Tak Hanya untuk Mata, Ini 3 Manfaat Wortel untuk Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Tak Hanya untuk Mata, Ini 3 Manfaat Wortel untuk Kulit

Halodoc, Jakarta - Kamu pasti sering mendengar manfaat wortel untuk kesehatan, terutama untuk mata. Wortel adalah salah satu jenis sayuran rendah kalori yang mengandung vitamin dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Salah satu khasiat wortel yang paling terkenal adalah  kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A berkontribusi terhadap kesehatan mata yang baik, maka tidak heran wortel sering dikaitkan dengan kesehatan mata.

Baca Juga: Enggak Hanya Wortel, 9 Makanan Ini Baik untuk Mata

Selain menjaga kesehatan mata, wortel juga bermanfaat untuk kondisi kulit yang lebih sehat. Vitamin A pada wortel bekerja memperbaiki jaringan kulit dan melindungi terhadap sinar sengatan sinar matahari. Bukan cuma itu, wortel juga kaya beta-karoten dan mengandung mineral serta antioksidan. Nah, berikut manfaat wortel yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Wortel untuk Kesehatan Kulit

Tidak hanya untuk kesehatan mata, wortel juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulitmu, yaitu di antaranya adalah:

  1. Melembapkan Kulit

Kalau kamu punya kulit yang kering, sebaiknya mulai coba untuk mengonsumsi wortel secara rutin. Wortel mengandung kalium yang berfungsi memenuhi kebutuhan kalium ketika kamu rajin mengonsumsinya. Umumnya, kondisi kulit kering dapat disebabkan karena kekurangan kalium Ketika kebutuhan kalium dalam tubuh terpenuhi, dapat dipastikan kulit menjadi lebih lembap. 

Selain dapat dikonsumsi langsung, kamu bisa merendam wortel yang sudah dikupas ke dalam minyak kelapa murni di dalam botol kaca. Setelah direndam, jemur botol yang berisi wortel agar terkena matahari selama 2-3 hari. Setelah dijemur beberapa hari, kamu dapat menyaring minyak untuk dioleskan langsung ke kulit. Hasilnya, kulitmu jauh lebih lembap dari sebelumnya.

Kalau kamu memiliki masalah kulit kering, kamu bisa hubungi dokter Halodoc untuk mencari solusi lain untuk perawatannya. Melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call

Baca Juga: Enggak Hanya Baik untuk Mata, Ini 6 Manfaat Wortel

  1. Mencerahkan Kulit

Ternyata, wortel juga mengandung Vitamin C dan antioksidan yang berperan penting dalam mencerahkan kulit yang terlihat kusam. Antioksidan berfungsi mengembalikan warna kulit wajah agar tampak lebih cerah dan bersinar. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menjadikan wortel sebagai masker dengan cara diparut halus lalu campurkan dengan madu. 

Setelah dicampurkan, kamu bisa mengoleskannya di wajah atau di area-area lain yang tampak lebih gelap. Diamkan masker tersebut selama beberapa menit. Ketika masker terasa agak mengering, bilas dan keringkan.

  1. Mencegah Penuaan

Selain melembapkan dan mencerahkan kulit, kandungan vitamin A dan C dalam wortel yang bersifat antioksidan membantu menghambat proses penuaan. Antioksidan yang ada dalam wortel ternyata efektif melawan radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh. Mengonsumsinya langsung atau menggunakan wortel sebagai masker membantu mencegah kerutan pada wajah, serta menanggulangi warna kulit wajah yang tidak merata.

Baca Juga: Mengenal Metode Insisi untuk Kecantikan Wajah

Walaupun sayuran ini memiliki banyak manfaat, kamu tetap perlu perhatikan juga porsi makan. Terlalu banyak mengonsumsi wortel juga bisa berdampak buruk pada kesehatan. Terpenting adalah keseimbangan dalam mengonsumsi makanan sesuai nutrisi yang dibutuhkan tubuhmu, ya!

Referensi:
Healthline (Diakses pada 2019). 8 Benefits of Carrot Juice.
Taste of Home (Diakses pada 2019). 9 Health and Beauty Benefits of Carrots.