• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tampil Lebih Cantik, Ini 5 Cara Menebalkan Rambut dengan Mudah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tampil Lebih Cantik, Ini 5 Cara Menebalkan Rambut dengan Mudah

Tampil Lebih Cantik, Ini 5 Cara Menebalkan Rambut dengan Mudah

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Juni 2022

“Cara menebalkan rambut dengan mudah bisa dilakukan melalui beberapa cara. Seperti dengan konsumsi makanan sehat, rutin memotong rambut, menggunakan vitamin, dan produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut.”

Tampil Lebih Cantik, Ini 5 Cara Menebalkan Rambut dengan Mudah

Halodoc, Jakarta – Semua orang pada umumnya menginginkan rambut tebal. Selain terlihat bagus dan menunjang penampilan, rambut tebal menunjukkan tanda kalau kamu memiliki kulit kepala dan akar rambut yang sehat.

Terkadang orang-orang tertentu secara genetik memang memiliki rambut tebal. Namun, rambut tebal juga bisa diperoleh melalui perawatan. Yuk, simak selengkapnya cara menebalkan rambut dengan mudah di sini!

1. Rutin Memotong Rambut

Kamu tidak harus selalu memotongnya pendek. Dengan rutin memotong rambut, maka ini akan membantu pertumbuhan akar rambut menjadi lebih kuat. Sebab, ketika kamu memotong rambut, itu tidak hanya menghilangkan ujung rambut yang kering, melainkan juga mengurangi beban kulit kepala dan memberi jeda waktu untuk mengembalikan nutrisinya.

2. Menggunakan Sampo yang Sesuai

Disadari atau tidak, sampo yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit kepala dan rambutmu akan menghambat pertumbuhan dan membuatnya mudah rontok. Itulah sebabnya kamu sangat disarankan untuk menggunakan produk sampo yang mendukung kebutuhanmu. 

3. Lidah Buaya atau Minyak Kelapa

Ada banyak produk alami yang bisa membantu menebalkan rambut. Kamu bisa memilih mana yang paling sesuai, seperti lidah buaya atau minyak kelapa. Cara penggunaannya juga sederhana, gunakan 2-3 kali seminggu, tepatnya 2 hingga 3 jam sebelum keramas. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

4. Mengaplikasikan Vitamin

Mengaplikasikan vitamin ke kulit kepala dan akar rambut akan membantu menebalkan rambut lebih maksimal. Vitamin rambut dapat memberikan nutrisi sehingga menguatkan rambut serta memberikan perlindungan ke rambut. Kamu bisa memilih vitamin rambut yang mengandung vitamin A.  

Vitamin A bertanggung jawab untuk membantu semua sel di dalam tubuh untuk tumbuh. Termasuk juga sel-sel yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut.  

Selain itu, vitamin A juga memainkan peran penting dalam membantu kelenjar kulit memproduksi apa yang disebut sebum. Ini adalah zat berminyak yang membuat kulit kepala tetap lembap dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

5. Konsumsi Protein dan Makanan Sehat Lain

Vitamin dan mineral dari makanan memainkan peran penting dalam siklus pertumbuhan folikel rambut dan pergantian sel. Kekurangan vitamin B12 dan D, biotin, riboflavin, dan zat besi memberikan penyebab utama kerontokan rambut.

Makan makanan seimbang yang kaya akan vitamin dan mineral dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Kamu bisa mendapatkannya lewat telur, buah beri, bayam, ikan omega-3, alpukat, dan kacang.

Kalau kamu punya masalah kerontokan rambut yang parah, segera diskusikan dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Di Halodoc kamu juga bisa membeli suplemen dan vitamin rambut. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The 13 Best Foods for Hair Growth.
Newson6.com. Diakses pada 2022. Vitamins for Stronger Hair: 8 Big Benefits of Using Hair Vitamins.