Telat Bangun Sahur, Ini Tips Puasa Agar Tetap Sehat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
 telat bangun sahur

Halodoc, Jakarta - Meski kamu sudah berniat untuk semangat menjalani puasa sebulan full, terkadang ada saja kelalaian yang terjadi. Seperti lupa memasang alarm dan tertidur, sehingga kamu tidak melaksanakan sahur. Namun kamu bukan anak kecil yang tidak puasa jika lupa sahur. Puasa sebagai orang dewasa tetap wajib dilaksanakan.

Masalahnya, apabila kamu tidak makan sahur, ada kemungkinan tubuh akan lemas dan kurang bertenaga seharian, karena tidak mendapatkan sumber energi dari makanan atau minuman. Padahal, selama menjalankan ibadah puasa, kamu juga harus melakukan kegiatan seperti biasa. Kira-kira bagaimana cara yang dapat dilakukan supaya tetap kuat menjalani puasa meski lupa sahur, ya?

  1. Bangun Pagi, Cari Sinar Matahari

Cahaya terang, terutama sinar matahari ternyata berfungsi sebagai sinyal alami bagi tubuh supaya tetap terjaga. Hal ini karena tubuh bekerja mengikuti jam biologis (ritme sirkadian), dan diatur salah satunya oleh cahaya. Supaya kamu tetap bertenaga sepanjang hari, bukalah tirai jendela rumah, atau carilah celah matahari masuk. Jika cuaca sedang mendung nyalakan lampu yang cukup terang.

Baca juga: Bukan Karena Puasa, Ini Alasan Bau Mulut Makin Menjadi

  1. Mandi dengan Air Dingin

Mandi dengan air dingin nyatanya memiliki manfaat, yaitu membuat tubuh menjadi lebih segar dan tidak mudah lemas. Sebelum memulai aktivitas, kamu bisa mandi air dingin, supaya tubuh lebih segar saat berpuasa walau tidak makan sahur sebelumnya. Apabila suhu udara di kawasan tempat kamu tinggal cukup panas, kamu dapat kembali mandi air dingin pada siang atau sore hari demi mencegah tubuh lemas.

  1. Tidur Siang

Apabila ada kesempatan, cobalah untuk tidur siang. Tidur siang bukan hanya dapat mengganti waktu tidur yang biasanya berkurang di bulan puasa, tidur siang juga akan membuat tubuh berada dalam mode ‘berhemat’, sehingga membuat kamu tidak menghabiskan energi terlalu banyak. Hal ini juga akan membantu tubuh menjadi tetap kuat berpuasa hingga waktu berbuka walaupun kamu tidak sahur.

Baca juga: Penyebab Bau Mulut yang Perlu Diketahui dan Cara Mengatasinya

  1. Hindari Melakukan Pekerjaan Berat

Kalau bisa, sebaiknya kamu menghindari pekerjaan berat yang menguras fisik dan dapat membuat kamu mengeluarkan banyak keringat untuk menghemat energi, apalagi mengingat kamu tidak mendapatkan sumber energi saat sahur. Namun, jika memang harus menyelesaikan tugas yang berat, kamu tentu harus melakukannya meski setelahnya kamu harus istirahat.

  1. Cari Kesibukan

Selain memperbanyak ibadah, kamu juga perlu mencari kesibukan lain supaya puasa tidak terasa hingga tiba waktu berbuka. Kamu bisa membaca, menulis, bermain game, menonton, atau melakukan aktivitas lainnya yang kamu sukai, supaya tubuh tetap terasa segar dan tidak mudah bosan saat berpuasa.

Baca juga: Tidak Merokok tetapi Bau Mulut, Kenapa?

Maka itu, sebaiknya jika kamu tidak bangun sahur, jangan pernah berpikiran untuk tidak berpuasa. Terutama mengingat manfaat berpuasa di bulan Ramadan. Tips di atas seharusnya tidak susah dilakukan. Namun, jika kamu mengalami masalah kesehatan selama berpuasa, sebaiknya komunikasikan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.