dalam darah, semakin tinggi volume darah kamu. Kenaikan volume darah inilah yang bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah. Selain itu, konsumsi natrium dalam jangka panjang juga bisa merusak dinding pembuluh darah, sehingga menyebabkan risiko terjadinya hipertensi meningkat.

5. Bagian Tubuh Tertentu Membengkak

Edema atau pembengkakan pada anggota tubuh yang terjadi karena adanya penumpukan cairan di dalam jaringan, yang bisa disebabkan oleh konsumsi garam atau sodium yang berlebih. Edema bisa menjadi gejala sebuah penyakit, tetapi juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh kelebihan garam.

6. Makanan Terasa Hambar

Apakah belakangan ini kamu merasa semua makanan terasa hambar, hingga kamu sering menambahkan garam ke dalam makanan kamu? Hati-hati, itu bisa menjadi tanda tubuh kelebihan garam. Kebiasaan mengonsumsi garam dalam jumlah yang banyak, lama-kelamaan akan mengubah tingkat toleransi lidah kamu terhadap rasa asin menjadi lebih tinggi. Hal ini akan membuat kamu cenderung ingin mengonsumsi makanan yang lebih asin lagi. 

Baca juga: 6 Bahaya Sering Mengonsumsi Makanan Asin

Itulah tanda-tanda tubuh kelebihan garam yang perlu kamu waspadai. Bila kamu sakit dan butuh saran dokter, gunakan saja aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa membicarakan masalah kesehatanmu kepada dokter terpercaya kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:

NDTV (Diakses pada 2019). 6 Signs That You Are Consuming Too Much Salt

Self (Diakses pada 2019). 4 Signs You’re Eating Too Much Salt