23 April 2019

Ternyata, Ini Alasan Blewah Cocok Menjadi Menu Diet

Ternyata, Ini Alasan Blewah Cocok Menjadi Menu Diet

Halodoc, Jakarta – Blewah termasuk salah satu buah yang banyak dikonsumsi saat puasa. Biasanya, blewah diolah menjadi es yang dicampurkan dengan sirup manis. Minuman ini cocok untuk melepas dahaga ketika berbuka puasa. Namun, tahukah kamu kalau buah blewah ternyata juga cocok dikonsumsi bagi orang yang ingin diet? Ketahui faktanya di sini.

Baca Juga: Kaya Manfaat, Kapan Waktu Terbaik Makan Buah Ketika Puasa?

Blewah memiliki nama latin Cucumis melo var cantalupensis. Buah ini tergolong rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi untuk diet. Kandungan kalorinya sekitar 60 kal per 100 gram buah blewah.

Blewah mengandung banyak nutrisi lain yang penting bagi tubuh seperti serat, karbohidrat, zat besi, kalium, kalsium, magnesium, folat, serta vitamin A, B, dan C. Blewah juga mengandung sekitar 90 persen air sehingga mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama sedang diet.

Beragam Manfaat Buah Blewah Bagi Kesehatan

Selain cocok sebagai menu diet, buah blewah punya banyak manfaat bagi kesehatan, yaitu:

  • Menjaga kesehatan mata. Blewah mengandung vitamin A yang memiliki sifat antioksidan. Kandungan ini berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko gangguan mata terkait penuaan.
  • Merawat kulit. Blewah juga mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan produksi kolagen tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka dan flu, mencegah penuaan dini, serta melindungi kulit dari radikal bebas.
  • Mencegah sembelit. Sembelit termasuk keluhan umum saat kamu sedang melakukan diet. Cegah hal tersebut dengan rutin konsumsi blewah saat berbuka. Pasalnya, blewah cenderung tinggi serat untuk mencegah sembelit dan menurunkan berat badan.
  • Menurunkan tekanan darah. Blewah mengandung kalium yang berguna untuk menurunkan tekanan darah, sehingga baik dikonsumsi bagi pengidap hipertensi. Kalium juga berfungsi mempertahankan keseimbangan cairan dan membantu kontraksi otot-otot tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Timun Suri, Buah Favorit Saat Bulan Puasa

Begini Tips Memilih Buah Blewah untuk Menu Berbuka

Buah blewah banyak tersedia sebagai menu untuk berdiet. Nah, bagi kamu yang suka membuat es blewah, berikut tips memilih buah blewah yang benar:

  • Pilih buah blewah yang bentuknya bulat simetris, memiliki berat seimbang, dan ada guratan-guratan halus pada permukaan lainnya.
  • Pilih buah blewah yang berwarna kuning hingga sedikit jingga. Hindari memilih buah blewah yang berwarna hijau karena biasanya belum matang.
  • Pilih buah blewah yang beraroma harum dan hindari yang bertekstur lunak.

Baca Juga: Selain Kurma, Ini Buah yang Dikonsumsi Saat Lebaran

Itulah alasan blewah cocok untuk dijadikan salah satu menu diet andalanmu. Kalau kamu punya informasi tentang diet, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!