• Home
  • /
  • Terapkan Kebiasaan Ini untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

Terapkan Kebiasaan Ini untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Terapkan Kebiasaan Ini untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

Halodoc, Jakarta - Kadar kolesterol dalam tubuh yang tidak terkontrol adalah pemicu utama penyakit jantung dan peredaran darah. Oleh karena itu, penting untuk selalu memantau dan menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. Tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kolesterol tinggi:

1. Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Lemak Trans

Lemak trans dapat meningkatkan kolesterol jahat sekaligus menurunkan kolesterol baik dalam darah. Akibatnya, kolesterol akan menumpuk pada pembuluh darah dan membentuk plak. Hal ini membuat aliran darah menuju jantung terhambat, sehingga kamu berisiko terkena penyakit jantung, stroke, hingga gagal jantung.

Baca juga: Ini Batas Kadar Kolesterol yang Normal Bagi Wanita

Untuk menjaga kolesterol tetap normal, kamu perlu mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak trans seperti gorengan, junk food, kue-kue manis, es krim, camilan kemasan, dan mentega. Namun, jangan juga terlalu memusingkan makanan apa yang harus dipantang dan dikurangi, ya. Lebih baik fokus pada alternatif makanan sehat yang bisa kamu santap setiap harinya. Seperti misalnya buah-buahan, kacang rebus, atau yoghurt. Kalau butuh saran dari dokter gizi, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc.

2. Olahraga Rutin untuk Jaga Berat Badan

Jangan langsung stres ketika dokter menyarankan kamu untuk menurunkan berat badan. Sebab sebenarnya, kamu tidak perlu diet mati-matian sampai menahan lapar seharian, kok. Mulai saja dulu dengan berolahraga rutin. Olahraga yang dilakukan secara rutin tidak hanya menjadikan tubuh semakin bugar, tetapi juga menjaga kolesterol tetap normal. Sebagai permulaan, cobalah olahraga aerobik seperti joging atau bersepeda minimal selama 30 menit setiap harinya, sebanyak 5 kali dalam seminggu.

Lebih bagus lagi, kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas fisik setiap ada kesempatan. Misalnya, memilih berjalan kaki saat jam makan siang ketimbang naik kendaraan, bersepeda ke tempat-tempat yang sering dikunjungi, atau ikut serta dalam kegiatan olahraga bersama teman-teman.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Liburan

3. Jadwalkan Medical Check-Up dengan Dokter

Melalui medical check-up, kamu dapat menjalani pemeriksaan kolesterol untuk memantau apakah kadarnya masih normal. Selain itu, medical check-up juga penting bagi orang dengan riwayat kolesterol tinggi, untuk memantau adanya risiko penyakit jantung, stroke, aterosklerosis, diabetes, dan penyakit kronis lainnya yang berkaitan dengan kondisi pembuluh darah.

Seberapa sering kamu perlu melakukan medical check-up akan tergantung kondisi kesehatan kamu. Oleh karena itu, sebaiknya tanyakan pada dokter kapan harus kembali lagi untuk periksa. Agar lebih mudah, kamu bisa lho melakukan pemeriksaan laboratorium rutin di rumah, dengan memesan layanannya lewat aplikasi Halodoc. Tinggal tentukan waktu yang kamu mau, petugas labnya yang akan datang ke alamatmu.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Inulin dan Beta-Glukan

Inulin adalah jenis serat yang banyak terkandung dalam sayuran dan bahan nabati, sedangkan beta-glukan dapat ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum. Kedua serat pangan ini dikenal dapat membantu turunkan kolesterol dan menjaga kadarnya tetap normal. Jadi, perbanyaklah konsumsi sayuran, biji-bijian, dan gandum, dalam pola makan sehari-hari kamu, ya.

Baca juga: Menurunkan Kolesterol atau Berat Badan, Mana yang Lebih Dahulukan?

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kolesterol tinggi. Terdengar mudah dan sederhana, bukan? Ya, kuncinya memang adalah perbaikan gaya hidup, pola makan sehat, dan pemantauan kolesterol secara rutin. Jadi, jangan lupa terapkan kebiasaan-kebiasaan baik itu sehari-hari, ya.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Managing Health Cholesterol.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Avoid These 10 Foods Full of Trans Fats.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Top 5 lifestyle changes to improve your cholesterol.
Healthline. Diakses pada 2020. Beta Glucan: The Heart-Healthy Fiber.