Susu Murni Perparah Maag, Apa Benar?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Susu Murni Perparah Maag, Apa Benar?

Halodoc, Jakarta - Susu merupakan salah satu minuman yang banyak mengandung nutrisi baik bagi tubuh. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa meminumnya untuk mencukupi kebutuhan kalsium dan zat lainnya. Salah satu jenis susu yang bernutrisi tinggi adalah susu murni.

Selain sehat, susu murni juga enak untuk dikonsumsi. Walau begitu, banyak orang yang masih bingung apakah seseorang yang mengidap maag boleh mengonsumsi susu murni. Ternyata, maag bertambah parah jika seseorang mengonsumsi susu murni. Mengapa demikian? Simak ulasan lengkapnya berikut!

Baca juga: 5 Minuman untuk Mengurangi Gejala Asam Lambung

Konsumsi Susu Murni Dapat Sebabkan Maag Bertambah Parah

Susu murni mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh, seperti kalori, kalsium, dan lain-lain. Namun, disebutkan bahwa mengonsumsi susu dapat menyebabkan maag bertambah parah. Karenanya, gangguan tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pada lambung, asam yang diproduksi berfungsi untuk memproses makanan yang masuk dan membunuh bakteri merugikan yang berada di dalamnya. Seseorang yang mengidap penyakit maag akan mengalami kandungan asam di lambungnya terlalu banyak. Akibatnya, rasa nyeri pada ulu hati pun akan timbul.

Sebelumnya, orang yang mengidap penyakit maag akan direkomendasikan untuk mengonsumsi banyak susu. Pasalnya, susu dianggap dapat membuat perut lebih tenang dan menyembuhkan iritasi. Namun, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, susu akan merangsang perut untuk menghasilkan asam klorida dan membuat luka pada lambung semakin parah.

Diketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi susu dapat menyebabkan maag terjadi pada seseorang. Meski begitu, mengonsumsi produk susu fermentasi tidak dapat menyebabkan maag. Selain itu, peningkatan gangguan lambung tersebut juga dapat disebabkan oleh asupan lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan asam linoleat yang tinggi. Kontrasnya, asupan susu fermentasi yang tinggi dapat menurunkan risiko tukak lambung.

Salah satu produk susu fermentasi yang dapat kamu konsumsi adalah yoghurt. Kandungan asam yang terkandung di dalamnya tidak merangsang lambung untuk memproduksi asam berlebih, sehingga iritasi dapat dicegah. Yoghurt juga dapat mengobati penyakit maag, karena asam laktat di dalamnya dapat menyembuhkan luka pada dinding lambung.

Kamu mungkin masih bingung kenapa susu murni dapat menyebabkan maag bertambah parah. Tidak perlu khawatir, dokter dari Halodoc bisa menjawab kebingungan tersebut. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu untuk menjawab semua hal yang masih mengganjal di pikiran kamu mengenai masalah kesehatan.

Baca juga: Aturan Berpuasa Sehat Bagi Pengidap Maag

Apakah yang Menyebabkannya?

Susu murni disebut-sebut dapat memperparah gangguan lambung tersebut, meski banyak orang yang masih percaya bahwa susu murni dapat mengatasi maag. Memang susu murni mengandung lemak yang rendah hingga tidak mengandung lemak sama sekali. Walau begitu, peningkatan produksi zat asam tetap terjadi dan malahan meningkat.

Lalu, apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Disebutkan bahwa susu murni kaya akan kandungan kalsium yang menyebabkan asam lebih banyak diproduksi. Ternyata, kalsium dapat memicu maag menjadi lebih parah. Seseorang dengan ulkus duodenum pun jika minum susu murni tetap dapat menghasilkan asam berlebih.

Kandungan lainnya yang dapat menyebabkan maag bertambah parah adalah susu yang mengandung protein kasein. Disebutkan bahwa kandungan tersebut dapat merangsang pelepasan hormon gastrin. Hormon tersebut dapat mengontrol produksi asam lambung dan merangsang langsung sel-sel di lapisan perut untuk melepaskan asam.

Baca juga: 7 Makanan yang Bikin Asam Lambung Naik Saat Puasa

Itulah pembahasan mengenai susu murni yang dapat meningkatkan asam pada lambung, sehingga maag yang kamu idap bisa menjadi semakin parah. Sangat disarankan untuk seseorang yang mengidap gangguan lambung tersebut untuk mengurangi konsumsi susu murni dan beralih ke susu fermentasi, seperti yoghurt.

Referensi:
BBC.Diakses pada 2019.Does Milk Settle an Upset Stomach?
Very Well Health.Diakses pada 2019.Is Milk Good for an Ulcer?