Tanda Saatnya Ajak Orangtua Mengunjungi Geriatri

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Tanda Saatnya Ajak Orangtua Mengunjungi Geriatri

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar geriatri? Geriatri merupakan cabang kedokteran yang berfokus kesehatan lansia, pencegahan serta pengobatan penyakit-penyakit yang berisiko muncul di usia tua. Ahli-ahli geriatri biasanya berkeahlian dalam penyakit dalam dan telah memperoleh sertifikasi kedokteran geriatri.

Baca Juga: 4 Jenis Gangguan Tidur yang Rentan Dialami Lansia

Tim perawatan kesehatan geriatri juga dapat mencakup perawat, pekerja sosial, ahli gizi, ahli terapi fisik dan pekerjaan, apoteker, dan psikiater yang memiliki pelatihan atau pengalaman khusus dalam merawat lansia.

Kapan Saat yang Tepat Mengajak Orangtua Ke Geriatri?

Apabila orangtua mencapai usia 60 tahun atau mengalami cacat maupun penyakit yang berkaitan dengan kelompok usia ini, maka sudah saatnya mengajak orangtua ke geriatri. Meski sering merasa bahwa orangtua tidak memiliki masalah kesehatan, kita tetap perlu membawanya. Sebagian besar lansia perlu berjuang dengan kelemahan, inkontinensia, sering jatuh, masalah dengan ingatan, dan efek samping dari konsumsi obat.

Menurut  American Geriatrics Society (AGS), tanda bahwa lansia perlu dibawa geriatri apabila seseorang mengalami gangguan yang signifikan terkait usia. Kondisi ini sering terjadi pada orang tua yang mengidap banyak penyakit, cacat atau masalah mental. Tidak hanya itu, kondisi pengidap yang menyebabkan tim pengasuh, termasuk anggota keluarga dan teman-teman merasakan tekanan dan ketegangan yang signifikan juga perlu membawanya ke geriatrik.

Baca Juga: Kenali tentang Sindrom Geriatri yang Mengincar Lansia

Pendekatan Holistik dari Tim Perawatan Kesehatan Geriatri

Tim perawatan kesehatan geriatri tidak hanya merawat kondisi medis, tetapi juga mengambil pendekatan yang lebih holistik, seperti  mengevaluasi penyakit masa lalu selain kondisi kesehatan saat ini untuk merencanakan hidup yang sehat di masa senja. Apabila lansia mengidap kelemahan yang signifikan, mengalami masalah dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mandi, berpakaian, atau makan dan berurusan dengan penyakit lain yang berkaitan dengan usia tua, tim kesehatan bekerja sama untuk menentukan cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Dokter dan anggota tim perawatan kesehatan mengevaluasi kondisi kesehatan dan bekerja sama dengan keluarga, teman, dan pendukung lainnya untuk memastikan lansia mendapatkan perawatan terbaik.

Bagaimana Cara Menemukan Ahli Geriatri yang Tepat?

Sebelum memilih ahli geriatri, sebaiknya sortir menjadi dua atau tiga kemungkinan dan cari informasi sebanyak-banyak seputar pengalaman, jam terbang, pelatihan yang telah dijalani dan pendekatan tim medis terhadap kondisi penuaan. Kamu juga perlu memastikan bahwa dokter yang dituju memiliki kompetensi untuk geriatri, biasanya Sp.PD-KGer.

Saat kamu telah memutuskan ahli geriatri, atur janji temu awal kamu, keluarga, dan dokter agar saling mengenal dan pastikan kamu puas dengan pilihan yang sudah dipilih. Jika tidak, jadwalkan janji temu dengan dokter berikutnya dalam daftar. Penting bagi kamu dan keluarga untuk merasa nyaman berbicara dengan dokter, karena komunikasi yang baik penting untuk menjaga kesehatan seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Lansia Kerap Mengalami Gangguan Jiwa

Kalau kamu bingung mencari dokter geriatri, kamu bisa membuka aplikasi Halodoc untuk mengetahui berbagai dokter geriatri di lokasi terdekat. Lewat Halodoc kamu bisa mengetahui latar belakang pendidikan serta klinik atau rumah sakit tempat mereka bekerja. Jika sudah memutuskan, kamu juga bisa pesan janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc juga, lho! Mudah sekali, bukan?

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2019. The Benefits of Going to a Geriatric Specialist.
Kementerian Kesehatan. Diakses pada 2019. Situasi dan analilis lanjut usia.