26 April 2018

Enggak Hanya Wortel, 9 Makanan Ini Baik untuk Mata

Enggak Hanya Wortel, 9 Makanan Ini Baik untuk Mata

Halodoc, Jakarta – Pernah dengar ungkapan “Mata adalah Jendela Dunia”? Rasanya ungkapan itu enggak berlebihan, sebab peran mata dalam kehidupan memang sangat penting. Boleh dibilang, menurunnya kemampuan mata juga akan menurunkan kualitas hidup seseorang. Oleh sebab itu, jangan abai untuk menjaga kesehatannya agar terhindar dari berbagai masalah. Caranya enggak sulit kok, kamu bisa menjaga kesehatan mata melalui asupan bergizi. Berikut makanan untuk menyehatkan mata yang bisa kamu coba.

  1.  Sayuran Hijau

Melansir Health, sayur enggak hanya kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan. Makanan ini kaya akan zat lutein dan zeaxanthin. Keduanya merupakan antioksidan yang baik untuk menjaga penglihatanmu. Menurut ahli, lutein dan zeaxanthin dapat menurunkan risiko seseorang terkena katarak dan degenerasi makula (bagian dari retina pada mata).

  1. Citrus dan Berries

Makanan untuk menyehatkan mata lainnya adalah  kelompok citrus. Contohnya jeruk, lemon, atau jeruk nipis yang banyak mengandung vitamin C. Begitu pula dengan buah berry. Nah, buah-buahan yang kaya akan vitamin C ini bisa meningkatkan kesehatan mata seseorang. Menariknya lagi, vitamin ini juga bisa meminimalkan risiko serangan katarak.  

  1.  Tiram

Selain terkenal sebagai makanan yang bisa meningkatkan girah seks, lokan atau kerang besar yang kulitnya agak datar ini juga baik untuk kesehatan mata. Kok bisa? Melansir Huffington Post, selidik punya selidik, tiram banyak mengandung zinc, zat yang amat diperlukan oleh mata. Jangan salah, bila tubuh kekurangan zat ini, risiko penyakit katarak dan kaburnya penglihatan bisa meningkat. Selain tiram, zinc juga banyak terdapat pada susu, kerang, kacang, biji-bijian, dan unggas.

  1. Almond

Segenggam (satu ons) almond mengandung setengah dosis harian vitamin C bagi tubuhmu. Selain vitamin C, menurut sebuah penelitian, almond banyak mengandung vitamin E yang bisa memperlambat degenerasi makula.

  1. Camu-camu

Meski namanya terdengar asing, tapi menurut ahli camu-camu merupakan buah yang mengandung vitamin C terbanyak dibandingkan dengan buah lain yang pernah ditemukan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, vitamin C punya peran penting dalam menurunkan risiko mengembangkan katarak dan memperlambat degenerasi makula.

  1. Telur

Yang satu ini merupakan makanan untuk menyehatkan mata yang mudah kamu dapatkan. Selain dari sayuran berdaun hijau, kamu juga bisa mendapat lutein dan zeaxanthin dari kuning telur. Menurut ahli dari  Dougherty Laser Vision di Los Angeles, AS, kuning telur juga bisa membantu  seseorang untuk mengurangi risiko degenerasi makula.

  1. Ikan Berlemak

Ikan yang kaya akan asam lemak DHA juga baik untuk kesehatan mata, terutama bagian retina. Ikan penghasil asam lemak ini antara lain, ikan salmon, ikan asin, dan ikan tuna. Melansir Health, menurut ahli dari Montefiore Medical Center, di New York City, AS, kekurangan DHA berkaitan dengan sindrom mata kering.

  1. Kacang-kacangan

Meskipun tidak terlalu banyak mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan, kacang-kacangan juga  baik untuk kesehatan mata. Mete, kacang tanah, dan almond merupakan kacang-kacangan yang mengandung asam lemak ini. Omega-3 sendiri mampu melindungi mata dan mencegah penyakit mata di usia senja.

  1. Alpukat

Buah yang satu ini kaya akan lutein, senyawa yang bisa mencerahkan penglihatan mata sekaligus menurunkan risiko katarak ketika usia menua. Menariknya, alpukat merupakan buah yang banyak mengandung lutein dibandingkan dengan buah lainnya.

(Baca juga: 5 Cara Atasi Mata Lelah Karena Astenopia)

Kamu bisa lo bertanya atau berdiskusi mengenai makanan yang menyehatkan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!