28 December 2018

Telinga Berdenging Bisa Jadi Tanda Infeksi Telinga Tengah

telinga berdenging bisa jadi tanda infeksi telinga tengah

Halodoc, Jakarta – Infeksi telinga tengah atau yang biasa disebut juga dengan istilah otitis media memang lebih sering dialami oleh bayi dan anak-anak. Namun, bukan berarti hal ini tidak bisa dialami oleh orang dewasa. Berbeda dari anak-anak, salah satu gejala yang biasa dialami orang dewasa adalah berupa telinga berdenging. Gejala ini tentunya akan membuat telinga kamu menjadi sakit dan tidak nyaman. Karena itu, ketahui tentang otitis media lebih lanjut agar kamu bisa mencegah penyakit ini terjadi.    

Apa Itu Otitis Media?

Otitis media adalah infeksi yang terjadi di telinga bagian tengah, yaitu ruang di belakang gendang telinga. Sebenarnya, penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja dan dari kalangan usia berapa saja. Namun, yang lebih sering mengalami otitis media adalah bayi berusia 6—15 bulan dan anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun. Kira-kira ada sekitar 25 persen anak di bawah usia 10 tahun yang mengalami otitis media.

Dibandingkan anak-anak, orang dewasa memang lebih jarang mengalami infeksi telinga karena memiliki bentuk dan ukuran tuba eustachius yang sudah lebih berkembang. Tuba eustachius adalah saluran yang berfungsi menyalurkan udara ke dalam telinga bagian tengah. Pada anak-anak, saluran ini lebih sempit dibandingkan orang dewasa. Itulah sebabnya anak-anak lebih rentan mengalami otitis media. Namun, bukan berarti orang dewasa terbebas sama sekali dari ancaman infeksi telinga. Orang dewasa yang berisiko tinggi mengalami infeksi telinga adalah para perokok aktif maupun perokok pasif, dan orang yang memiliki alergi.

Penyebab Otitis Media

Otitis media bisa terjadi karena adanya infeksi virus atau bakteri. Kondisi ini akan menyebabkan mukosa atau lendir di telinga tengah menumpuk, sehingga akhirnya mengganggu fungsi penyampaian suara ke telinga bagian dalam.

Gejala Otitis Media

Gejala otitis media pada anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak yang mengalami infeksi telinga ini biasanya akan sering menarik atau menggaruk telinganya, lebih rewel dari biasanya, tidak mau makan, demam, dan susah tidur di malam hari. Sedangkan gejala otitis media pada orang dewasa, seringkali ditandai dengan telinga berdenging. Gejala ini bisa terjadi karena peradangan dan penimbunan cairan di telinga bagian tengah menimbulkan tekanan di dalam telinga.

Selain telinga berdenging, orang dewasa yang mengalami otitis media juga sering merasakan rasa sakit pada telinganya dan berisiko kehilangan pendengaran. Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk segera menemui dokter bila merasakan gejala-gejala, seperti gejala otitis media. Semakin cepat infeksi telinga tengah ini terdeteksi dan diobati, semakin besar peluang kamu untuk sembuh dan terhindar dari komplikasi otitis media yang berbahaya.

Pengobatan Otitis Media

Otitis media sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa perlu penanganan dokter. Namun, penanganan medis dibutuhkan bila pengidap otitis media mengalami gejala-gejala berikut:

  • Sudah mengalami gejala otitis media selama lebih dari tiga hari.

  • Merasakan rasa sakit yang hebat pada telinga.

  • Telinga mengeluarkan cairan atau nanah.

  • Mengidap penyakit jantung bawaan. Hal ini karena penyakit jantung bawaan bisa meningkatkan risiko pengidap mengalami komplikasi otitis media.

Untuk meredakan rasa sakit dan demam yang dialami pengidap, dokter  biasanya akan memberikan parasetamol dan ibuprofen. Sementara untuk mengatasi otitis media akibat bakteri, dokter akan memberikan antibiotik.  

Kamu bisa membeli obat-obatan yang kamu butuhkan tersebut di Halodoc. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar, dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: