5 Minuman untuk Mengurangi Gejala Asam Lambung

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Minuman untuk Mengurangi Gejala Asam Lambung

Halodoc, Jakarta - Penyakit asam lambung biasanya terjadi saat seseorang sedang menjalankan ibadah puasa. Namun, mereka yang kurang menjaga asupan makanan  dengan benar juga berpotensi mengalami gangguan pencernaan ini. Cara untuk kurangi asam lambung sebenarnya tidak sulit yaitu dengan menjaga asupan makanan dan minuman akan terbebas dari masalah ini. Untungnya, terdapat beberapa jenis minuman sehat yang dapat membantu kurangi asam lambung sehingga cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Ini beberapa minuman sehat yang membantu kurangi produksi asam lambung:

  • Susu Rendah Lemak atau Susu Skim

Biasanya pengidap asam lambung tidak dianjurkan minum susu sapi karena susu sapi mengandung lemak yang tinggi sehingga sulit dicerna. Selain itu, kandungan lemak dalam susu sapi juga dapat melunakkan katup atau sfingter esofagus dan membuka jalan bagi asam lambung untuk naik ke kerongkongan. Jika kamu tetap ingin minum susu sebagai asupan sehat harian, pilih susu rendah lemak atau susu skim supaya lebih mudah dicerna. Dengan begitu, katup kerongkongan akan tetap aman saat menahan asam lambung naik.

Baca Juga: Asam Lambung Naik Saat Puasa? Begini Cara Mencegahnya

  • Teh Herbal

Minuman sehat juga cocok untuk kurangi asam lambung adalah teh herbal. Minuman sehat satu ini membantu memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mual. Namun, sayangnya tidak semua jenis teh herbal boleh dikonsumsi. Kamu wajib menghindari teh herbal yang mengandung kafein karena kafein adalah penyebab naiknya asam lambung. Pilih teh herbal yang bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice.

Kedua jenis teh ini meningkatkan lapisan lendir di esofagus sehingga kamu akan terlindungi dari iritasi akibat asam lambung. Sementara itu, jenis teh herbal yang wajib dihindari adalah teh peppermint, karena peppermint memicu refluks asam lambung bagi beberapa orang yang sistem pencernaannya cenderung sensitif. Konsumsi minuman sehat ini setidaknya dua kali sehari sambil menemani waktumu bersantai.

  • Jus Buah

Buah-buahan dengan rasa asam seperti jeruk, nanas, atau apel adalah jenis buah yang sangat tidak dianjurkan untuk pengidap asam lambung. Buah tersebut dapat meningkatkan asam lambung. Jus buah yang dapat kamu konsumsi adalah buah bit, semangka, pisang, dan buah pir. Selain itu, kamu bisa mengkreasikan jus buah dengan sayuran seperti wortel, bayam, mentimun, atau lidah buaya.

Baca Juga: Lebih Bagus Mana Makan Buah Langsung atau Dijus

  • Jahe Hangat

Jahe mempunyai efek gastroprotektif yang menghambat asam dan menekan bakteri helicobacter pylori. Selain itu, jahe juga merangsang produksi air liur dan membersihkan asam yang berada di kerongkongan. Kandungan fenol di dalam jahe berperan sebagai antioksidan, serta antiinflamasi yang membantu mengurangi dan menetralisir kadar asam lambung. Cara untuk membuat minuman sehat ini, kamu dapat mencampurkan parutan jahe ke dalam air hangat dan tambahkan madu. Apabila kamu mengonsumsi jahe hangat secara rutin, maka rasa mual akibat penyakit asam lambung tidak akan kamu rasakan lagi.

  • Air Kelapa

Cara selanjutnya untuk kurangi asam lambung adalah dengan minum air kelapa segar. Selain dikenal sebagai isoton alami, air kelapa berkhasiat mengatasi ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh naiknya kadar asam lambung. Air kelapa mengandung kalium yang bermanfaat untuk membuat tingkat asam dalam tubuh menjadi basa sehingga dapat menetralisir asam lambung yang berlebihan. Konsumsi segelas air kelapa tanpa gula setelah makan dapat membantumu terhindar dari penyakit asam lambung selama beraktivitas.

Baca Juga: Ini 6 Efek Samping Air Kelapa Bagi Kesehatan

Jika kamu mengalami gejala asam lambung naik, kamu berbicara pada dokter lewat Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak tips-tips kesehatan dengan aplikasi Halodoc. Kamu bisa memanfaatkan fitur Tanya Dokter via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!