21 September 2018

Menurunkan Kolesterol atau Berat Badan, Mana yang Lebih Dahulukan?

menurunkan kolesterol atau berat badan, menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan

Halodoc, Jakarta - Kolesterol sering dianggap jahat oleh banyak orang karena dapat menyebabkan penyakit kronis. Faktanya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon, seperti hormon testosteron, kortisol, dan estrogen.

Selain itu, tubuh juga butuh kolesterol untuk membuat vitamin D dan asam empedu yang berfungsi untuk membantu mencerna lemak dari makanan. Kadar kolesterol tinggi biasanya terjadi pada orang-orang yang mengalami obesitas. Lalu, manakah yang harus didahulukan? Menurunkan kadar kolesterol atau berat badan?

Ternyata, sebelum kamu berusaha menurunkan kadar kolesterol, kamu harus menurunkan berat badan terlebih dahulu. Banyak cara untuk menurunkan berat badan, yaitu salah satunya dengan berolahraga. Cara yang paling efektif dan murah yaitu dengan berolahraga secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu. Dengan berolahraga juga kamu dapat sekaligus menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Olahraga yang dapat menurunkan berat badan sekaligus kadar kolesterol yaitu:

  1. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang dapat menurunkan berat badan sekaligus kadar kolesterol. Yoga adalah kombinasi antara gerakan, pernapasan, dan ketenangan pikiran. Yoga akan membuatmu merasa relaks, sehingga terhindar dari stres dan depresi. Selain itu, olahraga ini juga dapat berdampak positif pada berat badan serta kadar kolesterol dalam darah.

  1. Joging atau Lari

Joging atau lari juga dapat menurunkan berat badan sekaligus kadar kolesterol pada dalam tubuh. Olahraga ini tidak tidak membutuhkan pengeluaran yang besar dan bisa dilakukan di sekitar rumah. Joging atau lari dapat menurunkan berat badan yang mengalirkan lemak keluar dari tubuh bersamaan dengan keringat. Olahraga ini juga dapat merangsang produksi enzim tertentu untuk memindahkan LDL kolesterol dari darah ke hati, dan LDL akan diproses untuk dibuang dari tubuh.

  1. Tai Chi

Taichi bisa menjadi salah satu olahraga yang dapat menurunkan berat badan sekaligus kadar kolesterol dalam tubuh. Gerakan tai chi cocok untuk melatih jantung tanpa harus bergerak terlalu keras. Sebuah studi mengatakan bahwa gerakan tai chi dapat menurunkan total kolesterol sebesar 7 persen, yaitu LDL kolesterol turun sebesar 12-15 persen. Selain itu, dengan tai chi kolesterol baik akan mengalami peningkatan hingga 7 persen.

  1. Aerobik

Olahraga lain yang dapat menurunkan berat badan sekaligus kadar kolesterol adalah aerobik. Aerobik banyak dipilih karena dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan dapat memompa jantung lebih kuat dan cepat. Hal tersebut berpengaruh pada peningkatan metabolisme tubuh, sehingga kalori akan terbakar lebih banyak. Dengan begitu, berat badan pun akan turun. Tubuh lebih banyak membakar kalori yang berasal dari lemak secara langsung dapat memengaruhi tingkat LDL kolesterol atau kolesterol jahat.

Meskipun olahraga-olahraga tersebut dapat dengan efektif menurunkan berat badan dan kolesterol, kamu tetap harus memperhatikan asupan makanan. Hindari juga asupan makanan berminyak dan berlemak untuk kesehatan tubuhmu.

Makanan yang berasal dari ikan seperti ikan sarden, makarel, salmon, dan tuna, kaya akan kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantungmu. Selain itu, kacang-kacangan seperti almond, pistachio, hazelnut, dan lainnya juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kamu dapat mengganti makanan berlemak seperti keju dan daging dengan kacang-kacangan.

Itu dia penjelasan mengenai cara menurunkan kolesterol atau berat badan. Kalau kamu mengalami masalah kesehatan, jangan pernah ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa membeli obat dan vitamin dengan fitur Apotek Antar di Halodoc. Mudah kan? Ayo, download  segera aplikasinya di App Store dan Google Play!

Baca juga: